Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Jenis – Jenis Container Berdasarkan Muatannya

Mengetahui jenis – jenis container berdasarkan muatannya merupakan hal penting yang perlu diketahui dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan container banyak digunakan dalam proses pengiriman dan pendistribusian barang, terutama dalam skala besar.

Container atau peti kemas digunakan untuk menyimpan dan memuat berbagai macam produk yang akan dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain, biasanya dikirim melalui jalur laut dan atau jalur darat ke berbagai belahan dunia sehubungan dengan kegiatan ekspor dan impor serta logistik.

Pada artikel ini kita akan membahas berbagai jenis container yang umum digunakan dalam proses pengiriman barang atau logistik melalui pelabuhan atau jalur laut serta jalur darat sehingga Anda tidak perlu bingung lagi bila hendak menggunakan container untuk mengirimkan barang.

Keunggulan Menggunakan Container / Peti Kemas

Peti kemas atau container memiliki sejumlah keunggulan dalam proses pengiriman barang. Salah satu di antaranya adalah dapat memuat barang dalam jumlah besar karena ukuran volume container yang luas. Selain itu container juga fleksibel dalam pengiriman karena bisa dikirim melalui jalur darat seperti truk atau kereta, dan jalur laut menggunakan kapal.

jenis container berdasarkan muatannya

Pengiriman dengan container juga lebih menguntungkan karena tingkat keamanan yang lebih tinggi serta kondisi keamanan barang lebih terjamin dari kerusakan.

Jenis – Jenis Container Berdasarkan Muatannya

Container juga terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan model atau jenis barang yang akan diangkut. Adapun beberapa jenis container berdasarkan muatannya antara lain:

Dry Storage / General Purpose Container

Dry Storage atau dry container adalah salah satu jenis container yang standar dan banyak dipakai dalam industri. Container ini dapat digunakan untuk memuat dan mengirim berbagai jenis kargo barang dalam kondisi kering.

Dry Storage biasanya tersedia dalam berbagai varian jenis ukuran, misalnya saja ukuran 20 feet, 40 feet, 40 feet HC.

Car Carrier

Car Carrier adalah jenis container yang dirancang untuk mengangkut dan memuat mobil atau kendaraan untuk dikirim dalam jarak jauh. Jenis container ini memiliki sisi yang dapat terlipat untuk membantu mobil masuk ke dalam kontainer.

Reefer Container

Reefer Container adalah jenis container yang banyak digunakan dalam industri medis atau pangan. Hal ini karena, jenis container ini dilengkapi alat pendingin yang digunakan untuk menjaga kondisi kualitas kargo.

Misalnya saja, pengiriman obat – obatan medis atau vaksin yang perlu disimpan atau dijaga dalam kondisi suhu tertentu dapat menggunakan container jenis ini. Selain itu container jenis ini juga bisa digunakan untuk mengirim sayur atau buah.

Open Top Container

Open Top Container memiliki atap yang dapat dilepas saat digunakan. Container ini dapat digunakan untuk memuat barang yang tingginya melebihi tinggi pintu kontainer, sehingga barang dapat dimuat dengan cara dimasukkan atau dikeluarkan dari bagian atas peti kemas.

Flat Rack Container

Jenis container ini memiliki sisi yang bisa dilipat mendatar dan bagian samping yang bisa dibuka. Container jenis ini cocok digunakan untuk memuat barang berat seperti mesin, material konstruksi, alat berat.

Open Side Container

Apabila pada container biasa, umumnya pintu dibuka dari belakang container, maka Open Side Container adalah jenis container yang memiliki pintu yang dapat dibuka dari samping. Jenis container ini dapat memudahkan Anda untuk memasukkan kargo dengan ukuran yang besar atau panjang yang tidak muat apabila dimasukkan melalui pintu belakang.

Demikian jenis – jenis container yang umumnya sering digunakan dalam berbagai industri untuk mengirim barang.

Terlepas dari jenis containernya, Anda dapat melakukan pengiriman barang dengan container dengan cara menyewa satu container penuh (FCL) ataupun menggabungkan barang kiriman Anda dalam satu kontainer yang terdiri dari gabungan beberapa pengirim (LCL). Mengenai perbedaan antara keduanya, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply