Bhinneka News

Foxconn siap memindahkan produksi Apple dari China bila diperlukan

Perang dagang yang saat ini terjadi antara United States dan China mungkin akan berdampak dan lebih banyak menyusahkan bagi Apple dengan keadaan tersebut, karena AS mengancam Beijing akan mengenakan tarif baru pada barang-barang China senilai $ 300 miliar, termasuk iPhone dan iPad buatan Foxconn. AS telah mengenakan tarif pada beberapa aksesoris yang dijual Apple, tetapi hal tersebut hampir tidak berdampak signifikan karena tidak memiliki nilai yang terlalu tinggi. IPhone tentu saja merupakan cerita yang berbeda dan setiap tarif tambahan akan menghasilkan kenaikan harga untuk para penggunanya.

Menanggapi hal itu, seorang eksekutif senior di pabrik Taiwan Foxconn mengatakan bahwa perusahaannya dapat memindahkan produksi iDevices untuk pasar AS di luar China, jika diperlukan. Foxconn merupakan mitra manufaktur utama bagi Apple. Kepala divisi semikonduktor Young Liu mengatakan bahwa 25% dari kapasitas produksi diposisikan di luar China dan perusahaan siap membantu Apple karena memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar AS dan Apple sendiri belum berencana untuk memindahkan produksi.

Foxconn memiliki pabrik di Chennai, India, tetapi pabrik itu masih hanya menjalankan tes dan tidak memproduksi smartphone dalam arti sebenarnya untuk Apple. Saat ini, hanya Wistron yang merakit iPhone di India dan kebanyakan model lama seperti iPhone 6s.

Leave a Reply