cara membersihkan keyboard
Tips & Tutorial

8 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Aman Cuma 5 Menit

Membersihkan keyboard laptop adalah cara terbaik untuk jaga kebersihan selama bekerja. Sebuah penelitian di Australia menemukan kalau keyboard laptop punya bakteri 400 kali lebih banyak dibanding toilet.

Rumah sakit di Chicago menemukan kalau bakteri Staphylococcus di keyboard laptop bisa bertahan hingga 3 hari. Kemudian rumah sakit di Belanda juga menemukan bakteri Streptoccocus, Staphylococcus, dan bakteri lain ada di keyboard.

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membersihkan keyboard laptop yang aman dan efektif. Hanya 8 langkah sederhana untuk membersihkan keyboard dengan sempurna.

1. Matikan Laptop

membersihkan keyboard laptop

Sebelum membersihkan keyboard laptop, matikan laptop terlebih dahulu untuk mencegah korsleting. Langkap pertama ini wajib dilakukan untuk mencegah ada cairan masuk ke dalam laptop melalui celah keyboard. Nyalakan kembali laptop ketika keyboard tidak basah atau tidak ada cairan sama sekali.

2. Letakan Laptop dalam Posisi Terbalik

tips membersihkan keyboard dari bakteri

Untuk memudahkan Anda membersihkan keyboard dengan sempurna, letakan laptop dalam posisi terbalik. Ini membuat kotoran yang ada keyboard bisa terjatuh saat dibersihkan.

3. Tekan Keyboard dan Tepuk Bagian Belakang Laptop

Cara ketiga untuk membersihkan keyboard laptop adalah dengan menekan-nekan tombol keyboard. Ini akan membantu kotoran di keyboard bisa keluar dengan mudah.

Untuk membersihkan kotoran yang cukup sulit di keyboard Anda bisa tepuk bagian belakang laptop dengan lembut. Tepuk perlahan agar tidak merusak laptop kesayangan Anda.

4. Gunakan Sikat atau Brush Make Up

cara membersihkan keyboard laptop

Bersihkan sisa kotoran atau debu di antara keyboard laptop dengan sikat lembut atau brush make up. Brush punya bulu sikat yang kecil dan lembut sehingga bisa menjangkau celah pada tombol keyboard. Pastikan setiap bagian tombol sudah disikat dengan baik.

5. Sterilisasi dengan Alcohol Swab

cara membersihkan keyboard

Langkah satu ini cukup penting. Membersihkan keyboard laptop dengan alcohol swab dapat membunuh bakteri dan virus, yang tentunya tidak bisa dibasmi dengan sikat dan vacuum cleaner. Beli Alcohol Swab di Bhinneka.

6. Keringkan dengan Kipas atau Hair Dryer

cara membersihkan laptop

Gunakan hair dryer untuk mengeringkan sisa cairan dari alcohol swab. Jika tidak punya, Anda bisa gunakan kipas tangan atau kipas portable. Pastikan semua bagian keyboard sudah kering sempurna.

7. Pakai Vacuum Cleaner Khusus Keyboard

cara membersihkan keyboard dari bakteri

Vacuum cleaner khusus keyboard punya ukuran kecil. Vacuum cleaner ini bisa bekerja dengan daya listrik dari USB atau baterai. Vacuum cleaner ini bisa menyedot debu di sela-sela keyboard yang tersisa saat proses pengeringan.

8. Nyalakan Kembali Laptop Anda

Sebelum menyalakan kembali laptop, pastikan semua bagian keyboard sudah kering sempurna. Jangan sampai ada sisa cairan agar tidak terjadi korsleting. Jika sudah kering, nyalakan kembali laptop Anda.

Kapan Harus Membersihkan Keyboard Laptop ?

Karena jumlah bakteri dan virus di keyboard laptop sangat banyak, tentu Anda harus mengetahui berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan keyboard laptop. Menurut Science Alert, banyak ahli mikrobiologi merekomendasikan keyboard laptop dibersihkan setiap seminggu sekali.

Para dokter ahli di National Center for Health Research (NCHR) menyarankan keyboard laptop, khususnya laptop di rumah sakit harus dibersihkan lebih sering. Selain itu, pengguna juga disarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan laptop.

Jumlah bakteri di keyboard laptop makin banyak jika laptop digunakan banyak orang. Namun, jika laptop hanya digunakan oleh Anda sendiri, jumlah bakteri mungkin tidak terlalu banyak.

Leave a Reply