Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

5 Jenis AC Berdasarkan Karakteristik dan Penggunaannya

Masih banyak yang mungkin belum menyadari bila jenis AC sekarang itu terbagi dalam berbagai macam tipe. Perangkat untuk mendinginkan ruangan ini memang menjadi salah satu alat elektronik paling orang butuhkan. Akan tetapi hampir semua pengguna belum tahu tipe tipe ac sebenarnya.

Pihak produsen pembuat AC setiap tahunya selalu meluncurkan berbagai macam jenis AC dengan fungsi dan penggunaan yang menyesuaikan kebutuhan penggunaannya. Dengan menggunakan tipe AC yang tepat sebuah ruangan dapat terasa dingin secara sempurna.

Mungkin Anda jadi salah satu orang yang selama ini hanya tahu tipe AC standar seperti Ac kantor dan rumah. Dalam prakteknya ternyata penggunaan jenis ac menyesuaikan setiap ruangan yang hendakan pengguna pakai untuk mendingkannya.

Terdapat beberapa bangunan ataupun rumah bahkan tempat yang memerlukan jenis AC khusus sehingga dapat mendinginkan secara maksimal. Sejauh ini cukup banyak tipe AC dengan sistem dan fungsi berbeda beda.

Seperti penjelasan di awal paragraf, sebenar nya AC memiliki beberapa jenis yang punya fungsi serta penerapan penggunaan berbeda beda. Untuk bisa mengetahui lebih dalam berikut beberapa jenis AC perlu Anda ketahui :

Jenis AC Split Wall

Jenis AC Split

AC split wall merupakan salah satu jenis yang paling sering orang gunakan dan terapkan di beberapa rumah serta kantor dengan aktivitas produktif kecil. Tipe ac ini hadir dengan dua komponen di mana pihak instansi akan memasang satu komponen di dalam ruangan dan satunya lagi di luar.

Keduannya dapat orang gunakan untuk keperluan ruangan yang tidak besar. Sistem kerja ac split wall adalah dengan memanfaatkan pemompaan freon ke koil pendingin lewat jaringan yang sudah terkoneksi ke pipa, sehingga dapat menghubungkan unit indoor dan outdoor.

AC Floor Standing

AC Floor Standing

AC Floor standing biasanya orang pakai untuk bangunan dan rumah standard juga. Akan tetapi unit yang perlu dipasang hanya satu yaitu indoor. Jika tipe AC split wall memasangkan dua komponen, AC floor standing lebih simpel dan ringkas, karena hanya perlu satu komponen pemasangan saja.

AC jeni ini memiliki sistem kerja yang memanfaatkan air untuk menghasilkan udara dingin. Bila Anda sedang mencari perangkat pendingin ruangan yang ringkas dan simpel, menggunakan jenis AC floor standing bisa jadi opsi terbaik.

Tipe AC Cassette

AC Cassette

Ac Cassette memiliki bentuk yang berbeda dari tipe AC lainnya. Biasanya alat pendingan ini akan muncul di sebuah ruangan dan terpasang di sebuah plafon. Bentuknya juga sangat unik yaitu berbentuk kotak. Kemampuannya dalam menghasilkan dingin sangat baik.

Karena cara pemasangannya yang berada di plafon atau langit langit sebuah ruangan membuat tipe ini sangat unik. Akan tetapi karena posisinya yang berada di atas ini terkadang proses pemasangannya lebih rumit dari tipe lainnya.

Tipe Ac Split Duct

AC Split Duct

Saat memasuki ruangan di tempat seperti mall maupun department store, rasa sejuk dan dingin langsung terasa. Ini merupakan efek dari penggunaan tipe AC Split Duct. Jenis satu ini memiliki sistem kerja dengan memanfaatkan ducting sehingga distribusi udara lebih luas.

Kemampuannya memberikan rasa sejuk dan dingin bisa mencangkup satu gedung. Pemasangan tipe AC satu ini sama seperti cassette dimana sering muncul di langit langit sebuah bangunan. Akan tetapi keberadaannya lebih tersembunyi dan umumnya orang tutup menggunakan alat tambahan.

Tipe Ac Inverter

Ac Inverter

Selanjutnya ada tipe AC inverter yang punya ciri serta kapasitas pendingan sama dengan split wall. Penggunaannya juga untuk kebutuhan di ruangan standar seperti rumah dan kantor kecil. Perbedaan terletak pada cara kerja nya.

Di mana AC Inverter mengeluarkan udara dingin dengan sistem inverter. Ini merupakan teknologi yang dapat mengontroll kecepatan komposer udara sehingga mampu mendorong aliran freon ke dalam AC menjadi lebih ringkas. Kondisi ini membuat tipe AC ini mampu menghasilkan udara dingin optimal.

Demikian pembahasan tentang Jenis AC beserta karakteristik dan penggunaannya. Untuk cek harga dan spesifikasi AC, silakan kunjungi halaman AC Terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply