LabInc Kampus Merdeka

Benarkah Kemasan Produk Sangat Berpengaruh terhadap Penjualan Produk Sebuah Bisnis?

Pentingnya Kemasan Produk

Kemasan produk akhir-akhir ini merupakan sesuatu yang sedang hype dikalangan para pebisnis ukm dan umkm. Para pelaku usaha kecil dan menengah mulai cukup serius mempertimbangkan kemasan yang akan dipakai untuk produk yang mereka punya, maka dari itu tidak heran sekarang banyak kita temui kemasan dengan model seperti standing pouch yang full desain yang diharapkan menambah ketertarikan dan nilai jual sebuah produk, sehingga membuat beberapa pelanggan akan tertarik untuk membeli suatu produk baru dengan hanya melihat kemasannya saja. Selain itu, pemilihan kemasan produk juga memiliki beberapa alasan lainnya sebagai indikator yang cukup penting bagi berjalannya sebuah bisnis, beberapa diantaranya adalah:

Menambah Daya Tarik Produk

Ketika kita membandingkan sebuah produk makanan kripik pisang dengan kemasan plastik tembus pandang yang biasa dengan produk serupa yang dikemas dengan kemasan standing pouch full desain, dimana desain tersebut menampilkan juga hal-hal seperti komposisi produk, sertifikasi halal, brand, dan hal-hal kreatif lainnya, tentu sebagai konsumen kita akan lebih tertarik untuk membeli produk yang dikemas dengan baik, rapi dan menarik.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Sebagai konsumen, terkadang kita akan merasa ragu dengan produk yang hanya dikemas polos tanpa ada keterangan apa-apa yang menjelaskan perihal produk tersebut. Tetapi tentu akan berbeda ketika dalam kemasan sebuah produk telah dicantumkan mengenai beberapa hal seperti komposisi maupun cara penggunaan produk yang dijual. Hal itu secara tidak langsung akan meningkatkan dan membangun kepercayaan konsumen untuk membeli produk kita.

Sebagai Identitas dari Sebuah Produk

Selain brand, kemasan juga bisa menjadi salah satu identitas dari sebuah produk yang bisa menjadi pembeda antara produk satu dengan produk lainnya. Seperti misalnya produk pisang nugget milik Kaesang yang dikemas dengan bungkus berbentuk kotak dan didominasi warna kuning, serta ada tagline “Bukan Kue Artis” yang terletak di beberapa bagian kemasan menjadikan produk tersebut seolah mempunyai identitas tersendiri dibanding produk-produk serupa.

Jaman Sekarang Produk Dibeli Juga untuk Difoto

Realita yang terjadi pada jaman sekarang salah satunya adalah seseorang membeli suatu produk atau barang tidak hanya sekedar untuk dikonsumsi semata, melainkan juga memiliki fungsi sekunder sebagai salah satu penunjang eksistensi diri seorang konsumen. Seseorang akan merasa bangga dan tidak jarang juga akan secara sukarela memfoto kemudian mengupload sebuah produk dikarenakan eksistensi atau desain kemasan produk yang menarik dan elegan.

Hal ini secara tidak langsung memiliki dampak positif bagi para pelaku usaha yang produknya dipromosikan oleh para pelanggan dengan gratis dan sukarela, tetapi disisi lain hal ini juga merupakan sebuah tantangan para pelaku usaha untuk bersaing dalam meningkatkan eksistensi produk dan membuat kemasan desain yang unik, sesuai dengan selara pelanggan dan memiliki keunggulan dibanding kemasan produk serupa lainnya.

Tips Membuat Sebuah Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Berikut beberapa tips membuat kemasan produk unik yang apabila cocok bisa digunakan oleh teman-teman pelaku usaha, diantaranya adalah:

Gunakan desain yang simpel dan menarik

Hal yang penting dalam membuat kemasan produk menjadi menarik adalah desain, para pelaku usaha haruslah membuat desain semenarik mungkin agar bisa berhasil menarik minat beli konsumen hanya dengan melihat desain kemasannya saja. Selain itu, model desain dan pemilihan warna juga merupakan salah satu aspek penting, seperti misalnya gunakanlah desain yang simpel agar tidak terkesan ribet dan gunakan juga dominasi warna yang sesusai dengan identitas produk.

Cantumkan gambar atau visualisasi produk

Selain model desain dan pemilihan warna, gambar juga merupakan hal yang penting sebagai visualisasi dari produk yang kita miliki, menampilkan gambar produk dalam sebuah kemasan secara tidak langsung berfungsi juga untuk membuat para konsumen seolah bisa melihat dan tahu bahwa produk yang akan ia beli visualisasinya akan seperti yang tampak pada kemasan produk tersebut.

Cantumkan informasi singkat mengenai produk

Dalam kemasan produk biasanya seringkali kita temukan informasi-informasi singkat seputar produk, mulai dari komposisi, tenggat kadaluarsa, cara pemakaian, atau bahkan deskripsi singkat seputar produk. Pencantuman informasi ini merupakan salah satu promosi penjualan dan metode komunikasi tertulis yang digunakan oleh para produsen terhadap konsumen, yang tentu saja memberikan kesan yang positif dan menarik daripada kemasan yang hanya berisi gambar tanpa ada penjelasan informasi apapun seputar produk tersebut.

Leave a Reply