restart hp xiaomi quick ball
Tips & Tutorial

2 Cara Restart Hp Xiaomi Tanpa Menekan Tombol Power

Bagaimana cara restart hp Xiaomi yang benar ? Tahukah Anda kalau mulai ulang hp Xiaomi bisa dilakukan tanpa tekan tombol Power. Selain restart, Anda juga bisa mematikan hp Xiaomi tanpa tombol Daya atau Power. Jika ingin tahu cara restart hp Xiaomi Anda bisa ikuti langkah di bawah ini.

Fungsi Restart

Restart atau mulai ulang adalah sebuah proses untuk mematikan dan menyalakan ulang perangkat secara otomatis. Restart berfungsi menutup semua program yang sedang berjalan di latar belakang. Proses ini menempatkan hp dalam kondisi baru dimulai. Perlu diingat bahwa proses ini memakan waktu cukup lama.

cara mulai ulang hp xiaomi

Kapan kita harus restart hp Xiaomi ? Berikut adalah alasan kenapa Anda harus mulai ulang hp Xiaomi:

  • Saat instal aplikasi baru. Untuk mengatasi kesalahan proses pada sistem operasi
  • Saat performa Hp Xiaomi terasa lambat atau lemot
  • Mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tidak bisa dinonaktifkan
  • Menghapus cache memori yang nyangkut di RAM.

Cara Restart Hp Xiaomi dengan Tombol Power

Hingga saat ini, mulai ulang Hp Xiaomi dan juga kebanyakan hp Android pada umumnya menggunakan tombol Power atau tombol Daya untuk melakukan restart. Tombol Power biasanya berbentuk tombol fisik. Tujuannya agar lebih hemat daya dibanding menggunakan sensor. Daya hanya akan dialirkan ke main board saat tombol Power ditekan.

cara restart hp xiaomi

Selain tombol Power, tombol Volume juga masih dalam bentuk fisik. Saat ini, Xiaomi banyak mengeluarkan produk baru dengan tombol Power yang dilengkapi sensor sidik jari. Jadi, saat tombol ditekan hp dapat membuka kunci layar secara otomatis. Menaruh sensor sidik jari pada tombol Power juga membuat desain hp lebih tipis dan mudah ditekan dengan jempol.

Berikut ini cara restart hp Xiaomi dengan tombol Power:

  1. Matikan aplikasi yang sedang digunakan
  2. Usahakan matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang
  3. Dari Home Screen tekan dan tahan tombol Power
  4. Tekan dan tahan tombol sampai muncul opsi Airplane, Silent, Reboot, dan Power Off
  5. Pilih Reboot
  6. Tunggu proses restart selesai sampai hp Anda nyala kembali.

Kekurangan Restart Hp dengan Tombol Power

Restart smartphone Xiaomi dengan menekan dan tahan tombol Power adalah cara yang paling umum digunakan. Sayangnya cara ini punya kelemahan. Terlalu sering menekan tombol Power membuat daya tahan tombol melemah. Tombol jadi cepat aus dan rusak. Akibatnya, akan menyulitkan Anda untuk mulai ulang hp Xiaomi.

Untuk menghindari kerusakan pada tombol Power, Xiaomi punya fitur khusus untuk me-restart perangkatnya. Fitur itu adalah Bola Pintasan atau Quick Ball. Fitur ini dapat memunculkan menu shortcut ke beberapa fitur. Anda bisa atur shortcut apa yang ingin ditambahkan ke Quick Ball.

Cara Restart Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Bagaimana cara mulai ulang hp Xiaomi tanpa menekan tombol Power ? Untuk mencegah kerusakan tombol Power akibat terlalu sering ditekan, Anda bisa menggunakan fitur Quick Ball atau Bola Pintasan. Berikut ini cara me-restart hp Xiaomi dengan Quick Ball:

restart hp xiaomi quick ball

  1. Dari Home Screen masuk ke menu Settings
  2. Scroll ke bawah sampai ketemu menu Additional Settings
  3. Pilih Quick ball
  4. Aktifkan tombol Turn on Quick ball
  5. Kemudian pilih Select shortcuts
  6. Pastikan Long press the Power button sudah di daftar Shortcut
  7. Jika tidak ada, ganti salah satu menu dengan Long press the Power button
  8. Ketuk Quick ball di sisi kanan layar
  9. Saat muncul opsi Shortcuts pilih tombol dengan logo daya
  10. Kemudian pilih Reboot lalu tunggu proses restart selesai.

Perbedaan Restart dan Power Off

Restart dan Power Off sama-sama mematikan smartphone Xiaomi. Namun secara teknis keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Restart berfungsi untuk mematikan hp dan menyalakannya kembali. Sedangkan Power Off hanya akan mematikan hp saja.

Mulai ulang smartphone Xiaomi wajib dilakukan setelah instal aplikasi agar bisa bekerja baik dengan sistem operasi. Selain itu, mulai ulang hp juga dibutuhkan saat performa hp lemot. Restart akan mengembalikan hp dalam kondisi awal seperti saat pertama kali digunakan. Proses ini akan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mengosongkan RAM.

Itulah cara restart Hp Xiaomi yang mudah dilakukan. Anda bisa gunakan tombol Power untuk restart hp atau gunakan fitur Quick ball untuk mulai ulang hp Xiaomi tanpa menekan tombol Power. Semoga tips ini berguna untuk Anda yang baru beli hp Xiaomi.

Leave a Reply