Tips & Tutorial

Cara Cek Tiket Vaksin Booster Pada Aplikasi SatuSehat

Cara cek tiket vaksin booster di Aplikasi SatuSehat masih banyak yang belum mengetahui caranya. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi memperbarui atau mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile pada 1 Maret 2023. Aplikasi SatuSehat Mobile ini memiliki fitur yang lebih banyak.

Sama seperti pada aplikasi PeduliLindungi, pada aplikasi SatuSehat, Anda juga dapat mengecek apakah tiket vaksin booster, baik vaksin booster pertama atau kedua sudah muncul atau belum. Selain itu Anda juga masih dapat melakukan cek dan download sertifikat vaksin.

Untuk Anda yang masih bingung cara melihat atau mengecek tiket vaksin, termasuk tiket vaksin booster pada Aplikasi SatuSehat Mobile, tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan membahas mengenai cara untuk melihat tiket vaksin dan men-downloadnya ke HP milik Anda.

Cara Download Aplikasi SatuSehat

Aplikasi SatuSehat merupakan pembaharuan dari aplikasi PeduliLindungi, sehingga apabila sebelumnya Anda sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi, Anda cukup mengupdate saja aplikasi tersebut melalui PlayStore atau App Store. Apabila Anda menyalakan fitur auto update, ada kemungkinan aplikasi PeduliLindungi milik Anda sudah terupdate dan berubah menjadi SatuSehat.

satusehat mobile

Cara download maupun update Aplikasi SatuSehat adalah sebagai berikut:

  1. Periksa terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi Anda apakah sudah terupdate otomatis atau belum
  2. Jika belum terupdate atau Anda sebelumnya tidak meng-install aplikasi PeduliLindungi, lakukan download Aplikasi SatuSehat
  3. Aplikasi PeduliLindungi akan berganti ke aplikasi SatuSehat saat Anda selesai melakukan update

Cara Cek Tiket Vaksin Booster di Aplikasi SatuSehat

Masyarakat umum sudah bisa melakukan vaksin booster kedua (vaksin dosin ke-4) apabila sudah memenuhi kriteria sudah berusia di atas 18 tahun serta telah memiliki jeda minimal 6 bulan dari vaksinasi terakhir.

Apabila sebelumnya Anda perlu menunggu tiket vaksin keluar terlebih dahulu, namun untuk vaksin booster kedua dapat dilakukan tanpa perlu menunggu tiket keluar. Namun, jika Anda perlu melakukan cek tiket vaksin, baik vaksin terdahulu maupun tiket vaksin booster, dapat dilakukan dengan mudah.

Adapun cara untuk melakukan cek tiket vaksin di aplikasi SatuSehat adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan aplikasi PeduliLindungi Anda sudah terupdate menjadi SatuSehat
  2. Buka aplikasi SatuSehat
  3. Lakukan login dengan akun yang Anda miliki (sama dengan akun PeduliLindungi Anda), baik dengan email atau nomor HP
  4. Pada halaman utama, pilih fitur Vaksin dan Imunisasi
  5. Pilih Tiket Vaksin
  6. Pilih nama yang sesuai untuk dilihat tiket vaksinnya
  7. Halaman berikutnya akan menampilkan seluruh tiket vaksin yang Anda miliki

Anda dapat menyimpan tiket vaksin tersebut sebagai gambar ke dalam HP Anda ataupun mengirimnya ke email yang Anda miliki. Demikian cara untuk melakukan pengecekan dan men-download tiket vaksin pada Aplikasi SatuSehat. Data dan tiket vaksin maupun sertifikat vaksin Anda yang sebelumnya sudah ada di aplikasi PeduliLindungi akan otomatis termuat dalam aplikasi SatuSehat.

Leave a Reply