Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal Karakteristik 5 Jenis Alat Musik Modern

Untuk Anda yang tertarik dengan dunia seni musik modern, terlebih lagi bagi anda yang ingin memulai usaha toko alat musik, tentunya wajib hukumnya mengenali berbagai macam alat musik zaman sekarang. Perkembangan musik modern di mancanegara maupun Indonesia sangatlah pesat. Kondisi ini membuat banyak sekali lahir jenis alat musik modern. Maka dari itu mengenalnya merupakan tugas utama ketika hendak mempelajarinya.

Kenapa Mempelajari Alat Musik Modern ?

Sebagai salah satu elemen dari masyarakat modern tentu mempelajari alat musik terbaru adalah hal yang harus Anda lakukan jika tertarik di industri ini. Suara dan juga harmoni dari musik modern memang sangat indah. Apalagi dengan perpaduan teknologi zaman sekarang hasil dari musik ini tersampaikan dengan sangat baik.

Meskipun alat musik modern sekarang sedang naik daun, akan tetapi eksistensi alat musik tradisional juga meningkat. Sebagai seorang pemula melihat tingkat kesulitannya memang sangat bagus jika mempelajari dan mengenal jenis alat musik keduannya. Akan tetapi sangat bagus jika pelajari alat musik modern terlebih dahulu.

Selain mudah menggunakannya, alat musik modern juga tidak sulit mendapatkannya beda dengan tradisional. 

Beberapa Jenis Alat Musik Modern

Alat musik modern adalah sebuah benda yang dapat menimbulkan bunyi dan proses pembuatannya sangat cepat karena ada campur tangan teknologi. Berkat kolaborasi kepintaran manusia dan teknologi terciptalah berbagai jenis alat musik modern dengan berbagai macam suara menarik. berikut adalah beberapa jenis alat musik modern saat ini :

1. Gitar Listrik atau Elektrik

Jenis Alat Musik Gitar Elektrik

Hampir semua musisi baik amatir maupun profesional memiliki gitar listrik. Ini merupakan salah satu alat musik yang memberikan nuansa baru dari sebuah gitar biasa. perbedaan terlihat pada lubanng giatarnnya.

Gitar listrik atau elektrik tidak memerlukan lubang untuk mengeluarkan suara seperti gitar biasa. Karena setiap bunyi yang keluar dari alat ini berasal dari aliran listrik. Biasanya gitar listrik akan terhubung dengan sebuah speaker untuk mengeluarkan suaranya.

2. Drum Elektrik

YAMAHA Drum Elektrik DTX 542

Baru baru ini para pemain drum mulai membeli alat musik modern drum elektrik. Alat satu ini memang menarik dan juga memiliki desain unik. Drum elektrik memiliki bunyi dan suara yang hampir sama dengan suara drum tradisional dengan pengaturan speaker yang sesuai.

Drum set elektrik sekarang sangat populer dan mulai orang gemari. Alat ini terdiri dari tom-tom, bass drum, snare drum, sampai dengan cymbal. Semua perangkat ini dapat menimbulkan suara yang benar benar bagus dan baik.

3. Saxophone

Saxophone

Mungkin banyak yang masih asing dengan alat satu ini. Saxophone memang menjadi alat musik tiup yang terbuat dari logam. Bentuk dan tampilannya memang sangat elegan dan terlihat sangat mahal. Selain itu bunyi dari alat ini benar benar memunculkan nuansa berkelas. Beberapa orang bahkan mengatakan jika bunyi benar benar menggoda.

Kebanyakan orang menggunakan alat musik saxophone untuk memainkan permainan musik bergenre jazz dan sejenisnya. Alat musik ini benar benar populer dan juga mengeluarkan suara sangat merdu. Banyak orang menyukai suara dari saxophone dan membuat berbagai lagu dengan melibatkan suaranya.

4. Keyboard

KORG Keyboard Arranger PA300 Indonesia Version

Keyboard jadi salah satu alat musik modern dengan fungsi yang cukup lengkap. Keyboard memang memiliki tampilan mirip dengan piano. Akan tetapi suara dan juga nada dari alat satu ini membutuhkan tenaga listrik. Biasanya orang memaksimalkan suaranya dengan menghubungkannya ke speaker besar.

Hasil nada yang keluar dari keyboard cukup menarik dan juga banyak orang sukai, tidak hanya itu. Alat musik satu ini juga mampu mengiringi berbagai jenis atau genre musik secara baik. Tidak heran banyak yang menyukainya terutama pada beberapa acara pernikahan di Indonesia.

5. Biola

CAVALIERS Biola CV-700 3 4

Biola merupakan salah satu alat musik modern yang bentuknya memiliki kemiripan dengan gitar. Alat musik ini bisa berbunyi ketika penggunaannya melakukan gesekan pada senarnya. Hasil suara dari alat musik modern ini cukup menarik dan sangat indah.

Keindahan suara dari biola memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Kebanyakan lagu yang melibatkan alat musik ini akan terdengar indah dan merdu. Sekarang cukup banyak menggunakan alat ini dengan menyambungkan ke listrik sehingga hasil suaranya sangat bagus.

Demikian pembahasan singkat tentang jenis alat musik modern. Bagi anda yang berminat untuk membeli, silakan kunjungi halaman daftar alat musik di Bhinneka untuk cek harga terbaru dan ketersediaan.

Leave a Reply