Tips & Tutorial

Perut Kembung: Gejala & Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung dapat dialami oleh siapa saja. Perut terasa kembung dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Hal ini dikarenakan saat mengalami perut kembung, seseorang akan merasakan sensasi begah atau perut terasa penuh.

Perut yang terasa penuh atau kembung ini juga dapat menimbulkan kesulitan dalam duduk ataupun berjalan. Hal ini disebabkan ada kalanya perut kembung disertai dengan perut yang sedikit membesar atau buncit, terasa kencang.

penyebab perut kembung

Ada beberapa penyebab perut terasa kembung. Akan tetapi umumnya perut kembung disebabkan oleh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang.

Gejala Perut Kembung

Perut kembung memiliki beberapa gejala khas yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya. Gejala perut kembung antara lain:

  1. Perut terlihat buncit / membesar
  2. Perut terasa kencang
  3. Ada sensasi perut terasa penuh
  4. Terkadang disertai nyeri pada perut
  5. Muncul bunyi seperti gemuruh pada perut
  6. Sering bersendawa
  7. Sering buang angin

Penyebab Perut Kembung

Hal yang menyebabkan perut terasa kembung dan penuh, atau disebut juga bloated feeling adalah dikarenakan ada gas atau udara di dalam perut. Gas ini yang menimbulkan sensasi perut penuh dan terasa kencang.

Ada banyak penyebab atau kondisi perut menjadi kembung, antara lain:

Makan Terlalu Cepat

Semakin cepat seseorang makan, ada kemungkinan semakin banyak udara yang tertelan saat makan atau minum. Udara yang masuk ini akan berkumpul di saluran pencernaan dan menimbulkan rasa perut kembung.

Terlalu Banyak Minuman Bersoda

Minuman bersoda ataupun minuman ringan berkarbonasi lainnya berisi gas. Saat kita meminumnya, gas tersebut akan memenuhi saluran pencernaan kita. Sebagian gas ini akan keluar saat kita bersendawa. Akan tetapi, sebagian gas lainnya mungkin masuk ke saluran pencernaan dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak merupakan salah satu penyebab perut menjadi kembung. Makanan dengan kandungan garam tinggi dan karbohidrat dapat memicu perut kembung apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Perut Kembung karena Konstipasi

Konstipasi atau sembeli dimana frekuensi buang air besar lebih sedikit atau jarang dapat mengakibatkan perut menjadi kembung. Ini dikarenakan pencernaan tidak lancar dan feses tertahan di usus. Feses yang tertahan ini dapat menghasilkan lebih banyak gas dan menyebabkan rasa kembung pada perut.

Intoleransi Laktosa

Pada beberapa orang yang intoleran dengan laktosa, perut dapat kembung apabila mengkonsumsi makanan seperti es krim atau meminum susu. Ini dikarenakan pencernaan tidak dapat mencerna laktosa dengan baik.

lactose intolerance

Selain faktor penyebab diatas, perut kembung juga dapat disebabkan oleh:

  • Penyakit tukak lambung
  • Hernia
  • Ada infeksi pada usus
  • Iritasi pada usus

Perut kembung umumnya tidak berbahaya dan akan berlalu sendirinya. Namun apabila perut kembung berlangsung selama berhari – hari, hendaknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut penyebab perut Anda kembung.

Leave a Reply