Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mengenal Tujuan dan Fungsi Public Relation (PR)

Istilah Public Relation mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pekerja perusahaan. Pada dasarnya public relation merupakan bagian dari komunikasi dalam bisnis yang perusahaan lakukan dalam membangun citra positif di masyarakat. Sebelum terjun ke dunia usaha coba pahami terlebih dahulu mengenai hal ini.

Public Relation

Definisi Public Relation

Public relation atau PR adalah hubungan masyarakat yang perusahaan bangun dengan tujuan menanamkan citra dan gambaran positif tentang perusahaan kepada publik. Aktivitas ini sangatlah penting terutama ketika ingin membangun branding.

Terdapat beberapa kegiatan dalam PR sehingga aktivitas ini dapat terealisasikan secara baik mulai dari menanamkan pengertian, motivasi, sampai dengan opini dan partisipasi publik. Publik sendiri dapat Anda artikan sebagai sasaran kepada sekumpulan orang di dalam maupun luar perusahaan yang memiliki kepentingan kepada korporasi tersebut.

Dalam melaksanakan kegiatan PR, Anda harus memerlukan seorang praktisi handal. Kegiatan ini membutuhkan kemampuan yang tinggi dalam hal komunikasi sehingga bisa memberikan timbal balik antara stakeholder dalam mencapai tujuan organisasi, pribadi, maupun perusahaan.

Tujuan Public Relation

Public relation memiliki tujuan yang jelas yaitu memelihara serta membuat citra positif perusahaan baik kepada karyawan, mitra, pelanggan, investor, dan lainnya. Apabila dirincikan berikut adalah tujuan dari aktivitas public relation.

  • Mempresentasikan profil dan reputasi perusahaan kepada publik
  • Menyampaikan informasi tentang perusahaan atau produk kepada asosiasi dan pihak eksternal
  • Mengetahui permasalahan yang berpotensi muncul dalam hubungan komunikasi
  • Meningkatkan sinergi antara fungsi pemasaran dan PR
  • Memaksimalkan kegiatan untuk mengoptimalkan citra perusahaan

Fungsi Public Relation

Setelah mengetahui definisi dan tujuan dari public relation, Anda juga harus tahu fungsinya. Setiap pengusaha tentu ingin bisnisnya berjalan secara baik dan optimal, melakukan kegiatan PR menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi dari public relation.

1. Fungsi Counseling

Fungsi PR sebagai konseling sangatlah penting. Maksudnya di sini adalah PR nantinya bisa memberi saran kepada pihak dalam perusahaan. Saranya berupa cara mengemangkan kebijakan, komunikasi dan realasi antara perusahaan dan publik sehingga berjalan baik.

2. Fungsi Issues Management

Fungsi PR selanjutnya adalah issue manajemen atau mengelola isu. Issues management ini menyerupai seperti manajemen krisis dan dapat mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan hubungan perusahaan kepada pihak eksternal. Melalui pengelolaan isu juga perusahaan bisa melakukan evaluasi.

3. Fungsi Multicultural Relations

Selanjutnya fungsi dari PR adalah sebagai multicultural relations. Perusahaan tidak akan bisa berdiri tanpa bantuan dan mengamati lingkungan sekitar walaupun sebagai lembaga komersial. Maju atau tidaknya bisnis sangat bergantung pada lingkungan sekitar. Multicultural relations mampu membantu perusahaan menghubungkan keberagaman dari public.

4. Fungsi Special Events

PR juga memiliki fungsi sebagai special events. Maksudnya di sini aktivitas PR mampu membuat perusahaan menyelenggarakan event atau acara khusus sehingga bisa menarik perhatian public sekaligus mempromosikan nama baik dan produk perusahaan.

5. Fungsi Public Affairs

Fungsi public affairs sangatlah penting dalam membangun keterlibatan aktif bersama pemerintah. Hal ini akan berkaitan dengan hubungan perusahaan dan pemerintah soal kebijakan umum. Aktivitas ini meliputi melobi baik dalam bentuk menolak undang undang, mempromosikan barang, atau peraturan pemerintah.

6. Fungsi Publicity

PR juga memiliki fungsi publicity di mana dapat mempublisitas atau menanggapi ketertarikan publik kepada perusahaan. Ketertarikan ini menggunakan media massa sebagai mitra. Tujuan fungsi publicity adalah menyampaikan pesan terencana agar masyarakat luas dapat tertarik terhadap perusahaan tersebut.

7. Media Relations

Media relations merupakan fungsi dari PR untuk menjalin kerjasama bersama media massa sebagai alat untuk melakukan komunikasi. Apabila Anda ingin melakukan kegiatan PR, otomatis harus menggunakan media massa agar dapat memenuhi kepentingan perusahaan.

8. Fungsi Marketing Communication

Hal penting selanjutnya adalah soal komunikasi di pemasaran. Public relation juga berfungsi sebagai marketing communication. Aktivitas pemasaran harus perusahaan perhatian secara serius untuk mengemnbangkan bisnis. Melalui marketing communication maka bisa mengubah persepsi masyarakat terdapat perusahaan dan tentunya berdampak pada penjualan produk maupun barang.

9. Fungsi Financial Relations

Keuangan tentu jadi elemen penting dalam berbisnis. PR juga berpengaruh kepada finansial perusahaan. Pihak penanam modal yang telah menginvestasikan dananya kepada perusahaan merupakan aset dan harus dipertahankan. Untuk itulah public relation sangat penting agar hubungan keuangan menumbuhkan rasa kepercayaan.

Leave a Reply