Tips & Tutorial

Jenis dan Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Manfaat oatmeal untuk kesehatan sangat beragam, sehingga tidak heran apabila makanan sehat yang satu ini digemari dan banyak digunakan atau diolah sebagai bahan makanan sehat. Oatmeal sendiri penyajiannya dapat disajikan dengan buah seperti berry, kacang – kacangan, biji – bijian hingga yoghurt.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sejumlah manfaat dari oatmeal untuk kesehatan, ada baiknya kita mengenal lebih lanjut dulu mengenai oatmeal dan bermacam jenisnya.

Jenis dan Macam Oatmeal

Oatmeal berasal dari tumbuhan oat yang masih satu keluarga dengan gandum. Oat memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain kandungan serat, oat juga mengandung sejumlah enzim yang bermanfaat untuk kesehatan. Oat sendiri disebut juga sebagai makanan paling sehat di dunia karena oat bebas gluten serta merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

jenis oatmeal

Anda mungkin sering menemukan oat siap masak ataupun oat instant yang banyak dijual di minimarket atau supermarket. Cara pengolahan yang terbilang praktis seperti cukup dimasak dalam waktu singkat atau diseduh air panas membuat oatmeal menjadi salah satu makanan yang disukai.

Namun perlu Anda ketahui, ternyata oatmeal sendiri ada berbagai macam jenisnya:

  1. Steel Cut Oatsmerupakan jenis oat yang berbentuk butiran dan memiliki gizi paling tinggi dibandingkan jenis oat lainnya.
  2. Rolled Oats merupakan oat yang sudah dikupas dan dikukus serta bentuknya pipih karena sudah digilas. Cara mengkonsumsinya dengan merebus oat ini selama 10 menit.
  3. Quick Cook Oats merupakan jenis oat yang dapat dimasak secara cepat dengan cara merebusnya selama 5 menit.
  4. Instant Oats, merupakan jenis oats yang paling praktis dan pembuatannya juga cukup diseduh air panas saja dan tunggu beberapa menit.

Manfaat Oatmeal untuk kesehatan

Oatmeal, apapun jenisnya, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oatmeal mengandung antioksidan tinggi, khususnya polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta melancarkan aliran darah.

Untuk lengkapnya, berikut ini berbagai macam manfaat oatmeal untuk kesehatan:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang dapat membantu untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Konsumsi oatmeal secara rutin setiap hari dapat membantu untuk menjaga tingkat kolestrol dalam tubuh agar tetap normal dan meningkatkan jumlah kolestrol baik dalam tubuh.

Mengurangi Gula Darah

Selain menurunkan kolesterol jahat atau LDL, oatmeal juga dapat membantu untuk mengurangi gula darah. Kandungan serat larut atau beta glukan dapat membantu meningkatkan respon insulin dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil

manfaat oatmeal untuk kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal mengandung serat yang tinggi serta rendah kalori. Mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat membantu seseorang untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan. Selain itu mengkonsumsi oatmeal juga membuat seseorang cenderung merasa kenyang, sehingga porsi makan dapat lebih mudah terkontrol.

Mendukung Bakteri Baik di Saluran Pencernaan

Serat serta kandungan beta glukan dalam oatmeal juga dapat membantu menjaga kondisi kesehatan pencernaan. Kandungan oatmeal dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga usus menjadi lebih sehat.

Menghilangkan dan Mencegah Sembelit

Oatmeal merupakan makanan tinggi serat. Kandungan serat yang tinggi ini dapat membantu untuk mencegah dan menghilangkan sembelit yang diderita.

Demikian sejumlah manfaat dari mengkonsumsi oatmeal yang perlu Anda ketahui. Selain dimakan secara polos, Anda juga dapat menambah variasi seperti buah atau kacang – kacangan pada oatmeal agar lebih nikmat. Namun pastikan sejumlah topping yang Anda tambahkan tidak berlebih hingga merusak atau menghilangkan kandungan gizi maupun manfaat kesehatan pada oatmeal

Leave a Reply