Tips & Tutorial

Cara Agar Whatsapp Terlihat Offline Saat Sedang Online

Cara agar Whatsapp terlihat offline padahal Anda sedang online merupakan salah satu hal yang seringkali dicari tahu oleh pengguna Whatsapp. Hal ini karena ada kalanya pengguna sedang ingin tidak diganggu dan tidak ingin atau malas membalas pesan. Atau mungkin juga pengguna sedang liburan atau cuti dari pekerjaan.

Dengan membuat Whatsapp terlihat offline, maka pengguna dapat membuka Whatsapp dan memilah pesan mana yang hendak dibalas atau mengirim pesan, tanpa membuat orang lain tahu kalau dirinya sedang online.

cara agar whatsapp terlihat offline

Cara Agar Whatsapp Terlihat Offline

Jika dulunya cara untuk membuat agar Whatsapp terlihat offline dapat dibilang sedikit dan perlu banyak langkah, kini Whatsapp membuat hal tersebut menjadi lebih mudah. Dalam versi terbaru Whatsapp ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Whatsapp milik Anda terlihat offline.

Berikut ini merupakan beberapa cara membuat agar Whatsapp tampak offline:

Sembunyikan Status Last Seen

Last seen adalah salah satu fitur yang menunjukkan kapan terakhir Anda atau orang lain online atau membuka aplikasi Whatsapp. Fitur ini dapat menjadi masalah apabila seseorang mengirimkan Anda pesan tapi Anda tidak membalasnya padahal Anda sedang membuka Whatsapp. Orang lain dapat mengetahui kapan terakhir Anda membuka Whatsapp.

Dengan sedikit pengaturan, Anda dapat menyembunyikan status last seen, yaitu dengan cara:

  1. Masuk ke bagian pengaturan
  2. Masuk ke bagian Privacy
  3. Pilih pengaturan Last Seen and Online
  4. Pada bagian Who Can See My Last Seen, Anda dapat mengatur siapa yang dapat melihat kapan terakhir Anda online
  5. Pilih nobody untuk menyembunyikan kapan terakhir Anda online dari semua orang

Sembunyikan Status Online

Setelah menyembunyikan status last seen, orang lain tidak akan dapat mengetahui kapan terakhir Anda online. Akan tetapi seseorang masih dapat melihat Anda online apabila Anda dan orang lain sedang online bersamaan, dan orang tersebut sedang membuka layar pesan Anda.

Untuk mengatasi hal ini, Anda juga dapat menyembunyikan status online, agar saat Anda online tidak akan muncul keterangan Online:

  1. Masuk ke bagian pengaturan
  2. Masuk ke bagian Privacy
  3. Pilih pengaturan Last Seen and Online
  4. Pada bagian Who Can See When I’m Online, pilih same as last seen jika pada pengaturan sebelumnya Anda memilih nobody

Menghilangkan Read Receipt

Read receipt adalah tanda centang biru yang muncul pada lawan bicara apabila Anda sudah membaca pesan dari orang tersebut. Ada kalanya seseorang ingin membaca pesan yang dikirimkan namun malas atau belum mau membalasnya.

Untuk hal ini, Anda dapat menghilangkan atau mematikan read receipt agar pesan yang sudah dibaca tidak berubah menjadi centang biru, melainkan tetap dua centang abu – abu. Caranya adalah:

  1. Masuk ke bagian pengaturan
  2. Masuk ke bagian Privacy
  3. Matikan bagian Read Receipts

Perlu diingat, jika Anda mematikan read receipts ini, maka Anda juga tidak akan mengetahui apakah pesan yang Anda kirimkan ke orang lain sudah dibaca atau belum karena Anda juga tidak akan melihat tanda centang biru dari pesan yang Anda kirimkan ke orang lain.

Membalas Pesan dari Notifikasi

Cara terakhir adalah membalas pesan yang masuk melalui panel notifikasi. Whatsapp pada smartphone Android maupun iPhone akan mengirimkan notifikasi apabila ada pesan yang masuk. Anda dapat membalas pesan melalui panel notifikasi tersebut.

Dengan cara ini, Whatsapp tidak akan menunjukkan status Anda sedang online maupun sedang typing pada saat Anda mengetik atau membalas dari panel notifikasi.

Leave a Reply