Cara mencari supplier
Tips & Tutorial

5 Tips Mencari Supplier untuk Bisnis Online Anda

Tips mencari supplier yang tepat dibutuhkan untuk Anda yang sedang memulai bisnis online. Supplier atau sering disebut sebagai “tangan pertama” menjual produk dengan harga lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa jual produk dari supplier lebih mahal atau sekalipun dijual dengan harga pasar, tapi sudah dapat untung.

Tujuan utama dari mencari supplier adalah untuk mendapat harga termurah supaya bisa dijual kembali. Saat bisnis online, Anda memang tidak harus memiliki produk sendiri. Anda bisa bertindak sebagai reseller supaya bisa jual kembali produk dari perusahaan pemilik produk dan tetap dapat keuntungan.

Mencari supplier tangan pertama memang cukup sulit, apalagi memastikan barang yang didapat berkualitas. Inilah beberapa tips mencari supplier tangan pertama untuk bisnis online Anda.

1. Hadiri Pameran Dagang (Trade Expo)

Tips mencari supplier yang pertama adalah mengunjungi pameran dagang. Di dalam pameran dagang, Anda bisa menemui banyak ribuan pengecer, supplier, dan produsen itu sendiri. Coba cari stan pameran yang menjual barang yang ingin Anda jual di online.

Jika belum ada ide mau jualan apa, bisa jelajahi satu per satu stan dan temukan barang yang Anda pikir mudah untuk dijual. Kunjungi semua produsen atau supplier produk yang Anda jual.

Cara mencari supplier

Setelah itu, buat daftar dan pilih pihak mana yang ingin Anda teruskan untuk ajak kerjasama. Jika memungkinkan buat analisa sederhana mengenai kelebihan dan kekurangan setiap supplier di daftar Anda.

2. Masuk ke Komunitas Bisnis

Dalam sebuah komunitas bisnis, ada banyak produsen dan supplier berkumpul. Komunitas bisnis juga punya satu interest atau kesukaan yang sama. Ada banyak jenis komunitas bisnis yang spesifik pada bidang tertentu. Tinggal Anda pilih mana yang sesuai dengan bidang atau keahlian bisnis Anda.

Anda bisa masuk ke komunitas untuk mendapatkan relasi di bidang bisnis yang akan digeluti. Bisa saja Anda bisa mencari supplier yang tepat untuk jadi mitra bisnis untuk menjalani usaha. Komunitas bisnis bisa dicari secara offline atau online.

Tips mencari supplier di komunitas bisnis adalah jangan putus hubungan setelah dapat supplier yang dibutuhkan. Bisa saja Anda butuh bantuan supplier lain di masa depan. Atau, bisa saja ada kemungkinan Anda naik kelas dari reseller jadi supplier tangan pertama.

3. Hubungi Langsung Produsennya

Cara mencari supplier selanjutnya adalah langsung hubungi produsennya. Biasanya produk yang dijual menaruh informasi singkat mengenai nama, alamat, dan nomor telepon produsen. Coba hubungi dan biasanya akan segera diarahkan untuk menghubungi supplier resmi mereka.

Tips mencari supplier lainnya adalah dengan datangi agen atau perwakilan produsen terdekat di kota Anda. Untuk produsen besar, biasanya punya agen atau perwakilan untuk memperkuat jaringan bisnis mereka. Biasanya agen senang didatangi reseller supaya mereka bisa mendistribusikan produknya lebih mudah.

Kunci untuk mendapat kesepakatan penjualan dari supplier adalah komunikasi yang baik. Jangan takut tawarkan diri untuk menjadi reseller mereka. Asalkan Anda sudah memiliki sarana yang dibutuhkan untuk jadi reseller, pasti segera mencapai kesepakatan.

4. Cari Supplier di Marketplace B2B

Saat ini ada dua jenis marketplace, yaitu marketplace B2C dan B2B. Perbedaan keduanya ada di segmen konsumen. Marketplace B2C menyediakan tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli secara online. Pembeli bisa beli langsung dari penjual, supplier, atau reseller dan dikirim ke rumah.

Mencari supplier untuk bisnis online

Berbeda dengan marketplace B2B, contohnya Bhinneka.Com, yang mempertemukan produsen atau distributor dengan reseller. Jadi barang yang dijual di marketplace B2B kemungkinan untuk dijual kembali. Namun, tidak menutup kemungkinan ada konsumen personal yang belanja marketplace B2B.

Marketplace B2B punya fitur nego harga yang memungkinkan pembeli, yang mayoritas adalah reseller, untuk bisa beli harga lebih murah. Produsen dan supplier biasanya menggunakan marketplace untuk bantu jualan produknya secara online. Anda bisa hubungi produsen dan supplier langsung melalui fitur chat.

5. Cari Supplier di Pasar Grosir

Jika Anda berniat untuk menjual barang konsumsi sehari-hari ke online, Anda bisa pergi ke pasar grosir. Di sana ada banyak reseller dan supplier barang-barang untuk pembelian partai besar. Pasar grosir merupakan tempat berkumpulnya para penjual partai besar yang menjual produk lebih murah dari harga di pasar.

Namun, tidak semua penjual di pasar grosir adalah supplier tangan pertama. Tapi yang jelas mereka menjual barang dengan harga lebih murah. Kalau Anda beruntung, Anda bisa tanya langsung siapa supplier tangan pertama untuk bisa dihubungi langsung.

Tips Memilih Supplier yang Bagus untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan saat memilih supplier untuk bisnis.

  • Pilih supplier yang memiliki alamat, nomor kontak, dan izin usaha yang jelas
  • Supaya lebih lancar, pilih supplier yang bisa merespon pesanan dengan cepat
  • Jangan bergantung ke satu supplier saja, usahakan punya opsi supplier lainnya
  • Pilih supplier yang bisa stok barang dengan kualitas terbaik
  • Perhatikan kebijakan toko atau supplier, seperti refund atau retur barang rusak.

Itulah cara mencari supplier yang bagus untuk bisnis online. Tips mencari supplier sangat mudah dilakukan jika Anda suka membuka koneksi dengan banyak orang lain. Dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik supaya bisa menjalin hubungan baru dengan supplier dan menjaganya supaya langgeng dalam waktu lama.

Leave a Reply