Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa Itu Dashcam? Kenali Fungsi dan Manfaatnya

Mobil saat ini menjadi salah satu alat transportasi yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Keamanan mobil tentunya harus Anda tingkatkan dengan menghadirkan fitur Dashcam (dashboard camera). Saat ini, dashcam sudah mulai dianggap sebagai alat yang harus tersedia di mobil dan alat transportasi lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir dashboard camera menjadi fitur keamanan penting pada sebuah mobil.

Apa Itu Dashcam?

Dashcam

Dashcam atau dashboard camera merupakan salah satu perangkat untuk merekam video. Menariknya alat ini nantinya seseorang pasang di bagian dalam mobil. Ketika sedang berjalan perekam ini akan aktif.

Alat ini juga menjadi salah satu perangkat modern yang sangat berguna karena bisa merekam banyak sekali kejadian dalam sehari-hari. Apalagi sekarang hampir semua dashboard camera dapat merekam secara terus menerus atau dalam bentuk pengulangan.

Pada dasarnya dashcam memiliki media penyimpanan yang berfungsi untuk menampung rekaman rekaman dari video tersebut. Apabila media penyimpanan ini sudah memenuhi kapasitasnya, maka video yang lebih lama akan terhapus digantikan dengan video terbaru.

Fungsi Dashcam

Fungsi Dashcam

Untuk pengguna kendaraan roda empat atau mobil memasang dashboard camera menjadi salah satu kebutuhan opsional. Apabila ingin meningkatkan keamanan dan kenyamanan, maka memasang perangkat ini menjadi tindakan penting.

1. Meningkatkan Keamanan

Fungsi pertama dari dashcam adalah sudah jelas sebagai optimalisasi keamanan. Dengan memasang dashboard camera, pengendara bisa lebih berhati hati. Ini juga menjadi salah satu perangkat yang bisa merekam banyak bukti untuk kebutuhan investigasi.

2. Alat Pemantau Kendaraan

Fungsi selanjutnya dari dashcam adalah untuk memantau mobil ketika sedang dalam posisi diparkir. Rasa nyaman dan aman tentu lebih terasa ketika mobil Anda tertarik bersamaan dengan dashboard camera sehingga terhindar dari hal hal tidak diinginkan.

3. Membantu Pemula Belajar Mengemudi

Memasang dashcam juga sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan seseorang yang masih kurang dalam mengemudi mobil. Khusus untuk para pengemudi pemula, rekaman pada dashboard camera dapat membantu dalam menghafal dan mengingat ukuran mobil.

4. Merekam Kejadian

Sesuai dengan namanya, dashcam sendiri berfungsi untuk merekam berbagai kejadian yang mobil Anda lalui. Rekaman ini bersifat menyeluruh mulai dari rekaman ketika mobil hidup hingga mati kembali. Semua rekaman ini akan tersimpan secara baik di media penyimpanannya.

5. Menjadi Barang Bukti

Rekaman yang ada di dashboard camera mobil juga kerap kali menjadi barang bukti paling penting untuk kebutuhan banyak hal. Misalnya ada sebuah kasus kecelakan, rekaman pada dashcam dapat membantu dalam mempermudah penyelidikan.

Manfaat Penggunaan Dashcam

Dashboard camera sendiri sangat bermanfaat untuk para pengguna mobil. Perangkat ini mampu memberikan banyak sekali manfaat dalam berbagai aspek khususnya jika Anda terapkan pada mobil kantor. Berikut adalah manfaat penggunaan dashcam untuk mobil kantor.

Manfaat Dashcam

1. Membantu Menyelesaikan Permasalahan Hukum

Tidak jarang orang menggunakan rekamanan yang tersimpan di dashboard camera mobil kantor sebagai salah satu bukti permasalahan hukum. Dashcam di mobil kantor bisa merekam seluruh kejadian di jalan sehingga bisa menjadi salah satu bukti apabila terjadi perselisihan hukum.

Perselisihan hukum ini sendiri bisa terkait soal kecelakan yang terjadi. Menariknya dashboard camera juga merekam pelanggaran lalu lintas seperti pengendara yang melanggar lampu merah atau melebihi batas kecepatan tertentu.

2. Meningkatkan Keamanan ketika Berkendara

Bagi para pekerja kantor yang mendapatkan mobil dinas tentunya bisa memasang dashcam ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan. Merekam kejadian di jalan bisa membantu para pekerja mendapatkan data rekaman secara detail.

Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan keamanan bagi para karyawan ketika mengendarai mobil kantor. Para petinggi di perusahaan juga bisa melihat aktivitas para pekerjaannya ketika sedang melakukan perjalanan dinas.

3. Membantu Menghitung Klaim Asuransi Mobil Kantor

Salah satu manfaat yang paling disukai para petinggi perusahaan saat memasang dashboard camera di mobil dinas para pekerjanya soal perhitungan klaim asuransi mobil. Hampir semua mobil kantor tentunya sudah perusahaan daftarkan di jasa asuransi mobil.

Ketika hendak mengklaim sebuah asuransi biasanya pengguna mobil harus memenuhi berbagai ketentuan agar jasa asuransi mau menerimanya. Bukti dari rekaman dashcam jelas menjadi salah satu alat sah dalam hal ini dan tidak terbantahkan.

Rekomendasi Dashcam Terbaik

Bhinneka: Solusi Pengadaan Dashcam Untuk Bisnis

Anda butuh pengadaan dashboard camera untuk mobil kantor atau Bisnis Anda? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman daftar dashcam terbaru atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

 

Leave a Reply