Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Mengenal Definisi dan Jenis-Jenis Koperasi

Koperasi merupakan salah satu organisasi bisnis yang memiliki kepentingan Bersama atas asas kekeluargaan. Unit usaha ini sering Anda temukan dalam bentuk Lembaga, perusahaan atau institusi. Contoh paling mendasar adalah koperasi sekolah. Mengikuti perkembangannya sekarang banyak sekali Jenis-Jenis Koperasi di tengah tengah masyarakat.

Definisi Mengenai Koperasi

Pengertian Koperasi berdasarkan Bappenas merupakan sebuah organisasi bisnis yang berjalan atau beroperasi demi kepentingan Bersama lewat sekelompok orang. Koperasi beroperasi berlandaskan kegiatan dari prinsip Gerakan ekonomi rakyat. Dalam kegiatan asas kekeluargaan dikedepankan.

Organisasi bisnis ini berlandaskan hukum dari undang undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasaian. Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh perseorangan atau sebuah badan hukum. Lembaga keuangan ini bekerja berlandaskan pemisahaan kekayaan para anggotanya.

Nantinya kekayaan para anggotannya ini akan menjadi sebuah modal untuk menjalankan usaha, memenuhi kebutuhan bersama serta aspirasi di bidang ekonomi, budaya dan sosial sesuai dengan nilai nilai dan prinsip Koperasi.

"</p

Jenis-Jenis Koperasi

Koperasi setiap tahunnya mengalami evolusi dan juga perkembangan sangat pesat karena menjadi salah satu instrumen penting untuk menunjang aktivitas ekonomi di sebuah negara. Saat ini ada beberapa jenis koperasi yang berjalan. Berikut adalah jenis koperasi :

1. Jenis Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi adalah unit usaha koperasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan barang atas jasa bagi para anggotannya. Anggota dari jenis koperasi ini terbagi dalam dua bentuk yaitu pemilik dan pelanggan.

Bentuk bisnis ini memiliki peran untuk mengoptimalkan daya beli sehingga pendapatan anggota bisa meningkat secara signifikan. Contoh aktivitas koperasi konsumsi bisa Anda temukan di beberapa Lembaga Pendidikan. Koperasi sekolah dan mahasiswa jadi contoh nyata karena yang menawarkan ketuban seperti alat tulis dan jajanan kepada peserta didik.

2. Jenis Koperasi Produksi

Koperasi Produksi merupakan jenis yang anggotanya merupakan sekelompok produsen produk. Setiap anggota yang merupakan para produsen ini akan memproduksi dan mengolah bahan baku sehingga siap menjadi barang yang diperjual belikan.

Hasil penjualan tadi dapat mengoptimalkan pemasukan para anggota koperasi ini sehingga memperbesar peluang untuk menangkap konsumen lebih luas. Contohnya nyata dari jenis koperasi ini antara lain koperasi dengan harga kompetitif.

3. Jenis Koperasi Simpan Pinjam

Kemudian ada jenis koperasi pinjam simpan yang juga cukup familiar di masyarakat umum. Koperasi ini akan melakukan simpan pinjam dan menghimpun dan menyimpan dana dari para anggotannya. Selanjutnya dana tersebut akan dikelola kembali untuk kebutuhan pinjaman para anggota.

Dalam koperasi ini status keanggotaannya merupakan nasabah dan pemilik. Contoh paling sering yang bisa kalian temukan di kehidupan sehari hari adalah koperasi serba usaha, koperasi kredit dan koperasi simpan pinjam.

4. Jenis Koperasi Pemasaran

Kemudian ada jenis koperasi pemasaran yang memiliki tujuan untuk membantu anggotanya dalam memasarkan produk untuk penjualan. Para anggotannya dalam koperasi ini memiliki status keanggotan sebagai pemasok barang koperasinya.

Kepentingan dalam melakukan aktivitas pemasaran ketika sedang berbisnis ini sangat penting. Koperasi pemasaran sesuai dengan namanya dapat mewujudkan hal. Contoh Nyata dari aktivitas koperasi ini adalah koperasi madu murni atau sejenisnya.

5. Jenis Koperasi Jasa

Koperasi Jasa merupakan jenis unik koperasi yang anggotanya bertindak sebagai pemilik serta nasabahnya langsung. Koperasi ini umumnya akan beroperasi sebagai pengadaan jasa atau pemasar jasa. Contoh nyata dari praktisi koperasi ini seperti jasa angkutan dan asuransi.

Kedua jasa ini beroperasi atas dasar koperasi jasa. Tidak hanya itu, penyedia layanan jasa fotokopi juga kadang bisa termasuk koperasi jenis ini karena menawarkan kegiatan atau aktivitas pendanaan dan pemasar jasa.

Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Komoditasnya

Koperasi memang menjadi salah satu elemen penting yang sekarang punya peran besar dalam perkembangan ekonomi. Menurut sudut pandang Komoditasnya jenis koperasi juga dapat terbagi dalam beberapa bentuk, berikut penjelasannya :

  1. Koperasi pertanian adalah jenis yang berkaitan dengan barang komoditas pertanian seperti buah, beras, sampai dengan sayur
  2. Koperasi peternakan adalah jenis yang berhubungan dengan komoditas hasil ternak seperti ayam, kambing, sapi, dan lain sebagainnya
  3. Koperasi kerajinan dan industri adalah jenis yang berkaitan dengan usaha industri serta kerajinan, misalnya industri tekstil sampai dengan gerabah
  4. Koperasi pertambangan adalah jenis yang berhubungan dengan pelaku usaha pemanfaatan sumber daya alam
  5. Koperasi jasa adalah jenis unit koperasi yang memasarkan dan memproduksi jasa tertentu

 

 

Leave a Reply