Tips & Tutorial

Cara Cek Sertifikat Vaksin Pada Aplikasi SatuSehat Mobile

Cara cek sertifikat vaksin di Aplikasi SatuSehat masih banyak yang belum mengetahui caranya. Ini dikarenakan terdapat sedikit perbedaan cara mengecek sertifikat vaksin pada SatuSehat bila dibandingkan dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi memperbarui atau mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile pada 1 Maret 2023. Aplikasi SatuSehat Mobile ini memiliki fitur yang lebih banyak.

Untuk Anda yang masih bingung cara melihat atau mengecek sertifikat vaksin pada Aplikasi SatuSehat Mobile, tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara untuk memperbarui aplikasi dari PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile serta cara untuk mengecek sertifikat vaksin.

Cara Download Aplikasi SatuSehat

Aplikasi SatuSehat merupakan pembaharuan dari aplikasi PeduliLindungi, sehingga apabila sebelumnya Anda sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi, Anda cukup mengupdate saja aplikasi tersebut melalui PlayStore atau App Store. Apabila Anda menyalakan fitur auto update, ada kemungkinan aplikasi PeduliLindungi milik Anda sudah terupdate dan berubah menjadi SatuSehat.

satusehat mobile

Cara download maupun update Aplikasi SatuSehat adalah sebagai berikut:

  1. Periksa terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi Anda apakah sudah terupdate otomatis atau belum
  2. Jika belum terupdate atau Anda sebelumnya tidak meng-install aplikasi PeduliLindungi, lakukan download Aplikasi SatuSehat
  3. Aplikasi PeduliLindungi akan berganti ke aplikasi SatuSehat saat Anda selesai melakukan update

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi SatuSehat

Setelah Anda selesai melakukan update atau menginstall aplikasi SatuSehat, ada beberapa langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengecek sertifikat vaksin. Adapun langkah – langkah tersebut antara lain:

  1. Buka aplikasi SatuSehat Mobile
  2. Lakukan login pada aplikasi dengan akun PeduliLindungi milik Anda, berupa email atau nomor HP yang terdaftar
  3. Berikan izin pada aplikasi untuk memberikan notifikasi pada perangkat
  4. Pada halaman utama, pilih fitur Vaksin dan Imunisasi
  5. Pilih Riwayat & Sertifikat Vaksin
  6. Pilih data sertifikat sesuai dengan nama yang terdaftar
  7. Selanjutnya Anda dapat melihat riwayat sertifikat Anda mulai dari vaksin pertama, vaksin kedua, vaksin booster pertama dan vaksin booster kedua

Selain melihat riwayat sertifikat, Anda juga bisa mendownload sertifikat vaksin tersebut. Caranya cukup mudah:

  1. Pilih sertifikat yang akan di download
  2. Akan muncul detil sertifikat pada halaman berikutnya
  3. Pilih Unduh sertifikat
  4. Setelah sertifikat vaksin telah berhasil didownload, Anda dapat melihat sertifikat tersebut pada folder File di iOS atau folder file/download pada Android

Demikian cara untuk melakukan pengecekan dan men-download sertifikat vaksin pada Aplikasi SatuSehat. Data dan sertifikat Anda yang sebelumnya sudah ada di aplikasi PeduliLindungi akan otomatis termuat dalam aplikasi SatuSehat.

Leave a Reply