cara transfer uang lewat hp
Tips & Tutorial

4 Cara Transfer Uang Lewat Hp Paling Cepat dan Mudah

Transfer uang lewat hp kini bukan lagi hal asing. Perkembangan teknologi digital dan smartphone membuat semua orang kini bisa mentransfer uang di rekening bank-nya tanpa keluar rumah. Beberapa cara transfer uang lewat hp ini bisa mengurangi waktu Anda untuk pergi ke bank atau ATM.

Perkembangan teknologi memungkinkan perbankan bisa menawarkan kemudahan bagi nasabahnya. Salah satunya adalah melalui layanan e-banking (electronic banking). Layanan e-banking terdiri dari: SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking.

Untuk mentransfer uang lewat hp yang kamu butuhkan adalah smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS. Selain itu, kamu juga membutuhkan pulsa dan koneksi internet. Kemudian pilih cara transfer uang lewat hp yang paling mudah berikut ini:

1. SMS Banking

cara transfer uang lewat hp

SMS Banking adalah layanan perbankan yang bisa digunakan lewat handphone biasa. Layanan ini menggunakan SMS dan membutuhkan pulsa. SMS Banking punya layanan standar seperti: cek saldo, transfer uang, bayar tagihan, dan beli pulsa isi ulang.

Cara menggunakan SMS Banking sangat mudah. Sebelum menggunakannya, nasabah harus mendaftarkan nomor ponselnya ke bank untuk mendapat password. Untuk transfer uang, nasabah hanya cukup mengetik SMS sesuai dengan format SMS yang telah ditentukan.

Format SMS yang digunakan berbeda-beda sesuai layanan yang ingin digunakan. Misalnya, untuk transfer uang lewat SMS Banking nasabah dapat mengetik “Transfer (spasi) nominal uang (spasi) rekening tujuan.” Pesan SMS ini lalu dikirim ke nomor tujuan yang telah ditentukan bank. Petunjuk format SMS sudah ada di buku petunjuk SMS Banking yang diberikan oleh bank.

2. Mobile Banking

cara transfer uang lewat hp

Mobile Banking adalah salah satu layanan e-banking. Layanan ini memudahkan nasabah untuk transfer uang lewat hp kapan saja. Untuk menggunakan layanan ini, Anda membutuhkan smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS dan koneksi internet.

Mobile Banking atau M-Banking membutuhkan nomor hp, SIM Card, dan aplikasi yang bisa diunduh dari Play Store atau App Store. Saat login, aplikasi akan memverifikasi nomor hp lewat SIM Card yang terpasang di hp. Oleh karena itu, pastikan nomor SIM yang teregistrasi di bank dipasang di slot SIM Card 1.

Mobile Banking menawarkan kemudahan yang paling lengkap dibanding SMS Banking. Anda tidak perlu mengingat format pesan SMS untuk menggunakan layanan ini. Semua fitur layanan Mobile Banking yang tersedia seperti: cek saldo, transfer uang, bayar tagihan, belanja online, bayar zakat, cek mutasi rekening, beli pulsa, dan lain sebagainya.

3. Internet Banking

cara transfer duit di hp

Meskipun sama-sama menggunakan internet, namun internet banking berbeda dengan mobile banking. Nasabah tidak membutuhkan nomor hp atau SIM Card. Untuk menggunakan internet banking, Anda membutuhkan User ID, Password, OTP (One Time Password) dari hp atau Token.

Token adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk mengirim kode pengaman tambahan. Kemudian untuk megaksesnya, Anda hanya cukup mengakses website internet banking milik bank. Pada website tersebut, nasabah akan diminta memasukan user, password, dan token pada halaman login.

Sama seperti Mobile Banking, layanan Internet Banking cukup lengkap. Anda bisa cek saldo, transfer uang, bayar tagihan, beli pulsa, dan lainnya. Bank akan mengirim notifikasi melalui email sebagai bukti transaksi. Anda tetap bisa menggunakan Internet Banking lewat browser hp.

4. Aplikasi e-Wallet (Dompet Digital)

cara transfer duit lewat hp

Ada cara baru untuk transfer uang lewat hp, yaitu dengan aplikasi e-wallet atau dompet digital. Aplikasi dompet digital yang populer di Indonesia saat ini adalah: OVO, Gopay, Dana, LinkAja, dan ShopeePay. Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.

Aplikasi dompet digital lagi ngetren saat ini. Banyak orang menggunakan e-wallet karena lebih praktis dan bisa dipakai untuk jajan di mini market sampai bayar makanan di restoran atau kafe. Aplikasi e-wallet juga cukup simpel. Proses registasinya lebih simpel karena Anda tidak perlu pergi ke bank atau kantor pemilik e-wallet. Semua proses registasi bisa dilakukan secara online.

Aplikasi e-wallet juga bisa digunakan untuk transfer uang lewat hp. Transfer uang lewat e-wallet cukup mudah karena tidak perlu mengetahui kode bank. Anda cukup memilih nama bank dan nomor rekening tujuan. Transfer uang lewat hp bisa dilakukan kapan saja. Saldo e-wallet bisa Anda top up di Digital Product Bhinneka.

4 cara transfer uang lewat hp di atas adalah yang paling mudah dan cepat. Untuk menggunakan layanan e-banking atau e-wallet Anda membutuhkan koneksi internet atau pulsa. Pengguna hp non smartphone hanya bisa gunakan layanan SMS Banking. Sedangkan pengguna smartphone bisa menggunakan semua metode di atas.

2 Comments

Leave a Reply