Info Bisnis Tren Bisnis

Ketahui Obat Demam Berdarah Ini Untuk Mempercepat Pemulihan

Obat demam berdarah yang secara khusus atau spesifik dapat mengobati penyakit ini memang saat ini belum ada. Biasanya dokter hanya akan meresepkan obat – obatan yang dapat membantu meringankan gejala misalnya obat penurun deman atau nyeri.

Jika kondisi serius atau trombosit terlalu rendah, dokter akan menyarankan penderita untuk diopname. Tujuannya agar pasien dapat diawasi dengan baik perkembangan kondisinya. Jika perlu, dokter juga akan memberikan infus.

demam berdarah

Tujuan dari pemberian infus ini adalah agar tubuh tidak kekurangan cairan serta dapat membantu trombosit untuk tetap terjaga dan perlahan naik. Dokter juga akan menyarankan Anda untuk memperbanyak asupan cairan atau minum air yang banyak.

Namun ternyata ada beberapa obat – obatan alami seperti buah atau sayur yang dipercaya dapat membantu pasien untuk cepat pulih dari penyembuhan. Apa saja obat – obatan alami ini?

Obat Demam Berdarah

Seperti yang dijelaskan secara singkat diatas, obat demam berdarah, terlebih obat – obatan alami lebih bertujuan untuk membantu mempercepat pemulihan. Ini didasarkan pada buah atau sayur atau makanan tersebut mengandung gizi atau vitamin yang dapat membantu meningkatkan trombosit.

Namun pastikan sebelum Anda mengkonsumsi makanan – makanan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, untuk mencegah adanya reaksi atau konflik dari kandungan makanan yang Anda makan dengan reaksi kimia obat yang diresepkan oleh dokter.

Obat Demam Berdarah Alami: Jambu Biji Merah

Populer dan banyak dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Jambu biji merah atau jambu klutuk mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan juga flavonoid yang dapat menekan pertumbuhan virus dengue.

obat demam berdarah

Untuk mengkonsumsi buah ini cukup mudah. Cukup blender dan jadikan 1 – 2 jambu klutuk ini menjadi jus dan dapat diminumkan kepada penderita, sebanyak 1 – 2 gelas setiap harinya.

Beras Angkak

Angkak atau beras merah fermentasi dari China dipercaya juga dapat menjadi obat demam berdarah. Selain untuk DBD, angkak sendiri banyak digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Kandungan angkak yang dikombinasikan dengan minum jus jambu klutuk dipercaya dapat membantu penderita cepat pulih dan meningkatkan trombosit lebih cepat.

beras angkak

Jus Apel & Jus Kiwi

Buah – buahan memang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk orang sakit. Begitu juga dengan buah apel dan kiwi.

Kedua buah ini juga cukup populer dijadikan konsumsi untuk penderita DBD. Apel sendiri memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh serta membantu meningkatkan jumlah sel darah.

Tentunya ini sangat membantu penderita pasien DBD yang mengalami kebocoran plasma yang mengakibatkan sel trombosit dan darah menjadi rendah. Baik apel maupun kiwi juga dapat memberikan energi tambahan kepada penderita agar tidak lemas

Minuman Isotonik

Selain banyak meminum air putih untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, penderita demam berdarah juga dapat meminum minuman isotonik. Minuman jenis isotonik biasanya mengandung natrium atau sodium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Makanan & Minuman Yang Sebaiknya Dihindari

Bila Anda sedag menderita penyakit demam berdarah, selain istirahat dan mengkonsumsi makanan sehat, serta buah – buahan untuk membantu meningkatkan trombosit, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

Anda sebaiknya menjauhi makanan berlemak maupun makanan dengan gizi tidak seimbang seperti fast food atau junk food. Selain kandungan gizi yang kurang, tingginya lemak pada makanan seperti ini dapat meningkatkan kolesterol dan menghambat pemulihan.

Hindari juga minuman ringan atau minuman – minuman dengan pemanis dan kadar gula yang tinggi. Selain itu hindari konsumsi minuman beralkohol dan juga hindari rokok.

Leave a Reply