Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal 6 Jenis Batik di indonesia (Karakteristik dan Asalnya)

Indonesia menjadi negara yang merupakan pemilik kain batik. Bagi anda yang menyukai fashion lokal, tentunya Anda perlu tahu berbagai jenis batik. Mengikuti perkembangan zaman sekarang tercipta cukup banyak varian dari batik dengan ukiran dan juga ornament yang begitu indah. Kain ini menjadi salah satu identitas dan sangat bagus ketika menjadi sebuah pakaian.

Kain batik untuk pakaian memang sangat indah. Melihat penerapan yang begitu menawan ini membuat produsen kain batik menjadi lebih variatif dalam memproduksinya. Biasanya jenis batik bisa Anda bedakan dari tampilan motifnya. Untuk mengenalnya lebih dekat berikut jenis jenis batik di Indonesia :

Jenis Batik

1. Jenis Batik Parang Kusumo

Batik parang kusumo merupakan jenis yang paling populer di seluruh Indonesia. Hampir masyarakat pernah melihat dan bahkan menggunakannya. Asal dari ornamen Parang kusumo dari pengusaha batik yang ada di Solo. Jenis kain satu ini memiliki ciri khas motif yang menyerupai ombak di lautan seperti menabrak sebuah karang atau tebing.

Menariknya terdapat sebuah filosofi perjuangan dalam motif pada kain batik satu ini. Inti dari pesannya adalah setiap manusia harus berjuang untuk mendapatkan kemakmuran lahir serta batin. Terdapat banyak sekali kemeja yang terbuat dari jenis kain Parang Kusumo saat ini.

2. Kain Batik Mega Mendung

Batik mega mendung menjadi salah satu batik yang populer di Indonesia khususnya kawasan Cirebon. Ciri khas dari batik ini adalah motif kumpulan awannya yang tersedia dengan berbagai warna menarik.

Tidak hanya itu para pengguna dapat menyesuaikan warna dengan motif awan aslinya. Terdapat beberapa variasi dan inovasi dalam pembuatan batik satu ini lewat teknik pewarnaan gradasi yang berhasil menampilkan kombinasi menari dari batik satu ini.

3. Jenis Kain Batik Sidomukti

Batik Sidomukti merupakan jenis yang lahir dari keraton Solo. Pembuatannya memanfaatkan zat pewarna yang bernama soga alam. Tampilan dari batik yang satu ini punya warna khas yaitu coklat. Soga alam adalah zat pewarna klasik yang memang sering orang gunakan dalam seni batik tulis dari zaman dahulu.

Ini adalah salah satu motif dari keraton Solo. Dalam proses pembuatannya memakai soga alam. Aslinya, ini adalah pewarna alami yang warnanya coklat. Soga alam adalah za perwarna yang memang jadi andalan dalam proses membantik.

4. Kain Batik Tujuh Rupa

Pekalongan juga menjadi daerah yang sangat aktif dalam memproduksi sebuah batik. Salah satu produk yang sudah seluruh warga Indonesia kenal berasal dari Pekalongan adalah Batik Tujuh Rupa. Ciri khas dari kain batik jenis ini adalah gambaran hewan dan tumbuhan. Motif tujuh rupa menampilkan keindahan nuansa alam.

Motif kain tujuh rupa juga memiliki makna dalam yang mengingatkan asal usul bangsa Indonesia dengan kekayaan alamnya. Selain motif tujuh rupa terdapat juga beberapa keindahan motif lainnya dari Pekalongan yaitu Terang bulan dan juga motif Lung-lungan.

5. Jenis Kain Batik Lasem

Batik lasem memiliki ciri khas yang hampir sama dengan batik Pekalongan. Jenis kain batik satu ini asalnya dari Rembang yang dulunya memang jadi salah satu kawasan Tionghoa. Tidak heran motif pada jenis ini terpengaruh dari budaya Tionghoa seperti penggunaan warna merahnya.

Perpaduan budaya nusantara dan juga Tionghoa ini sangat kental dan terlihat cukup menarik. Terdapat beberapa motif pilihan seperti Naga, Burung Hong, Ayam Hutan, Sekar Jagad, sampai dengan watu Pecah. Pilihan motif ini membuat penggunanya akan merasakan keleluasan dalam memilih yang paling sesuai.

6. Kain Batik Singa Barong

Singa Barong merupakan jenis batik yang datang dari wilaya Cirebon. Makna dari batik yang satu ini adalah menggambarkan sebuah sejarah kesultanan di Cirebon. Batik Singa Barong biasanya sering orang gunakan untuk merayakan sebuah festival dan memiliki warna yang sangat indah untuk acara seperti ini.

Motif atau jenis kain batik satu ini dulunya memang sangat terkenal di kalangan tertentu seperti bangsawan dan juga orang orang kaya saja. Sering dengan perkembangan zaman batik Singa Borang mulai orang gunakan di rakyat biasa dan sekarang setiap individu dapat memperoleh kain batik ini terutama ketika ke kota Cirebon.

 

Leave a Reply