Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Perbedaan Barcode dan QR Code: Fungsi & Jenisnya

Serupa tapi tak sama, perbedaan barcode dan QR code masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Sebagian dari kita mungkin sudah tahu dan sering menemukan barcode dalam kehidupan sehari – hari. Sementara itu, istilah QR atau QR Code meskipun sudah lama ada, namun baru menjadi tren dan diadopsi serta digunakan besar- besaran saat pandemi Covid-19.

Penggunaan kode barcode maupun QR Code digunakan untuk menyimpan informasi dalam kode – kode tertentu. Untuk membacanya pun dibutuhkan pemindaian atau scan dengan barcode scanner maupun smartphone.

Agar tidak keliru antara barcode dan juga QR code, pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat perbedaan antara barcode dan QR Code beserta fungsi dari masing – masing dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian & Fungsi Barcode

Barcode adalah kode batang berupa kumpulan gambar persegi atau persegi panjang berupa garis hitam yang umumnya tegak lurus dan ruang putih dengan lebar bervariasi. Contoh barcode biasanya dapat Anda temui pada kemasan produk makanan, label buku dan lainnya.

perbedaan barcode dan qr code

Barcode yang umum digunakan biasanya terdapat 2 jenis, yaitu:

  1. Barcode 1 Dimensi, dimana barcode merupakan serangkaian garis berisikan informasi berupa teks, jenis produk, ukuran produk, warna, dan lainnya.
  2. Barcode 2 Dimensi, merupakan barcode yang lebih kompleks sifatnya dari barcode standard 1 Dimensi dan juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi berupa gambar.

Barcode banyak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini adalah contoh penerapan barcode:

  1. Digunakan dalam dunia retail untuk menandakan produk dan untuk keperluan pengemasan atau packaging.
  2. Digunakan sebagai tanda kode ISBN (International Standard Book Number) dan juga ISSN (International Standard Serial Number) yang biasanya terdapat pada sampul belakang buku atau majalah
  3. Untuk keperluan lain seperti pencatatan atau perekaman barang – barang inventaris kantor

Keunggulan Barcode

Barcode banyak digunakan baik untuk keperluan retail maupun non retail karena sejumlah keunggulan yang dimiliki seperti:

  1. Barcode dapat menyimpan banyak karakter informasi
  2. Lebih mudah mengecek dengan barcode dibanding manual sehingga meminimalisir kesalahan
  3. Mempercepat proses pengecekan karena cukup dipindai saja

Pengertian dan Fungsi QR Code

Berbeda dengan barcode batang yang biasa terdapat dalam kemasan produk, dimana barcode tersebut umumnya berbentuk 1 Dimensi, maka Quick Response Code (QR Code) merupakan salah satu jenis dari barcode 2 dimensi.

Berbeda dengan barcode batang 1 dimensi yang berbentuk garis lurus hitam, pada QR Code memiliki bentuk khas berupa kotak – kotak kecil hitam dan pada ujung sisi umumnya terdapat tiga kotak.

Karena sifatnya yang merupakan barcode 2 dimensi, QR Code dapat menyimpan lebih banyak data dibandingkan barcode konvensional 1 dimensi. QR Code juga dapat mencakup data seperti link website, link aplikasi, email, nama, gambar dan banyak lagi.

Berikut ini beberapa keunggulan dari QR Code yaitu:

  1. Dapat menyimpan lebih banyak karakter informasi dibanding barcode 1 dimensi
  2. Lebih aman
  3. Lebih minim kesalahan data
  4. Memudahkan sharing data dengan sesama

Perbedaan Barcode dan QR Code

Penggunaan QR semakin masif semenjak pandemi dan QR Code banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Banyaknya karakter informasi yang dapat disimpan, tingkat keamanan yang lebih aman serta kemudahan sharing QR Code kepada sesama membuat QR Code banyak digunakan.

Salah satu contoh pemakaian QR Code misalnya:

  1. QR Code digunakan untuk berbagi link, seperti link website, link sharing wifi
  2. Digunakan dalam bidang keuangan, terutama untuk pembayaran

Selain hal di atas, QR Code juga dapat dijadikan sebagai salah satu alat validasi. Misalnya saja dalam sertifikat atau dokumen, dapat juga menyertakan QR Code yang dapat dipindai untuk mengecek keabsahan atau validitas dari dokumen tersebut. Salah satu contoh dokumen yang kini sudah menggunakan QR Code misalnya pada Kartu Keluarga ataupun faktur pajak.

Demikian artikel mengenai perbedaan antara barcode dan QR Code. Meskipun serupa tapi keduanya tidak sama dan keduanya saat ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari dengan fungsi dan kegunaannya masing – masing.

Leave a Reply