Info Bisnis Tips & Tutorial

Gejala Asam Lambung Naik dan Cirinya

Gejala asam lambung atau ciri dari penyakit ini biasanya berupa munculnya rasa terbakar di dada, akibat dari asam lambung naik ke kerongkongan. Selain ciri utama tersebut, ada beberapa gejala asam lambung naik.

Namun sebelum melihat apa saja gejala dari penyakit asam lambung, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu penyakit asam lambung dan penyebabnya.

Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dikenal juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit atau kondisi dimana asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. Penyakit ini dapat dialami baik oleh anak – anak atau dewasa serta pria atau wanita.

Penyakit ini meskipun tidak berbahaya namun perlu mendapat perhatian khusus dan konsultasikan ke dokter. Ini untuk mencegah munculnya komplikasi lain akibat GERD ini. Berbagai komplikasi akibat penyakit asam lambung misalnya:

  1. Peradangan pada saluran kerongkongan
  2. Penderita sulit menelan
  3. Esofagus Barrett yang berisiko memicu kanker esofagus

Penyebab GERD

Asam lambung dapat ke kerongkongan disebabkan karena otot kerongkongan bawah (LES) melemah. Kerongkongan memiliki katup yang memisahkan saluran pencernaan dengan kerongkongan. Katup akan terbuka saat makanan masuk dan kembali tertutup setelah dilewati makanan.

asam lambung naik

Apabila otot LES melemah, katup tidak dapat menutup sempurna atau terkadang terbuka. Akibatnya asam lambung ke kerongkongan melalui celah katup tersebut.

Selain karena masalah katup yang melemah, ada beberapa penyebab lain naiknya asam lambung yang umum terjadi, yaitu:

  1. Beberapa jenis minuman seperti teh atau kopi dapat menaikkan asam lambung
  2. Setelah makan langsung tiduran
  3. Makan terlalu banyak dalam satu waktu
  4. Penderita obesitas dapat memicu penyakit asam lambung
  5. Merokok
  6. Wanita hamil juga lebih berisiko terkena penyakit asam lambung

Gejala Asam Lambung Naik

Pada saat asam lambung naik, biasanya menimbulkan sejumlah gejala. Gejala tersebut dapat memberikan efek berbeda tergantng gejala yang dialami. Adapun beberapa gejala akibat asam lambung naik antara lain

Heartburn

Adalah sensasi panas seperti terbakar yang dirasakan di dada. Sensansi ini muncul akibat naiknya asam lambung dari pertu ke kerongkongan. Heartburn yang dirasakan oleh penderita bisa berupa heartburn yang ringan hingga yang sakit tidak tertahankan.

Ada Rasa Asam / Pahit di Mulut

Salah satu gejala umum dan sering dirasakan juga saat asam lambung naik ke kerongkongan. Biasanya penderita dapat merasakan sedikit asam atau ppahit pada mulut ata tenggorokan. Rasa asam atau pahit ini juga kadang disertai rasa panas di tenggorokan.

Dispepsia

Adalah masalah pencernaan dimana ada rasa tidak nyaman pada bagian tengah atau atas perut. AKibat dari dispepsia, biasanya penderita akan merasakan mual, sakit perut, perut terasa kembung, begah.

Sakit Tenggorokan

Asam lambung yang naik dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan apabila sering berulang. Akibatnya penderita dapat mengalami sakit tenggorokan, suara serak dan masalah pada tenggorokan lainnya

Selain gejala – gejala di atas, asam lambung juga dapat menimbulkan berbagai keluhan lain seperti seseorang sering bersendawa terutama setelah makan, maag, merasa sesak napas, hingga mulut terasa asam akibat cairan asam lambung yang naik ke tenggorokan.

Untuk mencegah komplikasi atau akibat parah dari GERD ini, maka diperlukan konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat sesuai dengan gejala yang dirasakan. Biasanya dokter akan menyarankan untuk merubah gaya hidup seperti tidak langsung tiduran setelah makan, tidak makan berlebihan, tidak merokok.

Pemberian obat – obatan juga dapat dilakukan terutama untuk meringankan maag serta obat yang dapat menurunkan produksi asam lambung.

Leave a Reply