Info Bisnis Teknologi dan Bisnis Tips & Tutorial

Sunscreen: Fungsi dan Manfaat Menggunakan Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang seringkali diabaikan karena banyak dari kita belum memahami manfaat menggunakan sunscreen sehari – hari selama beraktivitas. Sunscreen banyak ditemui dalam bentuk lotion, gel ataupun spray.

Sesuai dengan namanya yaitu sunscreen atau tabir surya, memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, baik UVA maupun UVB. Apabila kulit terkena paparan sinar UV dapat membuat kulit terbakar hingga menyebabkan kanker kulit.

Oleh karenanya dalam artikel ini akan dibahas singkat mengenai manfaat serta pentingnya memakai sunscreen dalam sehari – hari.

Bahaya UVA dan UVB

Produk sunscreen dibuat untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB. Baik UVA dan UVB memiliki efek buruk untuk kulit. Misalnya, UVA dapat menembus bagian terdalam dari kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel kulit. UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta memunculkan keriput dan flek hitam.

Sedangkan UVB memiliki tingkat radiasi yang lebih kuat. Apabila kulit terkena paparan sinar UVB sebentar saja, dapat mengakibatkan sunburn pada kulit.

Beberapa efek dari paparan sinar UV yang lama atau sering meliputi:

  1. Kulit menjadi hitam
  2. Kulit terlihat kusam
  3. Penuaan dini
  4. Kulit menjadi keriput
  5. Muncul flek
  6. Meningkatkan risiko kanker kulit

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Untuk menghindari risiko dari paparan sinar UV di atas, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen setiap hari. Pemakaian sunscreen sangat disarankan apabila Anda beraktivitas di luar ruangan atau terkena paparan sinar matahari langsung untuk waktu yang lama.

Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan sunscreen setidaknya 15 – 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

sunscreen

Adapun manfaat dari menggunakan sunscreen antara lain:

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Sebagaimana sudah dijelaskan singkat di atas, memakai sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak kulit. Apabila kulit sudah terlanjur muncul efek buruk dari sinar UV, pemakaian sunscreen tetap disarankan guna mencegah efek buruk berlanjut dan meluas.

Melindungi Kulit Terbakar

Apabila Anda beraktivitas di luar ruangan, seperti berolahraga atau berwisata ke pantai di siang hari, kulit rawan terpapar sinar matahari. Apabila kulit terpapar sinar matahari yang panas dalam waktu lama, dapat menimbulkan efek seperti wajah memerah, kulit menjadi belang atau terbakar. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengoleskan sunscreen

Mencegah dan Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kulit yang terpapar sinar UV terlalu lama dan sering, dapat memicu dan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen secara rutin dapat menangkal sinar UV untuk mengenai kulit secara langsung serta menurunkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV yang berlebih.

manfaat menggunakan sunscreen

Menjaga agar Warna Kulit tidak Belang

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat warna kulit wajah menjadi tidak rata alias belang. Memakain sunscreen pada wajah dapat mencegah kulit menjadi belang akibat paparan sinar matahari.

Mencegah Komedo

Memakai sunscreen juga dapat membantu mencegah komedo. Komedo sendiri muncul akibat adanya paparan sinar matahari, sehingga dengan sunscreen komedo yang muncul bisa diminimalisir.

Hal di atas merupakan beberapa manfaat yang menunjukkan pentingnya memakai sunscreen pada wajah. Oleh karenanya, mulai lah mencari sunscreen yang cocok dan ideal dengan kulit wajah yang Anda miliki.

Pastikan Anda memakai sunscreen secara rutin meski tidak beraktivitas di luar ruangan. Ingat, meski di dalam ruangan, namun sinar matahari tetap dapat menembus kaca jendela, sehingga risiko kulit terpapar sinar UV masih ada.

1 Comment

Leave a Reply