Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mengenal Unsur-Unsur Proposal dan Tujuan Pembuatannya

Dalam membuat sebuah dokumen seperti proposal sangat penting untuk memperhatikan unsur serta elemennya. Memahami Unsur-Unsur Proposal sebelum membuatnya akan membantu Anda dalam menyusun serta membuat proposal sehingga lebih baik.

Mengetahui struktur dan unsur unsur proposal bagi pembuat sangatlah penting. Hal ini akan berkaitan dengan tujuan serta fungsi dari proposal tersebut. Setelah mengetahui tujuan dan fungsinya tentu membuat proposal akan menjadi lebih mudah.

Unsur Unsur Proposal

Tujuan Pembuatan Proposal

Proposal sendiri seseorang buat untuk mencapai sebuah tujuan. Pada saat seseorang membuat proposal terdapat beberapa tujuannya berikut penjelasannya.

  • Memperoleh persetujuan dari pihak yang saling terkait dalam kegiatan tertentu.
  • Membuat pengajuan dana, proposal dibuat berdasarkan tujuan untuk memperoleh bantuan dana dari sponsor
  • Memperoleh dukungan dari pihak yang punya kaitan dengan aktivitas dalam proposal tersebut
  • Menjadi salah satu media tender atau lelang apabila proposal tersebut berkaitan dengan proyek proyek pemerintah
  • Mendapatkan penawaran kerjasama usaha jika proposal yang dibuat berbentuk proposal bisnis maupun usaha.

Mengenal Unsur Unsur Proposal

Proposal merupakan rancangan atau sebuah usulan yang menyimpulkan banyak hal khususnya pada sebuah kegiatan. Proposal bisa berupa penelitian, kegiatan, pengajuan bisnis, dan lain sebagainnya. Secara umum ada beberapa unsur pada proposal seperti berikut.

1. Judul atau Nama Kegiatan

Pertama unsur proposal secara umum adalah judul atau nama kegiatan di mana mencerminkan sebuah aktivitas yang akan dilakukan. Pada unsur ini akan menggambarkan gagasan pokok mengenai proposal tersebut, misal proposal bisnis judulnya bisa proposal usaha tempe goreng dan lain sebagainya.

2. Latar Belakang

Setelah memenuhi unsur proposal judul, selanjutnya adalah latar belakang. Proposal harus memiliki elemen latar belakang sehingga bisa memberikan ide pokok pemikiran pada proposal tersebut. Dalam unsur latar belakang juga akan dijelaskan mengenai alasan kenapa proposal ini harus seseorang buat dan realisasikan.

3. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan merupakan unsur dalam proposal yang juga penting. Pada unsur ini harus Anda pahami bila tujuan kegiatan memiliki penjelasan mengenai sedemikian rupa agar target kegiatan bisa tercapai.

Dalam tujuan kegiatan juga Anda harus menjelaskan apa penawaran dari nilai tambahnya yang sekiranya pembaca dapat memperoleh keuntungan maupun manfaat. Biasanya pada unsur tujuan kegiatan ini penulis proposal harus menerangkan secara jelas manfaat dari kegiatan atau pembuatan proposal ini.

4. Tema

Tema merupakan unsur pada proposal yang menjadi dasar dari kegiatan di dalamnya. Misalnya pada proposal kegiatan tentang seminar atau kuliah umum bisnis. Maka tema berperan dalam memberikan garis besar dari kegiatan tersebut kepada pembaca sehingga dapat mengambil kesimpulan mengenai aktivitas itu.

5. Sasaran dan Peserta

Sasaran atau peserta dalam membuat proposal khususnya proposal kegiatan dan bisnis harus benar benar jelas. Unsur proposal satu ini akan memberikan kejelasan mengenai sasaran dari pembuatan proposal itu sendiri.

Ketika menuliskan sasaran ini, maka harus Anda sampaikan secara tegas. Fungsinya tentu saja agar bisa memberikan informasi kepada pembaca mengenai seluruh pihak yang akan terlibat di dalam kegiatan maupun kerjasama usaha jika proposalnya tentang bisnis.

6. Tempat, Waktu, dan Kepanitian atau Keanggotan

Secara umum pada saat membuat proposal, akan ada unsur tempat waktu dan kepanitian atau keanggotan ini. Dalam sebuah aktivitas elemen waktu dan tempat sangat penting untuk Anda sampaikan dalam proposal sehingga eksekusi atau pelaksanaan kegiatannya jelas.

Selain itu terdapat juga kepanitian atau keanggotaan. Proposal secara umum harus menuliskan struktur kepanitian atau keanggotan yang memberikan informasi secara rinci kepada pembaca sehingga mengetahui pihak terlibat dalam kegiatan tersebut.

7. Rencana Anggaran Penyusunan Proposal

Ketika menyusun proposal pembicaraan mengenai anggaran tidak bisa terpisahkan. Unsur satu ini sangat penting dan berisikan mengenai susunan anggaran biaya secara realistis dan logis. Dalam unsur ini juga penulis propsal harus bisa memperhatkikan kesimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Rencana anggaran sangat penting baik dalam membuat proposal usaha maupun kegiatan. Unsur ini juga memegang peranan penting dalam menstabilkan aktivitas kegiatan yang ingin dilakukan. Dalam proposal usaha rencana anggaran juga tentu menjadi informasi krusial.

8. Penutup

Unsur penutup merupakan bagian dalam proposal yang memberikan informasi berupa ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terlibat. Dalam unsur ini juga ada beberapa harapan yang penulis dapat disampaikan sehingga kedepannya dapat menjadi lebih baik.

Demikian pembahasan tentang unsur-unsur proposal dan tujuan pembuatannya secara umum. Dalam pembuatannya, proposal dapat berbeda-beda tergantung format dan tujuannya. Simak pembahasan tentang jenis-jenis proposal untuk menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply