Tips & Tutorial

Tanda dan Ciri Kekurangan Vitamin D yang Perlu Diketahui

Vitamin D merupakan vitamin esensial yang diperlukan oleh tubuh agar dapat menjalankan fungsinya. Vitamin D berperan penting terutama untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga memiliki manfaat dapat menurunkan risiko penyakit seperti demensia. Untuk itu perlu diketahui dan dipahami ciri kekurangan vitamin D yang seringkali diabaikan.

Vitamin D termasuk dalam golongan vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karenanya cara untuk memenuhi asupan vitamin D adalah dengan sumber lain seperti sinar matahari ataupun makanan.

Defisiensi Vitamin D

Defisiensi vitamin D adalah kondisi dimana seseorang tidak mendapat asupan vitamin D secara cukup sehingga tubuh kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan penyakit dan menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan.

makanan vitamin d

Seseorang dapat mengalami defisiensi vitamin D atau kekurangan vitamin D karena beberapa kondisi seperti kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau jarang berjemur / terpapar sinar matahari pagi.

Beberapa kondisi khusus juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan vitamin D, misalnya pola diet khusus seperti vegetarian, menderita intoleransi laktosa sehingga tidak dapat meminum susu, atau memiliki gangguan pencernaan sehingga penyerapan vitamin D dari makanan tidak terjadi secara optimal.

Ciri – Ciri Kekurangan Vitamin D

Saat tubuh kekurangan vitamin D seringkali sulit dirasakan karena biasanya tidak ada gejala yang cukup spesifik. Namun ada beberapa gejala atau ciri kekurangan vitamin D secara umum sebagai berikut ini:

  1. Nyeri pada tulang
  2. Mengalami kram dan kejang otot
  3. Pertumbuhan pada anak lebih lambat
  4. Gigi terlambat tumbuh
  5. Kelainan pada bentuk persendian
  6. Pada anak – anak, dapat terjadi rakitis, yaitu kondisi tulang menjadi rapuh
  7. Rambut rontok
  8. Tubuh mudah lelah
  9. Tulang mudah patah

Gejala – gejala di atas dapat dijadikan acuan umum sebagai tanda kemungkinan Anda mengalami defisiensi vitamin D. Akan tetapi perlu dilakukan konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter untuk mendapatkan diagnosis yang pasti.

Akibat Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D sangat berbahaya dan tidak dapat dianggap remeh. Dampak utama apabila seseorang kekurangan vitamin D antara lain terjadi gangguan pada kekuatan tulang hingga dapat mengganggu pertumbuhan pada anak – anak.

ciri kekurangan vitamin d

Berikut ini beberapa akibat kekurangan vitamin D yang perlu diwaspadai:

Nyeri Tulang

Nyeri tulang terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap kalsium secara optimal ke dalam jaringan tulang akibat vitamin D yang  tidak mencukupi dalam tubuh. Akibatnya tulang menjadi terasa nyeri terutama saat ditekan.

Nyeri Otot

Selain nyeri tulang, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan nyeri otot dan juga radang sendi. Nyeri otot terjadi karena pemulihan otot berjalan dengan lambat akibat kurangnya vitamin D dalam tubuh

Rambut Gampang Rontok

Kekurangan vitamin D juga dapat menyerang area kepala dan rambut. Tubuh yang kekurangan vitamin D dapat memicu gangguan pada siklus tumbuh dan rontok rambut. Tubuh yang kurang vitamin D biasanya mengalami rambut yang mudah rontok dan menipis tanpa sebab.

Risiko Impotensi pada Pria

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan impotensi pada pria. Hal ini berdasarkan penelitan, dimana para ahli percaya bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah sehingga berpotensi meningkatkan risiko impotensi pada pria

Selain gangguan tulang dan juga masalah di atas, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit lain, antara lain sebagai berikut:

  1. Osteoporosis
  2. Demensia
  3. Sakit kepala dan migrain
  4. Diabetes
  5. Obesitas
  6. Multiple sclerosis
  7. Kannker seperti kanker payudara, prostat
  8. Komplikasi kehamilan pada ibu hamil yang kurang asupan vitamin D

Leave a Reply