menyambungkan hp ke tv
Tips & Tutorial

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Mudah

Mungkin masih banyak dari kita bingung akan cara menyambungkan HP ke TV. Menyambungkan HP ke TV memungkinkan Anda untuk menikmati foto, video dari layar televisi secara bersama atau memainkan musik dari HP melalui TV. Meski HP atau smartphone Anda dapat memutar baik foto, video, atau musik, ada sejumlah alasan kenapa file tersebut ingin diputar di TV.

Menonton video atau film di TV tentu lebih memberikan pengalaman yang menarik dan dapat dinikmati bersama rekan atau keluarga, dibanding melalui layar smartphone yang terbatas. Atau jika Anda sering streaming film, menikmatinya di layar TV lebih nyaman dibandingkan dengan layar HP Anda.

Untuk menyambungkan HP yang Anda miliki ke TV ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menyambungkan langsung via jaringan WiFi, melalui bluetooth atau melalui kabel. Tentunya ada beberapa kondisi agar dapat menyambungkan HP Anda ke layar TV.

Menyambungkan HP ke TV

Anda dapat menghubungkan smartphone Android atau iOS Anda ke TV. Untuk smartphone Android mungkin lebih mudah dibandingkan iOS. Untuk iOS, dapat dilakukan dengan mudah bila Anda menggunakan Apple TV atau Smart TV yang support fungsi Air Play.

apple airplay

Tentunya agar dapat menyambungkan ke TV dengan lancar, diperlukan TV yang setidaknya mendukung koneksi antara HP dan juga TV. Biasanya TV modern sudah memiliki konektivitas yang beragam seperti port USB, port HDMI hingga fitur untuk terkoneksi ke jaringan WiFi.

Memilih Antara Sambungan Wired atau Wireless

HP Anda dapat terhubung baik secara wired / dengan kabel maupun secara nirkabel / wireless. Mana yang lebih baik? Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Apabila Anda terhubung secara wireless, Anda tidak perlu menyambungkan HP dengan kabel. HP juga dapat Anda gunakan dimana saja selama masih dalam jangkauan TV.

Namun, sambungan secara wireless memiliki kekurangan seperti gambar yang mungkin kurang jelas, terkadang terkesan “ngadat” saat streaming karena tergantung pada kualitas sinyal serta tidak semulus apabila disambungkan dengan kabel.

Sebaliknya apabila Anda menyambungkan HP dengan kabel seperti USB atau USB-C to HDMI, kualitas gambar cenderung lebih baik, tidak “ngadat”. Namun smartphone tidak fleksibel untuk dipindah – pindahkan.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Ada beberapa cara untuk menyambungkan HP yang akan dibahas secara singkat dalam artikel ini, yaitu:

  1. Via Screen mirroring
  2. Via Bluetooth
  3. Via Kabel USB

Screen Mirroring

Untuk iOS Anda dapat melakukan screen mirroring atau screen sharing dengan menggunakan fitur Air Play. Air Play memungkinkan Anda untuk menampilkan layar iPhone atau iPad Anda di Apple TV. Apabila Anda tidak memiliki Apple TV, Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah TV yang Anda miliki mendukung fitur Air Play atau tidak.

menyambungkan hp ke tv

Untuk Android, Anda dapat mengecek apakah smartphone dan TV Anda sama – sama mendukung fitur Miracast atau tidak. Jika keduanya memiliki atau support Miracast, maka screen mirroring dapat dilakukan dengan mudah:

  1. Pastikan TV dan HP terhubung ke jaringan WiFi yang sama
  2. Masuk ke setting di TV dan nyalakan screen mirroring
  3. Pada smartphone Android cari pengaturan screen mirroring dan nyalakan screen mirroring
  4. Selanjutnya cari nama atau merek TV Anda dari daftar perangkat yang muncul di HP
  5. Selesaikan koneksi seperti memasukkan input code yang muncul
  6. Connect

Via Bluetooth

Apabila TV Anda mendukung konektivitas via Bluetooth, maka Anda juga dapat menyambungkan HP via bluetooth ke TV. Setiap perangkat TV memiliki cara pengaturan yang sedikit berbeda. Namun umumnya yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Menyalakan Bluetooth pada HP
  2. Masuk ke pengaturan koneksi pada TV
  3. Cari pengaturan bluetooth / nyalakan pengaturan bluetooth
  4. Scan perangkat untuk mencari perangkat HP Anda pada daftar perangkat yang muncul
  5. Add / Connect

Via USB

Merupakan cara yang sederhana dan paling ringkas untuk menghubungkan HP ke TV. Anda dapat memanfaatkan kabel USB untuk menyambungkan HP ke TV. Smartphone Anda akan berfungsi layaknya storage device seperti flashdisk atau harddisk.

Anda tinggal perlu browse ke directory atau folder foto, video, film atau musik yang ada di storage smartphone Anda dan membuka file tersebut untuk ditampilkan di TV.

Leave a Reply