Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mau Usaha Tempat Fitness? Berikut 7 Alat Gym Yang Harus Tersedia

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas positif yang membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Akan tetapi cukup banyak orang yang masih berat melangkahkan kaki ke GYM atau tempat fitness, salah satu alasannya karena belum mengenal dengan baik Alat-Alat Gym. Untuk itulah penting mengetahui jenis-jenis alat gym ini agar bisa mengoperasikan secara baik.

Ketika pergi ke pusat kebugaran, Anda akan menemukan berbagai alat kebugaran. Setiap alat olahraga atau gym di pusat kebugaran ini di desain untuk kebutuhan masing masing sehingga fungsinya berbeda beda. Berikut adalah beberapa jenis alat-alat gym.

1. Stationery Bicycling

Alat Gym Stationery Bicycling

Alat gym sepeda statis merupakan salah satu jenis alat gym yang sering ada di pusat kebugaran. Stationary Bicycling ini biasanya menjadi alternatif untuk mesin treadmil atau dayung dalam latihan kardio dan membantu melatih otot perut serta kaki.

Latihan sepeda statis bisa membantu seseorang menurunkan berat badan dan kolesterol pada wanita jika kelebihan berat badan. Untuk menggunakan alat ini cukup mudah, Anda hanya perlu duduk di atasnya mengatur tingkat resistance sesuai kemampuan dan mulai mengayunkan pedal sepedanya.

2. Pec Deck Machine

Pec Deck Machine

Apabila Anda ingin melatih otot dada, maka pec deck machine menjadi salah satu pilihan terbaik. Jenis alat gym satu ini aman digunakan untuk pemula karena memang minim resiko cedera. Pembentukan otot dada dan bahu dapat seseorang lakukan dengan memanfaatkan alat ini.

Alat ini sering sekali muncul di pusat kebugaran karena cukup populer. Untuk menggunakannya pengguna cukup duduk menghadap belakang dan menekuk siku hingga 90 derajat di pertengahan dada. Kemudian dorong gagang sampai ke depan wajah buka lengan saat menarik alat ini.

3. Leg Press Machine

Leg Press Machine

Selanjutnya adalah leg press machine untuk membantu seseorang melatih otot tubuh bagian bawah. Pengguna alat ini akan memanfaatkannya untuk menguatkan otot bagian bawah khususnya latihan paha dan bokong.

Alat gym Leg Press machine termasuk yang sering muncul di pusat kebugaran. Penggunaannya cukup mudah yaitu pertama tama Anda harus menentukan seberapa berat beban yang ingin dilatih. Kebanyakan pemula menggunakan konsep setengah dari berat badan, misal 80 KG berarti 40 kg. Jika sudah barulah duduk di bangku kemudian perlahan mendorong beban dengan kedua kaki.

4. Lat Pulldown Machine

Lat Pulldown Machine

Ada juga alat gym dengan nama Pulldown Machine dengan kemampuan yang cukup baik dalam memperkuat otot punggung. Alat ini memang cukup terkenal dan penggunaannya bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh.

Untuk menggunakan alat ini juga tidak sulit Anda cukup duduk di bangku kemudian menggenggam palang dengan kedua tangan selebar bahu. Tarik palang ke arah dada selanjutnya perlahan lahan Kembali ke posisi awal.

5. Treadmill

Treadmill

Mungkin hampir semua orang sudah familiar dengan alat gym treadmill. Alat ini memang sangat efektif dan luar biasa dalam membantu untuk melakukan Latihan kardio seperti berjali, jogging, dan jalan di tempat. Dengan alat ini seseorang bisa memperkuat otot betis dan paha serta meningkatkan keseimbangan.

Rutin berolahraga menggunakan treadmill juga meningkatkan ketahanan tubuh. Untuk penggunaan sendiri, alat ini cukup mudah dan simpel, seseorang cukup berdiri di atas treadmillnya lalu mengatur kecepatan sesuai kebutuhan.

6. Elliptical Machine

Elliptical Machine

Kemudian ada alat gym bernama Elliptical Machine atau mesin elips. Ini merupakan salah satu alat gym yang membantu dalam berolahraga kardio. Umumnya alat ini ada di pusat pusat kebugaran dan bisa mensimulasikan Latihan berlari ataupun berjalan.

Mesin elips sendiri menawarkan dua pedal dan pegangan yang bisa pengguna manfaatkan untuk bergerak naik turun. Selain melatih kekuatan otot kaki pengguna juga bisa melatih kekuatan otot tangan dengan menggunakan alat satu ini.

Untuk menggunakannya cukup mudah Anda cukup berdiri di atas mesin dengan kedua kaki terbuka kurang lebih selebar bahu. Kemudian ayunkan kedua kaki Anda ke depan serta belakang secara bergantian. Tentunya tangan akan mengikuti untuk menjaga keisimbangan.

7. Rowing Machine

Rowing Machine

Rowing machine atau alat gym mendayung ini juga cukup populer di pusat kebugaran. Sama seperti namanya alat ini membantu Anda untuk melakukan Gerakan seperti mendayung perahu. Umumnya alat ini orang gunakan untuk latihan koordinasi tubuh.

Melatih koordinasi tubuh ini sangat penting mulai dari otot paha, lengan, inti perut, dan betis. Rowing machine juga menawarkan tempat duduk lengkap dengan rel yang memudahkan pengguna bergerak mundur dan maju selama melakukan Latihan Gerakan mendayung.

Butuh Pengadaan Alat Gym? Bhinneka Adalah Solusinya

Anda butuh pengadaan alat gym untuk usaha tempat fitness? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman perlengkapan fitness terbaru atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply