Info

Jenis dan Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh & Mata

Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh tentu sangat banyak dan tidak perlu diragukan lagi. Vitamin A memiliki banyak kegunaan mulai dari menjaga kesehatan mata hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin A sendiri banyak terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Setiap individu membutuhkan asupan vitamin A yang berbeda – beda yang biasanya didasarkan pada usia, jenis kelamin, hingga diet individu tersebut.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis vitamin A, kegunaan dari vitamin A hingga sumber makanan yang mengandung vitamin A.

Jenis Vitamin A

Vitamin A atau yang dikenal juga dengan sebutan retinol atau asam retinoik dapat dibedakan berdasarkan sumber asalnya. Yang dimaksud dengan sumber asal disini adalah apakah vitamin A tersebut berasal dari produk hewani atau nabati (tumbuhan).

manfaat vitamin a

Vitamin A yang berasal dari produk hewani atau mengandung unsur hewani disebut dengan retinoid. Sedangkan vitamin A yang berasal dari buah – buahan serta sayuran (nabati) dan tidak mengandung zat hewani disebut dengan Beta Karoten / Karotenoid.

Baik vitamin A yang berasal dari tanaman maupun hewan sama – sama merupakan nutrisi yang esensial untuk tubuh dan dapat menunjang kesehatan/

Manfaat Vitamin A

Vitamin A mungkin sangat dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan mata dan penglihatan. Namun di luar itu, vitamin A mengandung sifat anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh karenanya vitamin A juga berguna untuk menjaga sistem imun dalam tubuh, menjaga kesehatan reproduksi serta menjaga fungsi organ tubuh lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat utama dari vitamin A yang perlu Anda ketahui:

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dapat membantu melindungi mata dari kerusakan sel sehingga menjaga agar penglihatan tetap tajam. Selain itu vitamin A juga dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti rabun senja maupun penyakit mata lainnya.

Mengatasi Peradangan

Manfaat vitamin A selanjutnya adalah dapat membantu untuk mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki kandungan zat antioksidan sehingga dapat mengatasi munculnya radikal bebas dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Zat antioksidan dalam vitamin A selain dapat mengatasi peradangan juga dapat menekan dan mengurangi risiko munculnya penyakit kronis yang disebabkan karena kerusakan akibat radikal bebas. Misalnya saja vitamin A dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh seseorang sehingga dapat melawan infeksi dan dapat menghasilkan antibodi yang kuat.

Menunjang Pertumbuhan Janin

Mencukupi asupan vitamin A juga sangat disarankan untuk para ibu hamil. Ini karena vitamin A dapat memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin seperti otot, jantung, otak.

Makanan Sumber Vitamin A

Melihat vitamin A yang memiliki banyak manfaat, tentu Anda harus memastikan kebutuhan vitamin A Anda tercukupi. Vitamin A termasuk dalam asupan nutrisi mikro sehingga esensial dan perlu dipenuhi meskipun dalam jumlah sedikit.

makanan vitamin a

Dengan menerapkan pola makan sehat dan makanan yang seimbang, Anda sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A:

  • Susu dan olahannya
  • Telur
  • Buah seperti mangga, tomat, melon dan pepaya
  • Sayuran seperti wortel, bayam, ubi, brokoli, dan paprika merah
  • Ikan
  • Hati sapi dan ayam
  • Kuning telur
  • Margarin
  • Minyak ikan kod

Perlu diingat meski vitamin A bermanfaat untuk tubuh, namun asupan vitamin ini tetap perlu seimbang dan tidak berlebihan.

Kelebihan asupan vitamin A bisa memunculkan beberapa efek samping. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda merasa perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A di luar dari makanan yang Anda konsumsi sehari – hari agar tidak terjadi kelebihan asupan vitamin A.

Leave a Reply