Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Pengertian EMS & Arti Status Kiriman Paket EMS

Pengertian EMS (Express Mail Service) mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. EMS sendiri merupakan salah satu layanan pengiriman berskala internasional yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan atau menerima barang dari dan ke luar negeri.

Selain menggunakan EMS, pelaku bisnis atau Anda yang melakukan pengiriman barang dari dan ke luar negeri juga dapat memanfaatkan sejumlah jasa pengiriman internasional seperti DHL, FedEx, dll. Namun EMS memiliki sejumlah keunggulannya tersendiri.

Pengertian EMS

EMS atau Express Mail Service adalah layanan pengiriman internasional yang ditawarkan oleh anggota – anggota layanan pos internasional yang tergabung dalam Universal Postal Union (UPU). Di Indonesia sendiri layanan EMS diberikan oleh Pos Indonesia.

pengertian EMS

Dengan layanan ini, pengiriman paket Anda akan didahulukan dan diprioritaskan, sehingga layanan EMS menjadi salah satu layanan pengiriman cepat dan handal. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan EMS:

  • Berskala internasional
  • Lebih dari 100 negara tujuan
  • Cepat sampai
  • Paket aman dan bisa dilacak
  • Maksimal berat paket hingga 30 kg

Bagi Anda yang hendak mengirimkan barang ke luar negeri dengan EMS, Anda dapat menggunakan layanan ini di kantor pos. Sebaliknya, jika Anda menerima kiriman dengan EMS, paket atau barang Anda akan dikirimkan ke alamat rumah oleh kurir Pos Indonesia.

Arti Status Kiriman EMS

Bagi Anda yang melakukan pengiriman atau menerima barang dengan EMS akan mendapatkan nomor tracking untuk melacak barang. Fungsi dari nomor tracking ini sama dengan nomor resi apabila Anda melakukan pengiriman dengan kurir ekspedisi lokal seperti JNE, TIKI, Jnt dll.

Adapun status resi atau tracking EMS biasanya akan berupa kode dan keterangan dalam bahasa Inggris. Untuk melacak perjalanan paket tersebut, kita bisa menggunakan bantuan web pos Indonesia di ems.posindonesia.co.id.

Berikut ini beberapa arti status kiriman EMS:

Posting / Collection

Pengirim sudah mengirim paket, Paket sudah masuk ke sistem pengiriman EMS di negara asal, dan menunggu proses pengiriman

Arrival at Outward OE

Paket berada di Customs (Bea Cukai) negara asal untuk diproses. Jika lolos pemeriksaan maka barang akan dikirim keluar, dan jika ditemukan masalah maka akan di retur ke pengirim

Departure from Outward OE

Paket diberangkatkan dari negara asal

Arrival at Inward OE

Paket tiba di negara tujuan

Airport Handling

Proses sortir paket di bandara

Processing Document by Customs

Paket di periksa Bea Cukai, pemeriksaan dokumen, penetapan pajak dll. Jika ditemukan masalah, maka Bea Cukai akan meminta tambahan dokumen pendukung kepada penerima paket

Held By Customs

Sedang terjadi pemeriksaan fisik Paket yang membutuhkan waktu atau sedang proses penetapan pajak

Arrival at delivery/Transit Office

Paket anda diteruskan ke gudang transit/Pos negara tujuan untuk dikirimkan.

Final Delivery

Paket anda dalam proses pengiriman ke alamat tujuan dan atau sudah diterima dengan selamat.

Demikian pengertian dari layanan pengiriman EMS dan arti status kiriman dari EMS yang perlu Anda ketahui agar pengiriman barang Anda dapat berjalan lancar.

Leave a Reply