Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Penyebab Sinyal Wifi Router Lemah

Penyebab sinyal Wifi Router lemah bisa dikarenakan banyak hal. Sinyal wifi yang melemah atau tidak mendapat sinyal sama sekali tentu seringkali membuat jengkel pengguna. Hal ini dikarenakan koneksi internet menjadi terganggu. Ini tentu dapat menghambat sejumlah aktivitas atau kegiatan yang membutuhkan koneksi internet stabil.

Beberapa hal yang menyebabkan sinyal wifi menjadi lemah atau hilang umumnya disebabkan karena masalah dari router itu sendiri, kabel atau gangguan teknis lainnya. Masing – masing masalah atau kendala ini tentu membutuhkan penanganan yang berbeda sehingga masalah sinyal wifi yang lemah dapat diatasi. Dalam artikel kali ini kita akan membahas sejumlah penyebab sinyal wifi router lemah.

Penyebab Sinyal Wifi Router Lemah

Meskipun router wifi sudah terhubung dengan baik dan koneksi internet juga tidak ada masalah, namun sinyal wifi yang diterima oleh pengguna bisa beragam. Seringkali sinyal yang didapat tidak penuh atau lemah. Akibatnya adalah koneksi internet menjadi terasa lambat dan lemot.

Adapun beberapa penyebab sinyal wifi router lemah antara lain:

Posisi Router Terhalang Benda / Dinding

Peletakan atau posisi router sangat mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima oleh pengguna. Apabila router ditempatkan di area yang terbuka, akan memberikan kualitas sinyal yang lebih baik dibandingkan dengan sinyal dari router yang diletakkan di pojok ruangan atau dibalik dinding. Semakin banyak halangan atau dinding yang dilalui, maka kecepatan wifi akan semakin lemah

Blind Spot

Meskipun posisi router sudah tepat, namun seringkali user tidak mendapat kualitas sinyal yang memadai. Hal ini bisa dikarenakan Anda berada di area blind spot. Blind spot disini adalah area atau posisi di ruangan rumah atau kantor yang tidak terjangkau oleh jangkauan antena dari router. Akibatnya kualitas sinyal yang didapatkan juga buruk bahkan tidak ada sinyal sama sekali.

Banyak User Yang Terhubung

Kualitas sinyal wifi yang diterima serta kualitas kecepatan yang didapat oleh pengguna juga ditentukan oleh seberapa banyak pengguna lain yang terhubung dengan router wifi tersebut. Semakin banyak user yang terhubung dan menggunakan jaringan, maka semakin lemah dan lambat kualitas jaringan yang didapatkan oleh masing – masing pengguna.

penyebab sinyal wifi router lemah

Router Perlu Di Restart

Router merupakan salah satu perangkat yang umum dibiarkan nyala terus menerus. Namun kebiasaan jarang melakukan restart pada router, terutama untuk jangka waktu lama, dapat mempengaruhi kualitas sinyal serta jaringan yang Anda dapatkan. Solusinya cukup mudah dimana Anda hanya perlu melakukan restart pada router atau menjadwalkan restart ulang berkala secara otomatis pada pengaturan router.

Layanan Instalasi Router Bhinneka

Untuk memastikan router dapat memberikan kualitas sinyal yang baik dan optimal untuk para pengguna, maka pemasangan, posisi, serta pengaturan router harus dilakukan dengan tepat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir blind spot dan memaksimalkan kinerja router untuk memberikan sinyal dan kecepatan jaringan yang optimal.

Bagi Anda yang memiliki kendala dalam memasang router untuk kebutuhan bisnis atau kantor, tidak perlu khawatir. Bhinneka memiliki layanan service untuk instalasi unit router access point. Layanan ini dilakukan oleh ahli dan meliputi pengerjaan berikut ini:

  1. Analisa awal (topologi)
  2. Pemasangan unit Router Access Point
  3. Setting SSID dan password
  4. Setting DHCP dan IP Address
  5. MAC Filtering up to 5 user
  6. Tidak termasuk penarikan kabel jaringan, listrik dan pekerjaan sipil

Pengerjaan dilakukan oleh teknisi profesional dimana teknisi akan langsung datang ke lokasi Anda untuk melakukan pemasangan instalasi router sesuai kebutuhan kantor atau bisnis yang Anda miliki. Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait layanan instalasi router access point pada halaman berikut ini.

Leave a Reply