Tips & Tutorial

Bersepeda Menuju Kantor Tanpa Mengucurkan Keringat

Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat digemari untuk menjaga tubuh selalu bugar, bahkan sejumlah orang menggangapnya sebagai hobi sehingga bersepeda tidak saja dilakukan saat akhir pekan juga sebagai moda transportasi menuju tempat bekerja. Salah satu kendala ketika melakukan kegiatan fisik seperti bersepeda ialah kerap mengucurkan keringat akibat energi yang terkuras, sehingga mengurangi penampilan profesional kamu. Berikut sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan agar tidak terlalu berkeringan saat bersepeda ke kantor.

Langkah 1: Perhatikan kecepatan bersepeda

Pak Ahok Bersepeda
Pak Ahok Bersepeda

Bersepeda dengan kecepatan sedang selama perjalanan dipagi hari. Meski meningkatkan aktivitas fisik menjadi salah satu alasan kamu bersepeda ketempat kerja, mengayuh pedal dengan kecepatan sedang membuat kamu bisa terhindar dari keringat berlebih dibanding menyayuh dengan kecepatan ekstra. Ini tetap akan memperkuat otot-otot kamu, membakar kalori tubuh sambil bisa merasakan nikmatnya berada diluar ruangan dan saat tiba dikantor kamu langsung siap melakukan pekerjaan sehari-hari. Simpan kecepatan balap untuk perjalanan pulang ke rumah.

Langkah 2: Pilih pakaian yang tepat

Kenakan kemeja tipis & celana bahan yang nyaman
Kenakan kemeja tipis & celana bahan yang nyaman

Kenakan kemeja yang tipis bila harus menggunakan pakaian kerja saat bersepeda, untuk mencegah kegerahan bila terlalu banyak menggunakan lapisan pakaian. Pakai celana panjang, kemeja dan simpan sweater serta jas didalam tas, kemudian kenakan kembali setelah tiba di kantor.

Langkah 3: Pakaian olahraga alternatif

Moisture wicking base layers
Moisture wicking base layers

Kenakan pakaian olahraga dengan moisture wicking bila kamu sempat menggantinya sebelum mulai bekerja. Pakaian olahraga tersebut akan mengurangi keringat dan kelembaban tubuh yang membuat kamu tetap kering dan terhindar dari bau badan akibat keringat. Banyak produsen pakaian olahraga menawarkan pakaian dengan fitur moisture wicking.

Langkah 4: Siapkan air dingin

Botol air minum
Botol air minum

Minum sebotol air dingin saat bersepeda. Air sangat bermanfaat untuk mencegah kamu dari dehidrasi sekaligus menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Langkah 5: Perhatikan isi tas

Bawalah barang seperlunya
Bawalah barang seperlunya

Usahakan membawa tas seringan mungkin dengan hanya membawa perlengkapan yang memang dibutuhkan. Semakin berat beban yang kamu bawa saat bersepeda semakin banyak tenaga yang dibutuhkan sehingga bisa membuat kamu makin berkeringat. Ambil saja perlengkapan yang benar-benar kamu butuhkan dan tinggalkan sisanya dirumah.

Langkah 6: Transportasi umum

Sepeda lipat lebih praktis di kendaraan umum
Sepeda lipat lebih praktis 

Gunakan transportasi umum atau ikut menumpang dengan teman dipagi hari terutama bila cuaca sangat panas dan lembab. Namun bawa serta sepeda kamu sehingga bisa mengendarainya disore atau malam hari saat pulang kerumah.

Langkah 7: Sepeda bermotor

G2 Folding Electric Bicycle
G2 Folding Electric Bicycle

Gunakan sepeda bermotor. Sepeda ini dilengkapi mesin motor listrik bertenaga baterai serta tetap memiliki pedal, sehingga membuat perjalanan kamu menjadi lebih mudah. Berkurangnya tenaga fisik bisa membuat keringat yang keluar juga berkurang. Namun meski tingkat aktivitas berkurang, kamu tetap bisa merasakan nikmatnya berada diluar ruangan dan membantu mengurangi polusi udara karena tidak membutuhkan bensin.

Sebaiknya periksa kondisi fisik kamu sebelum mulai menggunakan sepeda ke kantor, terutama buat kamu yang pernah memiliki masalah kesehatan.

Leave a Reply