Tips & Tutorial

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan sangat banyak sehingga tidak heran minyak kayu sangat diandalkan oleh banyak orang. Aroma minyak kayu putih selain harum juga terasa menyegarkan. Oleh karenanya, minyak kayu putih sering digunakan untuk meredakan hidung tersumbat saat pilek.

Minyak kayu putih juga seringkali dioleskan ke tubuh karena minyak ini memiliki efek menghangatkan. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal. Dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai sejumlah manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Mengenal Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih berasal dari pohon kayu putih dimana bagian ranting dan daun segar dari pohon kayu putih diuapkan untuk menghasilkan minyak kayu putih. Kandungan terbesar dari minyak kayu putih adalah eucalyptol (cineole), serta minyak ini tergolong dalam minyak astiri.

pohon kayu putih

Dalam minyak kayu putih sendiri terdapat berbagai kandungan bahan kimia yang memberikan banyak manfaat kesehatan seperti cineole, linalool, dan terpineol yang memberikan sensasi hangat saat minyak kayu putih dioleskan ke tubuh.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk meredakan hidung yang tersumbat saat pilek. Selain itu minyak kayu putih bersifat antiseptic dan analgesik serta dapat digunakan untuk mengatasi inflamasi di kulit dan meringankan gatal pada kulit.

manfaat minyak kayu putih

Ada banyak sekali manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, beberapa di antaranya yaitu:

Mencegah Infeksi

Minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik dan kandungan dalam minyak kayu putih dipercaya dapat melawan infeksi dari bakteri, virus, seperti tetanus, influenza kolera atau tifus. Biasanya minyak kayu putih dioleskan ke bagian yang mengalami infeksi.

Meredakan Batuk

Batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak cukup mengganggu penderitanya. Minyak kayu putih cukup dapat diandalkan untuk meredakan gejala batuk. Hal ini karena minyak kayu putih dapat berfungsi dekongestan alami dengan menghirup uapnya.

Kandungan senyawa sineol dalam minyak kayu putih dapat melegakan serta meredakan dahak dan rasa gatal tenggorokan. Anda bisa mengusapkan minyak kayu putih ke bagian dada atau leher selain dengan cara menghirupnya.

Meredakan Hidung Tersumbat

Sama dengan manfaat untuk meredakan batuk, aroma minyak kayu putih yang menyegarkan dan kandungan senyawa sineol juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat pada saat Anda pilek.

Manfaat untuk Pernapasan

Selain untuk mengatasi batuk dan pilek, sifat anti radang dan antioksidan minyak kayu putih juga dipercaya dapat mengatasi asma, sinusitis dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Meredakan Sakit Kepala

Kandungan sineol yang memberikan sensasi hangat juga dapat membantu untuk meredakan rasa sakit kepala. Anda dapat mengusapkan minyak kayu putih pada kening Anda. Rasa hangat yang timbul dapat membantu menenangkan dan meredakan rasa nyut – nyut dari sakit kepala.

Menjauhkan Serangga dan Nyamuk

Mengoleskan minyak kayu putih ke badan tidak hanya memberikan rasa hangat tapi juga dapat menjauhkan tubuh dari serangga. Sifat insektisida dari minyak kayu putih dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk dan serangga lain hingga kutu.

Meringankan Nyeri Badan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minyak kayu putih juga memiliki sifat analgesik. Hal ini membuat minyak kayu putih dapat membantu meredakan nyeri badan. Anda dapat menggosokkan minyak kayu putih ke area tubuh yang terasa nyeri.

Meredaka Perut Kembung

Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena ada penumpukan gas dalam saluran pencernaan. Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman akibat perut kembung, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih ke bagian perut.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Minyak kayu putih memiliki sifat anti inflamasi tinggi. Minyak kayu putih yang dicampurkan dengan gel lidah buaya dipercaya dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat apabila digunakan dengan rutin.

Demikian sejumlah manfaat dari minyak kayu putih untuk kesehatan. Tidak heran jika minyak kayu putih yang mudah didapatkan dan banyak tersedia ini sangat digemari dan digunakan oleh siapa saja karena sejumlah manfaatnya untuk kesehatan.

Leave a Reply