Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mengenal Jenis-Jenis Pasar dan Karakteristiknya

Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli yang keberadaannya sangat penting dalam sebuah peradaban. Jenis-Jenis Pasar saat ini cukup beragam karena mengikuti perkembangan zaman. Untuk lebih mengenal tentang tempat bertemunya penjual dan pembeli ini, Anda harus tahu jenis jenisnya secara benar.

Meskipun terlihat sederhana dalam ilmu ekonomi pasar, ternyata pasar terbagi dalam beberapa jenis yang sering orang sebut dengan klasifikasi. Berdasarkan klasifikasi ini lahirlah dua bentuk jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar  persaingan tidak sempurna. Untuk keterangan lebih lengkap berikut pemaparannya :

Jenis-Jenis Pasar

Jenis Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)

Pasar persaingan sempurna merupakan jenis yang di dalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual dengan ciri ciri umum bebas keluar masuk tanpa hambatan. Secara eksplisit, jenis pasar ini sangat umum dan penjual maupun pembeli tahu betul tentang tempat ini.

Tidak hanya itu jenis pasar persaingan sempurna juga memperjualbelikan berbagai barang dengan sifat homogen. Mungkin untuk contoh nyata dari jenis pasar ini adalah pasar tradisional yang biasanya sering Anda temukan di berbagai daerah atau wilayah tertentu.

Jenis-Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market)

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan jenis yang isinya lebih dominan pembelinya daripada penjualnya. Berdasarkan hal ini, pasar imperfect competition ini sangat didominasi pembelian pada penjualnya. Adapun karakteristik dari pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut :

1. Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan jenis yang sepenuhnya penjual menguasai. Dalam pasar tipe ini kekuasan benar benar mendominasi kemauan baik dalam elemen tempat, waktu, harga, volume, sampai dengan pembelian barang. Contohnya adalah PLN yang menguasai penjualan listrik di Indonesia.

2. Pasar Duopoli

Sesuai dengan namanya pasar duopoli akan menampilkan dua perusahaan yang mengakui sebuah penawaran barang secara utuh. Praktek dari jenis pasar ini contohnya bisa Anda temukan di penjualan bahan bakar yang Perusahaan Pertamina dan Caltex kuasai.

3. Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli merupakan jenis yang penawaran satu jenis barang berasal dari beberapa perusahaan. Beberapa perusahaan ini menguasai pasar tersebut dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam aktivitas jual belinya. Contoh nyata yang dapat Anda temukan praktek jenis pasar ini adalah persaingan penjualan alat transportasi dari Yamaha, Honda, dan Kawasaki.

Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya

Selain dari bentuknya, Anda juga bisa membedakan pasar berdasarkan wujudnya. Sekarang cukup banyak wujud dari pasar ini terjadi dan masyarakat praktekan meski beberapa orang belum tahu penamaan dalam wujudnya. Untuk memahaminya berikut penjelasannya :

1. Jenis Pasar Konkret

Wujud pasar pertama adalah konkret yang memperjual belikan barang dengan sifat bertemu langsung. Dalam prakteknya penjual dan pembeli akan bertemu secara langsung dalam melakukan aktivitas transaksi jual beli barangnya. Pertemuan antara pembeli dan penjual benar benar nyata.

Karakteristik dari pasar konkret ini adalah pembeli akan memberikan uang tunai kepada penjual dari setiap pertukaran atau transaksi barangnya. Jadi serah terima barang dan uang benar benar berjalans secara tunai dan langsung. Pembeli dan penjual barang akan saling berinteraksi secara langsung.

2. Jenis Pasar Abstrak

Selanjutnya ada pasar dengan wujud abstrak. Sesuai dengan namanya aktivitas antara penjual dan pembeli dalam wujud pasar ini tidak berjalan secara langsung. Dengan kata lain, penjual dan pembeli tidak harus bertemu dalam melakukan transaksi jual beli.

Karakteristik dari pasar abstrak antara lain berlangsung secara jarak jauh. Pembeli sudah sangat mempercayai penjual barang sehingga kegiatan ini tidak mengharuskan keduanya bertemu. Contoh nyatanya pembelian barang dalam jumlah partai besar dari produsen ke pembeli. Kehadiran era digital juga mempengaruhi aktivitas pasar Abstrak ini.

Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayahnya

Berdasarkan wilayahnya pasar Kembali dalam beberapa bentuk. Setiap negara dan wilayah tentu memiliki karakteristik dan juga medannya sendiri sendiri sehingga mempengaruhi pasar di setiap daerah tersebut. Jenis pasar dari luas wilayahnya antara lain :

  1. Pasar regional yang proses pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu
  2. Pasar Internasional, proses pemasarannya mencakup seluruh kawasan dunia
  3. Pasar local, proses pemasarannya hanya berlangsung di daerah tertentu
  4. Pasar Nasional, proses pemasarannya mencakup wilayah satu negara

 

Leave a Reply