Kamera analog dan Kamera IP
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

CCTV vs IP Camera: Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

Saat ini ada dua jenis kamera pengawas yang biasa digunakan di rumah atau perkantoran. CCTV (Closed-Circuit TV) atau biasa disebut kamera analog dan IP Camera adalah dua jenis kamera pengawas yang berfungsi mengirim video ke tujuan yang diinginkan. Apa bedanya CCTV vs IP Camera ?

CCTV mengubah sinyal video ke format yang bisa diputar di TV, VCR, dan DVR. Kamera IP mengubah video jadi paket data lalu dikirim ke jaringan internet, seperti: server, NAS, atau disimpan di kamera. Kamera IP punya keuntungan tambahan karena menggunakan jaringan internet sehingga bisa memperluas jangkauan kamera melebihi CCTV.

Baik CCTV dan IP Camera sering digunakan untuk mengawasi aktivitas orang di dalam bangunan, mengawasi barang berharga di rumah, sampai dijadikan alat bukti jika terjadi tindak kriminal di dalam rumah atau kantor. Keduanya dapat mengawasi rumah tanpa batasan ruang dan waktu.

Perbedaan CCTV vs IP Camera

Kepanjangan CCTV adalah Closed-Circuit TV atau televisi sirkuit tertutup. Dulu sistem kamera CCTV lebih murah dibanding IP Camera. Namun saat ini, harga CCTV dan IP Camera hampir setara. Nyatanya total biaya kepemilikan kamera CCTV lebih tinggi jika dibandingkan umur sistem. Apa saja perbedaan kamera CCTV vs IP Camera ?

Konektivitas

Perbedaan kamera CCTV dan IP Camera adalah CCTV menggunakan kabel coaxial dan kabel listrik. Sedangkan, IP Camera menggunakan kabel jaringan standar (WiFi Cat 5e atau Cat 6). Dengan berbekal saklar atau injektor PoE, kamera IP bisa mengirim video melalui satu kabel. Jumlah kabel lebih sedikit sehingga bisa mengurangi biaya pemasangan dibanding CCTV.

Kamera analog dan Kamera IP

Kualitas Gambar

Dari hasil tangkapan gambar, kamera CCTV sering salah menangkap warna sehingga kadang ada warna hitam dan putih yang tercampur. Resolusi gambar CCTV masih kalah dibanding IP Camera. Resolusi kamera CCTV atau biasa disebut analog biasanya tidak sampai 0.5MP. Kamera IP ada yang memiliki resolusi 1.3MP, 2MP, sampai 5MP, semakin tinggi semakin bagus gambarnya.

Perbedaan CCTV vs IP Camera

Kelebihan lain dari IP Camera adalah punya luas pandang lebih besar dibanding kamera CCTV. Satu kamera IP beresolusi 2MP setara dengan enam kamera CCTV. Dengan begitu Anda bisa mengurangi jumlah kamera IP yang perlu dipasang di dalam bangunan, dibanding kamera analog. Biaya pasang juga lebih mudah jadi bisa mengurangi total biaya kepemilikan.

Fitur Pendukung

Zoom digital adalah fitur kamera IP yang tidak dimiliki CCTV. Fitur zoom secara digital dapat memperbesar video langsung dan rekaman untuk melihat objek lebih detail. Fitur ini sangat berguna untuk investigasi jika terjadi tindak kriminal di dalam kantor. Semakin besar resolusi kamera IP, semakin jelas hasil gambar setelah di-zoom. Resolusi gambar tinggi juga dapat membaca plat nomor kendaraan dan wajah orang lebih baik.

Kelebihan kamera analog vs kamera IP

Kamera IP memiliki prosesor khusus yang membuatnya bisa mendeteksi gerakan, deteksi garis, rentang dinamis lebar, dan kemampuan menangkap di cahaya rendah. Kelebihan ini memungkinkan kamera IP menyesuaikan tangkapan gambar di berbagai kondisi.

Akses Perangkat

Fitur lainnya yang tak ada di CCTV adalah kamera IP bisa diakses melalui berbagai browser dan gadget. CCTV biasanya hanya diakses lewat laptop berbasis Windows. Sedangkan, IP Camera bisa diakses dari banyak tipe browser lainnya, seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. IP Camera juga bisa diakses melalui smartphone dan tablet Android dan iPhone atau iPad.

Kemampuan Perluasan Sistem

Ekspansi sistem kamera CCTV lebih mahal dibanding IP Camera. Alasannya karena keterbatasan DCR dalam sistem CCTV. Kebanyakan DVR dibatasi untuk 4, 8, 16, sampai 32 kamera CCTV. Jika ingin menambah jumlah kamera, Anda perlu perlu DVR tambahan. Sedangkan, pengguna kamera IP hanya perlu menambah kapasitas penyimpanan tambahan ke penyimpanan awal. Harga hardisk untuk CCTV lebih murah dibanding DVR baru sehingga biaya keseluruhan sistem lebih murah.

Kelebihan Kamera CCTV

Berikut ini beberapa kelebihan CCTV dibanding IP Camera:

  • Tidak membutuhkan pengetahuan khusus untuk memasangnya
  • Harga masih lebih murah dibanding IP Camera
  • Harga DVR semakin murah
  • Konfigurasi peralatan dan seting lebih mudah
  • Kualitas gambar lebih hidup dan gerakan objek lebih nyata.

Kekurangan Kamera CCTV

Berikut ini beberapa kekurangan CCTV dibanding IP Camera:

  • Instalasi kabel lebih rumit karena jumlah kabel lebih banyak
  • Harga kabel coaxial dan konektor lebih mahal dibanding kabel UTP dan RJ-45
  • Kabel lebih banyak untuk daya, data, dan video
  • Hasil tangkapan gambar mudah dipengaruhi noise
  • Peralatan pendukung dalam sistem CCTV lebih banyak.

Kelebihan IP Camera

Inilah kelebihan kamera IP daripada CCTV (kamera analog):

  • Instalasi kabel lebih ringkas
  • Total biaya kabel, konektor, dan material pembantu lebih murah
  • Lebih tahan dari gangguan noise dan interfensi
  • Lebih aman dari penyadapan jika ditransmisi lewat wireless
  • Peralatan pendukung untuk sistem IP lebih sedikit
  • Teknologi IP Cam terus berkembang, makin banyak fitur menarik di masa depan.

Kekurangan IP Camera

Inilah kekurangan kamera IP daripada CCTV (kamera analog):

  • Membutuhkan pengetahuan tentang jaringan LAN dan internet
  • Seting dan pengaturan kamera lebih rumit
  • Harga kamera ditambah PoE (Power over ethernet) lebih mahal
  • Varian perangkat NVR (Network Video Recorder) masih terbatas dan mahal
  • Software pendukung untuk NVR masih mahal
  • Membutuhkan perencanaan bandwidth saat memasang IP Camera
  • Gerakan objek di IP Camera yang murah lebih lambat atau patah-patah
  • Harus beli kamera IP yang mahal untuk dapat hasil gambar terbaik.

Kesimpulan

Membandingkan CCTV vs IP Camera kini jadi lebih mudah. Kualitas kamera IP kini menjadi standar dalam kamera pengawas. Fitur-fitur canggih yang terus berdatangan, kemudahan skalabilitas, dan total biaya kepemilikan lebih murah membuat IP Camera jadi pilihan yang lebih baik ketimbang CCTV.

IP Camera bisa terhubung melalui koneksi WiFi ke NVR sehingga tidak repot saat pemasangan. Berbeda dengan CCTV atau kamera analog yang lebih rumit. Anda harus hubungkan CCTV ke DVR lewat kabel. Setelah kamera CCTV terpasang dengan benar, Anda harus perbaiki kerusakan estetika rumah saat proses instalasi.

Bhinneka melayani jasa instalasi CCTV dan IP Camera di rumah atau kantor. Jasa instalasi kamera pengawas bisa digabung dengan survei pemasangan untuk memudahkan Anda mengawasi berbagai sudut bangunan, dan tak ada bagian yang terlewatkan. Segera konsultasikan kebutuhan instalasi CCTV dan IP Camera melalui:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply