Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian Petty Cash dan Fungsi Petty Cash Pada Perusahaan

Dalam menjalankan bisnis dan usaha, pengertian Petty Cash dan fungsi dari Petty cash penting untuk dipahami. Petty cash sendiri adalah bagian dari penerapan manajemen keuangan dalam bisnis maupun usaha, baik skala kecil atau besar.

Mengelola dan menjalankan keuangan dengan baik dan benar perlu diperhatikan agar bisnis dan usaha dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan serta meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu pengertian Petty Cash dan fungsinya pada perusahaan.

Pengertian Petty Cash

Petty cash atau sering juga disebut dengan kas kecil. Sesuai namanya, petty cash adalah dana dalam jumlah kecil yang disiapkan oleh perusahaan atau pelaku bisnis untuk membiayai atau membayar transaksi atau pengeluaran yang jumlahnya kecil.

Seperti kita ketahui, dalam proses operasionalnya, perusahaan tidak hanya mengeluarkan biaya dalam nominal besar, namun terkadang juga ada biaya dalam nominal kecil untuk kebutuhan operasional juga. Contoh biaya dalam nominal kecil misalnya saja biaya perlengkapan kantor, ATK, dan lainnya.

pengertian petty cash

Petty cash biasanya disiapkan dalam bentuk uang tunai karena sifatnya yang memang digunakan untuk membiayai transaksi yang sifatnya mendadak, rutin dan memiliki nominal kecil.

Fungsi Petty Cash

Adapun perusahaan atau pelaku usaha menyiapkan petty cash bukan tanpa alasan. Anda mungkin bertanya kenapa perlu disiapkan kas kecil dan transaksi tidak dilakukan saja dengan prosedur yang biasa berlaku di perusahaan.

Ternyata Petty Cash memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi perusahaan atau bisnis, terutama untuk perusahaan skala besar, misalnya saja:

  1. Dengan adanya petty cash, transaksi yang nominalnya kecil dan bersifat rutin dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini dapat menghindarkan dari prosedur berbelit dan tidak efisien untuk mengambil dana
  2. Kegiatan atau transaksi yang sifatnya diperlukan secara cepat dan tidak terencana sebelumnya dapat diatasi dengan adanya petty cash
  3. Petty cash dapat memastikan operasional kantor dan usaha dapat berlangsung dengan lancar tanpa terganggu akibat adanya kebutuhan atau perlengkapan kantor yang habis dan rusak karena bisa diganti dengan segera.

Metode Petty Cash

Saat hendak menyiapkan petty cash, ada beberapa metode atau pendekatan yang bisa digunakan oleh perusahaan atau pelaku usaha. Adapun dalam menentukan antara metode yang digunakan biasanya didasarkan pada kebijakan dan kebutuhan masing – masing perusahaan.

fungsi petty cash

Beberapa cara untuk menentukan dan menyiapkan Petty Cash antara lain:

Metode Tetap / Imprest Fund System

Adalah metode dimana jumlah dana yang disiapkan untuk kas kecil sifatnya sama dan tidak berubah. Pengisian dana dilakukan dengan menyesuaikan pengeluaran yang terjadi. Pengelola akan diberikan sejumlah uang untuk bisa membayar pengeluaran operasional minimal per periode.

Dalam metode ini, tidak boleh ada penambahan saldo di tengah periode. Sedangkan di akhir periode jumlah yang sudah dibelanjakan harus kembali diisi sehingga jumlah saldo pada kas kecil akan kembali berjumlah sama dengan awal periode.

Metode Fluktuatif

Berbeda dengan metode sebelumnya, jumlah petty cash dalam metode ini ditetapkan sesuai dengan kebutuhan. Metode ini membolehkan nominal dana pada kas kecil untuk berubah dari nominal awalnya, atau saat pertama kali disiapkan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dari Petty Cash serta fungsi dan jenis – jenis metode dalam penerapan petty cash.

Leave a Reply