X

Jenis dan Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh & Mata

Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh tentu sangat banyak dan tidak perlu diragukan lagi. Vitamin A memiliki banyak kegunaan mulai dari menjaga kesehatan mata hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin A sendiri banyak terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Setiap individu membutuhkan asupan vitamin A yang berbeda – beda yang biasanya didasarkan pada usia, jenis kelamin, hingga diet individu tersebut.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis vitamin A, kegunaan dari vitamin A hingga sumber makanan yang mengandung vitamin A.

Jenis Vitamin A

Vitamin A atau yang dikenal juga dengan sebutan retinol atau asam retinoik dapat dibedakan berdasarkan sumber asalnya. Yang dimaksud dengan sumber asal disini adalah apakah vitamin A tersebut berasal dari produk hewani atau nabati (tumbuhan).

Vitamin A yang berasal dari produk hewani atau mengandung unsur hewani disebut dengan retinoid. Sedangkan vitamin A yang berasal dari buah – buahan serta sayuran (nabati) dan tidak mengandung zat hewani disebut dengan Beta Karoten / Karotenoid.

Baik vitamin A yang berasal dari tanaman maupun hewan sama – sama merupakan nutrisi yang esensial untuk tubuh dan dapat menunjang kesehatan/

Manfaat Vitamin A

Vitamin A mungkin sangat dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan mata dan penglihatan. Namun di luar itu, vitamin A mengandung sifat anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh karenanya vitamin A juga berguna untuk menjaga sistem imun dalam tubuh, menjaga kesehatan reproduksi serta menjaga fungsi organ tubuh lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat utama dari vitamin A yang perlu Anda ketahui:

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dapat membantu melindungi mata dari kerusakan sel sehingga menjaga agar penglihatan tetap tajam. Selain itu vitamin A juga dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti rabun senja maupun penyakit mata lainnya.

Mengatasi Peradangan

Manfaat vitamin A selanjutnya adalah dapat membantu untuk mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki kandungan zat antioksidan sehingga dapat mengatasi munculnya radikal bebas dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Zat antioksidan dalam vitamin A selain dapat mengatasi peradangan juga dapat menekan dan mengurangi risiko munculnya penyakit kronis yang disebabkan karena kerusakan akibat radikal bebas. Misalnya saja vitamin A dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh seseorang sehingga dapat melawan infeksi dan dapat menghasilkan antibodi yang kuat.

Menunjang Pertumbuhan Janin

Mencukupi asupan vitamin A juga sangat disarankan untuk para ibu hamil. Ini karena vitamin A dapat memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin seperti otot, jantung, otak.

Makanan Sumber Vitamin A

Melihat vitamin A yang memiliki banyak manfaat, tentu Anda harus memastikan kebutuhan vitamin A Anda tercukupi. Vitamin A termasuk dalam asupan nutrisi mikro sehingga esensial dan perlu dipenuhi meskipun dalam jumlah sedikit.

Dengan menerapkan pola makan sehat dan makanan yang seimbang, Anda sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A:

  • Susu dan olahannya
  • Telur
  • Buah seperti mangga, tomat, melon dan pepaya
  • Sayuran seperti wortel, bayam, ubi, brokoli, dan paprika merah
  • Ikan
  • Hati sapi dan ayam
  • Kuning telur
  • Margarin
  • Minyak ikan kod

Perlu diingat meski vitamin A bermanfaat untuk tubuh, namun asupan vitamin ini tetap perlu seimbang dan tidak berlebihan.

Kelebihan asupan vitamin A bisa memunculkan beberapa efek samping. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda merasa perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A di luar dari makanan yang Anda konsumsi sehari – hari agar tidak terjadi kelebihan asupan vitamin A.

Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post