Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Perbedaan asuransi TLO dan All Risk perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan, terutama bagi Anda yang sedang ingin membeli kendaraan baru. Salah satu aspek yang menjadi pertimbangan seseorang saat membeli kendaraan adalah jenis asuransi yang akan digunakan.

Menggunakan asuransi kendaraan merupakan hal yang penting karena asuransi dapat melindungi kendaraan Anda dari berbagai faktor risiko seperti kerusakan atau kehilangan. Namun seringkali banyak orang dibingungkan dengan pilihan jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan dari asuransi TLO dan All Risk. Selain itu akan dibahas pula perbandingan premi antara asuransi TLO dan asuransi All Risk.

Apa Itu Asuransi TLO

Salah satu jenis asuransi kendaraan adalah asuransi jenis TLO atau Total Loss Only. Asuransi jenis ini adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan kendaraan dengan kerusakan total di atas 75 persen.

Dengan kata lain, asuransi ini menjamin risiko dari kerusakan serta pencurian apabila kerusakan yang ditaksir setidaknya sama atau melebihi 75 persen. Misalnya saja jika mobil hilang atau biaya perbaikan setidaknya mencapai 75% dari harga mobil tersebut (rusak parah).

Asuransi jenis TLO tidak menjamin kerusakan atau cacat minor yang kurang dari 75 persen. Kerusakan atau cacat minor disini misalnya saja cacat karena mobil baret, penyok sedikit, dan lainnya.

Apa itu Asuransi All Risk

Asuransi All Risk atau sering juga dikenal dengan asuransi comprehensive adalah asuransi yang melindungi mobil secara keseluruhan dan dari beragam kerusakan. Hal ini secara otomatis termasuk di dalamnya cacat atau kerusakan minor seperti baret halus, penyok, pencurian, dan lainnya.

Karena sifat perlindungannya yang menyeluruh, asuransi jenis ini cenderung banyak digunakan pada saat seseorang membeli kendaraan baru atau kendaraan di tahun pertama / tahun awal pembelian.

Asuransi jenis ini juga dapat diperluas sehingga kendaraan juga dapat perlindungan yang lebih luas dan menyeluruh lagi, misalnya saja perlindungan dari kerusakan akibat bencana alam, banjir, kerusuhan, huru hara, dan lainnya.

Perbedaan Premi Asuransi TLO dan All Risk

Faktor berikutnya yang menjadi pertimbangan saat memilih asuransi kendaraan adalah premi yang dibayarkan. Biasanya premi asuransi kendaraan dibayarkan dan berlaku perlindungan selama 1 tahun.

Dari segi premi, dapat dikatakan asuransi jenis all risk memiliki premi yang lebih mahal dan jauh dibandingkan dengan premi dari asuransi jenis TLO.

Pada asuransi TLO, kisaran premi berada di angka antara 0,2% – 0,69% dari harga kendaraan. Sedangkan pada asuransi All Risk, kisaran premi berada di angka 1,05% -3,69% dari harga kendaraan. Adapun besarnya tarif premi ini juga berbeda antara wilayah dan jenis kendaraannya.

Demikian perbedaan mendasar antara asuransi jenis TLO maupun jenis all risk. Pastikan Anda memilih asuransi kendaraan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan agar kendaraan Anda dapat terlindungi secara maksimal.

Leave a Reply