Tips & Tutorial

Genggaman Tangan dan Kualitas Hidup

Kekuatan genggaman tangan menurut penelitian yang dipubikasi dalam Canadian Medical Association Journal pada 2010 ternyata memiliki hubungan dengan kualitas hidup seseorang. Menurut jurnal tersebut, penurunan kekuatan genggaman tangan berakibat pada penurunan kekuatan tubuh secara keseluruhan, yang akan mempengaruhi seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan kualitas hidup.

Kamu bisa mempertahankan atau meningkatkan kekuatan genggaman tangan dengan melatih pergelangan tangan secara rutin melalui rutinitas latihan normal atau dengan menggunakan alat yang murah.

Grip Tangan
Hand grip berbentuk seperti hurup V berukuran sekitar tiga hingga lima inci dengan dua gagang yang dihubungkan dengan pegas pada bagian ujungnya. Kamu memegang kedua gagang dengan satu genggaman kemudian meremas jari dan ibu jari bersamaan dengan berupaya melawan gaya pegas. Menurut situs GripFAZ.com, penggunaan grip tangan membutuhkan ibu jarid an pergelangan tangan yang kuat bukan kekuatan seluruh tangan.

Bola Tenis
Menurut situs Tuft University Growing Stronger untuk orang tua, bola tenis dapat membantu memperkuat genggaman tangan mereka. Pusat rongga bola membuat bola fleksibel dan responsif terhadap remasan tangan. Cukup menahan bola dengan satu tangan dan meremasnya dengan kuat selama tiga hingga lima detik. Regangkan pegangan sebentar kemudian ulangi kembali hingga 10 kali sebelum beralih ketangan lain.

Dumbbell/Barbel Ringan
Kekuatan genggaman muncul selama mengikuti permainan olahraga ketika melempar bola, mengayunkan tongkat atau mengatasi lawan. Lakukan latihan yang akan meningkatkan kekuatan genggaman tangan, sekaligus meningkatkan kekuatan pergelangan tangan dan lengan bawah.

Kamu bisa menggunakan barbel ringan untuk melakukan latihan ini. Misal, duduk dibangku sambil memegang barbel ditangan. Letakkan tangan kanan dipaha dengan telapak tangan menghadap keatas. Tekuk pergelangan tangan kearah lantai dan perlahan luruskan jari-jari kamu, yang memungkinkan barbel menggulung kebawah tangan. Sebelum barbel terjatuh, tekuk jari-jari kamu keaarah telapak tangan untuk menarik barbel kembali kepergelangan tangan. Kencangkan lengan kamu dan ringkuk pergelangan tangan keatas hingga telapak tangan menghadap tubuh kamu. Ulangi latihan ini 10 hingga 12 kali dengan masing-masing tangan.

Bila belum memiliki alat latihan memperkuat genggaman tangan, kunjungi Bhinneka.com dan kamu bisa memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply