Tips & Tutorial

Jenis-Jenis Pemasaran yang Harus Dikenal Pelaku Usaha

Pemasaran atau marketing merupakan aktivitas yang punya peran sangat penting dalam sebuah bisnis. Aktivitas ini dapat menentukan arah usaha atau perusahaan Anda apakah bisa bertahan atau tidak. Sekarang Jenis pemasaran hadir dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Pemasaran sendiri secara istilah memiliki arti sebagai sebuah proses atau aktivitas manajerial. Kegiatan ini akan membuat individu atau kelompok melakukan promosi sebuah produk atau jasa sehingga dikenal orang banyak. Berikut adalah Jenis-Jenis pemasaran :

Jenis-Jenis Marketing

1. Jenis Pemasaran Branding

Branding merupakan jenis pemasaran yang berkaitan dengan target pasar. Setiap produk tentu punya target atau kalangan tertentu untuk bisa menggunakan barang tersebut. Branding memiliki fungsi agar produk atau layanan tersebut mudah orang kenal sehingga penjualan produk atau jasa bisa meningkat.

Aktivitas pemasaran branding ini memiliki sifat iklan jangka panjang. Misalnya Anda memiliki usaha di pembuatan produk kecantikan khusus perawatan kulit, apabila pemasaran branding sukses, maka setiap orang yang mengalami masalah kulit otomatis akan langsung mengangkat brand tersebut dan membelinya untuk atasi permasalahan kulitnya.

2. WoMM atau Word of Mouth Marketing

WoMM memiliki arti sebagai sebuah informasi produk yang konsumen dapatkan. Sesuai dengan maknanya Word of Mouth marketing akan menyebarkan informasi produk atau jasa dari mulut ke mulut antara konsumen. Aktivitas ini bisa berlangsung secara verbal maupun secara langsung.

Aktivitas pemasaran WoMM atau mulut ke mulut ini juga memiliki peran penting dalam membangun citra perusahaan penyedia produk atau jasa. Apabila sebaran informasi dari mulut ke mulut ini positif, maka masa depan dan prospek produk Anda akan sangat baik karena punya image bagus di mata para pelanggan. Akan ada lebih banyak customer yang datang jika WoM nya berjalan baik.

3. Public Relation Marketing

PR Marketing atau Public Relation Marketing juga jadi jenis pemasaran yang punya peran penting dalam kelangsungan citra perusahaan atau produsen produk barang dan jasa. Aktivitas ini biasanya terjadi ketika beberapa perusahaan atau produsen menjalin hubungan dengan lembaga lainnya.

Terkadang kegiatan ini juga melibatkan produsen atau pelaku usaha dengan beberapa media. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran sebuah produk dan jasa. Pemasaran ini akan melakukan pemasaran dengan cara memberikan pengalaman secara langsung kepada para pelanggan sehingga merasakan keuntungan dari produk tertentu.

4. Jenis Pemasaran Iklan Siaran

Jenis Pemasaran iklan siaran sejauh ini merupakan jenis yang sangat efektif. Iklan siaran ini dapat Anda lakukan melalui Radio. Media satu ini memang menjadi salah satu platform iklan siara berbayar yang sangat efektif meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa.

Selain menggunakan platform radio, kini iklan siaran sudah hadir dengan bentuk lain seperti lewat TV. Iklan siaran memang memiliki potensi besar dalam memperkenalkan sebuah produk ke public secara cepat. Media Radio dan TV memang jadi salah satu tempat di mana banyak orang berkumpul menyaksikannya, jadi iklan ini akan membuat jangkauan pasar dalam bisnis lebih luas.

5. MLM atau Multi Level Marketing

Jenis pemasaran yang juga terbilang efektif di zaman sekarang adalah MLM. Multi Level Marketing merupakan bentuk penjualan secara langsung yang melibatkan banyak individu. Perusahaan akan bertindak sebagai perekrut serta sekaligus menjual jasa dan barangnya.

Biasannya produsen atau pemilik produk barang dan jasa akan menawarkan sistem member dengan pembelian barang diskon. Hal ini terus berlanjut dari konsumen ke konsumen sehingga membentuk sebuah network marketing berupa primadi komisi.

6. Online Marketing

Semenjak Internet memasuki lini kehidupan manusia modern, banyak aktivitas dapat orang lakukan termasuk pemasaran. Jenis pemasaran Online menjadi salah satu yang efektif di era sekarang karena hampir semua orang menggunakan jaringan internet saat ini.

Online marketing semakin para pelaku usaha percaya berkat hadirnya sosial media, website, sampai dengan iklan lewat email. Aktivitas marketing lewat sosial media seperti Youtube, Instagram, Tikok atau email marketing seperti Gmail sekarang sangat populer dan terbukti dapat meningkat penjualan barang atau jasa secara signifikan. 

Leave a Reply