LabInc Kampus Merdeka

Produk Fashion Menjadi Andalan Microsite Kampus di Bhinneka.Com

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Bhinneka.com selalu menyajikan produk-produk IT dengan kualitas terbaik. Sejak tahun 1993 sebagai ecommerce, Bhinneka.com masih dan akan terus berkembang sebagai ecommerce dengan kategori IT yang kuat. Namun, perkembangan Bhinneka.com juga merambah ke berbagai kategori produk lain seperti, makanan, kecantikan, kebutuhan medis, fashion, dan masih banyak lagi. Juga saat ini Bhinneka.com tidak hanya ingin berkembang sendiri, namun juga ingin membuat social impact kepada masyarakat, khususnya di lingkungan kampus.

Bhinneka.com menyadari bahwa lingkungan universitas memiliki banyak potensi bisnis yang dapat dikembangkan, dan dijadikan sebagai industri bisnis yang memberikan banyak sekali manfaat ekonomi. Maka dari itu, Bhinneka.com ingin menciptakan sebuah ekosistem bisnis di lingkungan kampus, yang melibatkan seluruh civitas akademik dengan meluncurkan program Campus Marketplace.

Kolaborasi Bhinneka.com dengan Kampus

Saat ini, Bhinneka.com telah berkolaborasi dengan berbagai kampus dalam program Campus Marketplace. Program tersebut memberikan kesempatan bagi kampus untuk memiliki microsite atau official store di Bhinneka.com. Tentunya, agar dapat memasarkan produk-produk kampus tersebut dengan jangkauan yang lebih luas.

Kampus yang sudah berkolaborasi dengan Bhinneka.com dalam program ini diantaranya President University dengan setsail.bhinneka.com, Universitas Bunda Mulia dengan biemersshop.bhinneka.com dan UPN Veteran Jakarta dengan upnvjstore.bhinneka.com. Lalu terdapat juga kolaborasi yang akan segera terealisasi, yaitu dengan Universitas Padjadjaran.

Kolaborasi Bhinneka.com dengan kampus menawarkan manfaat yang nyata untuk civitas akademiknya. Pengembangan bisnis di Bhinneka.com dalam program Campus Marketplace akan memfokuskan diri kepada startup kampus, sehingga mereka tidak perlu bersaing dengan produk-produk brand besar.  Maka dari itu, Bhinneka.com akan berusaha untuk lebih menyorot produk-produk yang memang dikelola oleh startup milik civitas akademik.

Kampus juga berkesempatan besar untuk melakukan penjualan berbagai produk officialnya, seperti merchandise, almamater, sertifikasi, dan masih banyak lagi. Selain itu, kolaborasi yang ditawarkan tentu dilengkapi dengan fitur-fitur yang sudah siap pakai, seperti fitur pembayaran dan pengiriman yang memiliki banyak sekali pilihan. Lalu, bagian yang paling menarik dalam kolaborasi program Campus Marketplace ialah, kampus tidak perlu mengeluarkan biaya atau investasi apapun untuk memiliki official store di Bhinneka.com.

Produk Andalan Microsite Kampus

Dari beberapa universitas yang sudah berkolaborasi dengan Bhinneka.com, produk yang dipasarkan berasal dari berbagai kategori mulai dari IT, hobby, alat tulis kerja, dan tentunya fashion. Kategori tersebut akan terus berkembang, karena pada dasarnya kampus diberi kebebasan untuk menentukan produk yang ingin dipasarkan, baik produk fisik ataupun non-fisik.

Penjualan produk dengan kategori fashion menjadi produk andalan yang dipasarkan oleh microsite kampus. Dari beberapa microsite kampus yang sudah berjalan di Bhinneka.com seperti setsail, biemersshop dan upnvjstore sudah pasti memasarkan produk dengan kategori fashion.

Produk-produk tersebut bisa berupa official merchandise dari kampus, contohnya adalah kaos dan sweater dari setsail President University. Namun dapat juga memasarkan produk milik civitas akademik seperti yang dipasarkan oleh biemersshop UBM dan upnvjstore. Jenis produk yang dipasarkan pun beragam, mulai dari kaos, gaun anak, jas hujan, jaket, sepatu, jam tangan, tote bag, dan berbagai jenis produk lainnya yang tentu menunjang penampilan.

Variasi model dan desain fashion dari produk-produk tersebut, tentunya sangat berpotensi untuk memperluas pasar apabila dikolaborasikan juga dengan himpunan mahasiswa dari jurusan ataupun unit kegiatan mahasiswa (UKM) kampus. Karena setiap himpunan pasti memiliki beragam model dan desain yang menarik dan juga mewakili ciri khas himpunan mahasiswa tersebut.

Tidak jarang pula, para alumni ingin bernostalgia dan rindu dengan zaman perkuliahannya. Sehingga mereka menuangkan kerinduannya dengan membeli berbagai macam merchandise himpunan jurusan. Selain itu, dengan pengembangan kategori fashion di microsite kampus ini, tentunya juga akan semakin mendorong kreativitas mahasiswa dalam berbisnis.

Maka dari itu, keberadaan microsite kampus sebagai media pemasaran produk sangatlah membantu bagi para mahasiswa atau pun civitas akademik lainnya. Karena dapat mempermudah dalam pembelian merchandise dengan kategori fashion, yang mulanya masih dengan metode pembelian konvensional menjadi digital. Sehingga, proses penjualan pun semakin mudah, cepat dan meluas.

Leave a Reply