Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal 11 Jenis Kain dan Karakteristiknya

Kain menjadi salah satu benda yang sudah masuk kedalam kategori kebutuhan primer manusia modern. Fungsi dan perannya sangat penting antara lain pembuatan pakaian yang manusia gunakan saat ini. Saat ini ada cukup banyak Jenis Kain beredar di dalam kehidupan masyarakat modern.

Pembuatan pakaian untuk kebutuhan sehari hari berbahan dasar kain ini bisa orang lakukan dengan berbagai varian. Ada banyak sekali tipe kain saat ini dengan karakteristiknya masing masing. Dalam pembuatan produk berbahan dasar kain seperti pakaian dan tas, orang menggunakan tipe kain berbeda beda. Berikut adalah beberapa jenis kain yang harus Anda tahu :

Jenis Jenis Kain

1. Jenis Kain Katun

Jenis yang pertama adalah katun yang kerap kali orang gunakan untuk bahan pakaian. Kebanyakan kain katun orang gunakan untuk pembuatan pakaian khusus lingkungan tropis. Katun sendiri berasal dari serat alami sebuah tanaman kapas. Kata katun berasal dari filosofi tanaman kapas yang seseorang kelola dengan cara mentalnya menjadi sebuah benang.

2. Kain Drill

Jenis Drill merupakan kain yang hampir sama dengan katun, perbedaan terletak pada tingkat ketebalannya. Drill sendiri dalam pengolahannya melibatkan banyak sekali campuran dari rayon, tetoron, dan polyester. Kebanyakan kain ini orang gunakan untuk pembuatan rok, celana, dan culotte.

3. Kain Rayon

Tipe kain rayon memiliki karakteristik identik dari sisi teksturnya. Ketika Anda melihat kain Rayon ini secara sepintas langsung mengetahuinya. Rayon memiliki tekstur mengkilap dan juga licin. Salah satu keunggulan dari kain ini adalah memiliki sifat adem dan cepat sekali menyerap keringat.

4. Jenis Kain Viscose

Jenis kain selanjutnya adalah Viscose yang masih satu varian dengan Rayon. Viscose merupakan kain Rayon semi sintetis yang berasal dari bubur kayu. Tipe kain Viscose ini memang terlihat mirip sutra dan menjadi salah satu alternatif sutra murah dalam pembuatan pakaian seperti jaket, blus, sampai dengan gaun.

5. Kain Baby Canvas

Baby Canvas menjadi salah satu jenis kain kanvas yang memiliki sifat tidak kaku. Daya tarik utama dari Baby Canvas ini adalah dari sisi ketahanan yang sangat tinggi dan mumpuni. Kondisi ini membuat banyak sekali orang memanfaatkan kain ini untuk pembuatan Celana tebal, Jaket, sampai dengan Outer.

6. Jenis Kain Linen

Linen merupakan salah satu tipe kain dengan karakteristik mudah menyerap cairan, ringan dan juga sangat kuat. Banyak sekali produsen pakaian menggunakan kain linen dalam pembuatan baju dan celana musim panas. Sifat ringannya membuat pakaian dari kain lenin ini mudah mensirkulasi udara, orang sering menggunakannya untuk pembuatan handuk, seprai, taplak meja, dan serbet.

7. Kain Denim

Denim juga jadi salah satu jenis kain harus Anda ketahui. Kebanyakan jaket dan celana panjang yang ada di pasaran saat ini dengan sifat tebal dan kuat terbuat dari kain Denim. Menariknya proses penjahitan kain denim untuk casual dress ini sangat fleksibel dan mudah.

8. Jenis Kain Polyester

Polyester menjadi salah satu tipe kain berbahan dasar serat sintetis asal Petrokimia. Maksudnya bahan baku dalam pembuatan kain ini berasal dari batu bara dan minyak bumi. Ketahanan kain Polyester tidak perlu Anda ragukan lagi karena bisa bertahan dari berbagai kondisi. Selain itu kain Polyester juga cepat dalam menyerap cairan seperti keringat dari tubuh.

9. Kain Lycra

Jenis kain selanjutnya adalah Lycra yang memiliki tingkat elastisitas sangat tinggi. Lycra sendiri memiliki sebutan lain yaitu kain Spandex. Tipe kain ini memiliki sifat sintesis kuat sehingga bertekstur lembut, adam dan sangat mudah dalam membentuknya menjadi berbagai jenis pakaian.

10. Kain Jersey

Selanjutnya ada Jersey yang menjadi salah satu kain rajut elastis dengan tingkat elastisitas sangat tinggi. Bahan dasar dari kain ini adalah wol sehingga terasa sangat lembut. Ada juga beberapa campuran kain lain dalam pembuatannya seperti katun, campuran dan serat sintetis.

11. Kain Suede

Suede merupakan salah satu tipe kain yang berbahan dasar kulit hewan sehingga permukaannya benar benar lembut. Kebanyakan hewan yang menjadi bahan dasar dari pembuatan kain Suede adalah kulit domba, rusa, babi, dan juga kambing. Kekuatan kain Suede ini benar benar sangat kuat dan tidak mudah sobek.

 

Leave a Reply