Tips liburan
Tips & Tutorial

9 Tips Jitu Liburan Akhir Tahun Jadi Menyenangkan

Liburan adalah kegiatan yang sangat ditunggu oleh semua orang, liburan juga dapat membantu menghilangkan rasa bosanmu selama bekerja, dan mengembalikan semangat untuk kembali bekerja. sebelum melakukan liburan ada beberapa tips liburan yang harus diperhatikan agar liburanmu menjadi menyenangkan.

Bertepatan dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk melakukan refreshing dan berlibur guna menyambut tahun yang baru. Namun, Sebelum B’Nerz melakukan liburan, yuk simak terlebih dahulu 9 Tips Jitu Liburan Akhir Tahun yang akan jadikan liburanmu menjadi lebih menyenangkan:

1. Kesehatan Tubuh

Tips liburan yang pertama adalah kesehatan tubuh, kesehatan adalah yang terpenting sebelum anda berangkat berlibur, karena tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani saat kamu sedang sakit.

Menjaga kesehatan sangat harus dilakukan, terutama buat kamu yang akan melakukan perjalanan yang jauh dan membutuhkan kondisi fisik yang prima. Dengan menjaga pola makan, pola tidur serta berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh anda dan menambah stamina kamu saat liburan.

Dan saat liburan sediakan perlengkapan kesehatan seperti hand sanitizer, masker, dan obat-obatan.

2. Persiapkan Dana Liburan

Selain kesehatan, dana sangat penting untuk melakukan liburan. Persiapan dana untuk liburan harus matang dan sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatanmu.

Tips Liburan Uang

Usahakan anggaran yang kamu keluarkan saat melakukan liburan tidak melebihi batas dan menguras habis tabunganmu, jangan sampai sepulang dari liburan kamu tidak memiliki uang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Utamakan dana untuk kebutuhan penting saat liburan seperti, trasportasi, penginapan, dan kebutuhan makan.

3. Setting Jadwal Liburan

Tips lain yang harus diperhatikan agar liburan akhir tahunmu menyenangkan adalah jadwal liburan, salah satunya adalah dengan menetapkan waktu dan berapa lama waktu liburan.

Menentukan jadwal liburan juga bisa membantu mempersiapkan  keperluan dengan lebih baik. Kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dana, memilih destinasi, serta memesan transportasi dan akomodasi, yang akan lebih membuat Anda yakin liburan akan berjalan sesuai rencana.

4. Tentukan Lokasi Liburan

Setelah mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang akan dianggarkan untuk liburan, saatnya menentukan lokasi yang tepat untuk kamu kunjungi sebagai tempat liburan.

Bisa mulai bertanya pada diri sendiri, dimana Anda ingin menghabiskan liburan akhir tahun? Apakah di Indonesia, luar negeri, dengan destinasi seperti pantai, gunung, atau hanya keliling kota. Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan Anda lakukan disana? Berbelanja atau mengunjungi landmark wisata? atau yang lainnya.

Tips Liburan Lokasi

Apabila sudah ditentukan, B’Nerz bisa mengalokasikan dana anggaran yang tepat untuk liburan nanti. Jangan sampai memilih destinasi yang tidak sesuai kantong sehingga membuat Anda harus sangat berhemat dan  mengganggu kesenangan masa liburan.

5. Siapkan Transportasi

Setelah menemukan lokasi liburan yang ingin dituju, baiknya kamu juga merencanakan tranfortasi yang akan digunakan menuju kesana.

Apabila kamu menggunakan kendaraan umum, baiknya kamu booking jauh-jauh sehingga tidak terburu-buru menuju hari-H. Selain itu dengan pemesanan sebelum hari H biasanya akan mendapatkan penawaran dengan harga murah.

6. Siapkan Tempat Tinggal

Tempat tinggal atau penginapan sangat berperan pula pada kesenangan saat liburan. Pilih penginapan yang nyaman dan dekat dengan tempat liburan serta sesuai dengan budget kamu.Tips liburan penginapan

Saat ini pemesanan hotel, villa atau tempat tinggal sudah bisa dilakukan secara online. Perusahaan juga sering memberikan diskon kepada costumer, apalagi dimusim liburan seperti akhir tahun ini. Bagi kamu yang mungkin akan liburan di puncak gunung, siapkan tenda yang nyaman sehingga membuat liburanmu semakin menyenangkan.

7. Siapkan Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok seperti makan harus diperhatikan, apalagi kalau kamu tidak memiliki anggaran yang sangat besar. Kamu bisa membawa bekal makanan dari rumah. Bagi kamu yang traveling digunung bisa memasak menggunakan kompor portable sehingga dapat menghemat biaya.

8. Ajak Teman Dekat atau Keluarga

Liburan bersama teman dekat, atau keluarga juga akan meningkatkan kesenangan saat liburan. Bagi kamu yang sudah berkeluarga tentunya liburan dengan orang-orang tersayang akan menjadi quality time yang berharga.

9. Menjaga Lingkungan Sekitar

Saat kamu liburan, baik di pantai, di gunung atau di penginapan sekalipun tetap harus menjaga lingkungan sekitar. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan merusak lingkungan disekitar agar tempat liburanmu tetap bersih dan nyaman untuk didatangi kembali.

Itulah beberapa tips jitu yang dapat diterapkan B’Nerz ketika ingin melakukan liburan menjadi menyenangkan. Semoga dapat membantu dan terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply