Bhinneka News

Drum Cajon dan Trend Musik Terkini

Kamu yang sering melihat pertunjukkan musik mungkin kerap memperhatikan sebuah kotak yang dipukul seseorang sambil duduk diatasnya. Alat musik tersebut bernama Cajon dan diduga berasal dari Peru. Kata Cajon artinya peti, kotak atau laci dalam bahasa Spanyol. Cajon dimainkan dengan cara memukul, menepuk atau menampar sisi depan boks.

cajon
PEARL Primero Cajon

Bagian depan umumnya terbuat dari kayu lapis dan saat dipukul pada area berbeda, instrumen akan menghasilkan pitch suara bervariasi dari rendah hingga tinggi. Instrumen selain dimainkan dengan tangan, juga bisa dimainkan dengan alat pukul lain seperti stik.

Suara yang mirip dengan bass bisa dihasilkan dengan memainkan pukulan dibagian tengah permukaan. Pukul keatas sedikit bila kamu ingin picth yang lebih tinggi dan semakin keatas picth suara semakin meningkat. Cajon juga bisa meniru suara instrumen lain, sehingga dianggap sebagai salah satu alat musik yang fleksibel dan portabel.

Memainkan Cajon
Saat memainkan Cajon, pemain harus duduk dipermukaan. Industri musik saat ini belum lengkap tanpa Cajon karena perpaduannya dengan instrumen akustik lain mampu melengkapi nuansa musik yang dihasilkan.

Memainkan irama dasar Cajon bukan tugas yang sulit dan hampir setiap pemula bisa belajar dengan mudah. Namun, berlatih memainkannya memiliki peran penting untuk memperoleh suara dan output yang jelas, sama seperti latihan yang dibutuhkan untuk memainkan alat musik lain.

Cajon tersedia dalam berbagai macam model, tampilan dan sebagian besar model Cajon merupakan buatan tangan serta dijual dengan harga bervariasi. Cajon merupakan alat musik yang bisa langsung dimainkan, karena tidak perlu melakukan proses instalasai apapun.

Desain Instrumen
Desain instrumen Cajon tidak banyak berubah sejak awal kemunculannya. Cajon modern yang mengikuti tren permintaan industri musik saat ini telah dilengkapi amplifier built in, hingga senar dan bass yang bisa disesuaikan. Namun desainnya tetap berbentuk kotak dan terbuat dari kayu lapis.

Cajon dirancang memiliki satu sisi dengan papan lapis tipis yang bisa dipukul pemain untuk menghasilkan suara musik. Lima sisi lain dari kotak terbuat dari kayu dengan ketebalan 0.5 hingga 0.75 inci dan sisi belakang Cajon umumnya memiliki lubang suara.

Awalnya instrumen Cajon hanya terbuat dari kayu dan struktur desainnya tidak banyak berubah hingga kini. Namun untuk memenuhi tuntutan tren musik saat ini terdapat beberapa tambahan seperti kaki karet termasuk adanya sekrup untuk penyesuaian pitch perkusi dan penampilan drum Cajon itu sendiri.

Sudah pernah mencoba?

Leave a Reply