Tips & Tutorial

Agar Tetap Sehat, Aman & Santun Saat Berkendara Motor

Media sosial belum lama ini dihebohkan dengan pesepeda yang menegur konvoi pengendara motor besar karena tidak mematuhi rambu lalu lintas. Mengendarai sepeda motor sebenarnya merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan, namun diperlukan banyak latihan untuk menjadi pengendara berpengalaman dan percaya diri serta tentu saja butuh sikap disiplin dijalan raya, sehingga kamu bisa menikmati berkendara motor dengan aman dan nyaman.

motorcycle-rider-black-wallpaper-1600x500

Usia Diizinkan Mengendarai Motor

Syarat usia minimum boleh mengendarai motor bervariasi antara satu negara dan negara lain, namun di Indonesia kamu bisa mengajukan permohonan memperoleh surat izin mengemudi saat usia kamu telah mencapai 17 tahun, sama dengan usia kamu boleh mengendarai mobil.

Cara Memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM)

Cari informasi mengenai di Samsat terdekat dokumen apa saja yang harus kamu siapkan sekaligus biaya yang dibutuhkan dalam proses pengurusan memperolah SIM. Tahap awal kamu harus lulus proses administrasi, kesehatan kemudian kamu harus lulus dalam ujian tertulis. Ujian ini untuk menguji pengetahuan kamu mengenai aturan keselamatan berkendara sepeda motor dan peraturan lalu lintas. Setelah lulus ujian tertulis kamu juga harus bisa melewati ujian paraktik berkendara sepeda motor sehingga dianggap layak untuk memperoleh SIM.

Motorcycle school for Alexandra Straub story

Kursus Sepeda Motor Pemula

Salah satu cara terbaik dan temudah bagaimana berkendara motor dengan baik adalah dengan mengambil kursus sepeda motor kelas pemula. Mengikuti kursus ini memberikan kamu kesempatan naik sepeda motor dengan pengawasan sebelum berkendara dijalan raya. Kursus kelas pemula dirancang bagi pengendara motor dengan sedikit atau tanpa pengalaman sama sekali. Peserta kursus akan belajar mengenai jenis-jenis dan fungsi kontrol sepeda motor, kemudian mulai mengembangkan dan mempraktekan mental dan keahlian untuk berkendara dengan aman.

Perhatikan Undang-undang Pengendara Sepeda Motor

Banyak aturan yang harus kamu perhatikan sebelum mengendarai sepeda motor, sehingga hal terbaik untuk dilakukan ialah mentaati semua peraturan yang berlaku. Sebagian contoh pengendara wajib menggunakan helm dan lampu kendaraan harus tetap menyala pada siang hari.

brosur-keselamatan-berkendara-2

Salah satu alasan diwajibkannya penggunaan helm ialah untuk melindungi diri kamu dari batuan maupun puing yang bisa menghantam wajah kamu saat berkendara yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Alasan utama wajib memakai helm karena dapat melindungi kamu ketika terjadi kecelakaan dan mencegah masalah serius termasuk trauma kepala maupun cedera otak. Bukan hanya pengendara, penumpang pun wajib memakai helm. Bahkan medispun merekomendasikan agar selalu memakai helm saat naik sepeda motor.

Perlengkapan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor

MM_6Kamu memerlukan perlengkapan dasar untuk melindungi tubuh dari cedera, antara lain:

  • Helm yang pas untuk melindungi seluruh kepala dan wajah
  • Jaket terbuat dari bahan kuat seperti kulit yang akan melindungi tubuh kamu dari cedera saat terjadi kecelakaan.
  • Pelindung atau deker yang melindungi bagian pergelangan dan engkel kaki
  • Sarung tangan yang terbuat dari bahan kuat seperti kulit

Penumpang juga harus menggunakan perlengkapan yang sama dengan pengendara.

Peraturan Antar Pengendara Sepeda Motor

Pengendara motor mematuhi aturan lalu lintas yang sama dengan pengendara lain. Harus menghidupkan lampu sinyal saat memutar dan mematikannya setelah aman, berjalan pada sisi yang tepat, mendahului dari sebelah kanan dan taat pada aturan batas kecepatan. Selalu hati-hati saat berdekatan dengan kendaraan bermotor lainnya dan aturan menghidupkan lampu utama disiang hari bermanfaat, agar pengendara motor tetap terlihat oleh pengendara kendaraan lain terutama mobil.

motorcycle-hand-gestures-chart

Pengendara Motor Perlu Perhatikan Ini

  • Ketika mengendarai sepeda motor, kamu tidak dilindungi oleh sangkar besi seperti mobil
  • Sepeda motor memiliki ukuran lebih kecil dan memiliki lampu lebih sedikit dari mobil sehingga menjadi lebih sulit terlihat
  • Kamu harus lebih protektif terhadap diri sendiri, karena orang lain mungkin tidak peduli dengan keselamatan kamu saat dijalan
  • Sepeda motor kurang stabil seperti mobil. Jalan yang basah dan berkerikil jauh lebih berbahaya bagi sepeda motor
  • Kendarai sepeda motor dengan kecepatan aman, usahakan terlihat dari depan dan tidak mengekor, serta tidak berkendara dalam keadaan mabuk

Aturan Berkendara Sepeda Motor Saat Cuaca Buruk

Meski tidak ada larangan, cuaca buruk berperan besar dalam memilih kapan kamu bisa mengendarai sepeda motor. Hujan membuat pengedara motor kesulitan melihat kedepan, namun berkendara saat jalan basah dan licin bisa menjadi tantangan menarik bagi pengendara motor berpengalaman. Sebaiknya pantau prakiraan cuaca sebelum kamu mengendarai sepeda motor.

nicky_hayden_leading_bike_convoy_3_original

Faktor paling penting dalam berkendara yang sehat ialah pengetahuan, pengalaman, latihan, perlengkapan keselamatan yang sesuai dan tentu saja disiplin dalam berlalu lintas, agar tidak membahayakan dan menggangu hak para pengguna lain dijalan raya.

Leave a Reply