Info Bisnis

Apa Itu Business Plan dan Bedanya dengan Strategic Plan

Apa itu Business Plan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh pelaku usaha yang hendak memulai suatu bisnis atau usaha baru. Business Plan sendiri memiliki fungsi yang penting dalam kegiatan usaha dan bisnis, terutama bagi Anda yang hendak mendirikan usaha baru.

Sebuah business plan yang baik dan menarik juga dapat menjadi pertimbangan utama dan faktor yang dapat membuat Anda mendapatkan investasi dari investor. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu business plan serta apa saja fungsi dari business plan.

Pengertian Business Plan

Business plan atau rencana bisnis dapat diartikan sebagai dokumen atau rencana tertulis mengenai tujuan bisnis atau usaha serta cara untuk mencapainya. Secara lebih kompleks, business plan berisikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang hendak atau sedang dijalankan.

Informasi – informasi yang terdapat dalam business plan dapat berupa strategi pemasaran, sumber pendanaan, estimasi penghasilan dan biaya, dan masih banyak lagi. Business plan dapat menggambarkan apakah bisnis tersebut layak dijalankan dan apakah sustainable untuk ke depannya.

pengertian business plan

Fungsi Business Plan

Mungkin Anda bertanya, apa fungsi dan manfaat dari membuat business plan. Hal ini karena membuat business plan tidak mudah dan perlu analisis serta pemikiran yang tepat dalam membuatnya. Adapun sejumlah manfaat dan fungsi dari membuat sebuah business plan yang baik adalah:

Menarik Investasi

Sebuah business plan yang dibuat dengan baik terutama business plan untuk sebuah usaha baru dapat menarik perhatian investor. Investor cenderung menyukai dan tertarik pada usaha dengan business plan yang dibuat dengan baik serta detil. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha.

Menjadi Acuan dalam Menjalankan Bisnis

Business plan yang baik dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha ke depannya. Business plan dapat membantu Anda untuk mengatur sumber daya manusia, siapa yang menjadi sasaran produksi, bagaimana sistem pemasaran yang tepat dan apa saja strategi operasional yang harus dijalankan supaya bisnis Anda mencapai kesuksesan.

Menentukan Proyeksi Kebutuhan Finansial di Masa Mendatang

Business plan yang baik biasanya akan menyertakan milestone yang hendak dicapai dalam suatu usaha. Milestone ini dapat membantu Anda menentukan proyeksi kebutuhan finansial di masa mendatang, misalnya kebutuhan perekrutan karyawan baru dan riset kompetitor

Beda Business Plan dan Strategic Plan

Business plan seringkali dianggap sama dengan Strategic Plan atau Rencana Strategik perusahaan. Hal ini dapat dikatakan keliru. Strategic Plan atau Rencana Strategik adalah proses yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi tujuan mereka, strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Strategic Plan biasanya memuat analisis SWOT yang menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu usaha berserta peluang dan tantangan yang dihadapi. Selain itu rencana strategic juga biasanya memuat rencana kerja atau action plan selama 12 bulan yang berisikan detil spesifik tugas dan pekerjaan berserta timeline dari pekerjaan tersebut.

apa itu strategic plan

Hal lain yang membedakan antara Business Plan dan Strategic Plan adalah pengguna data. Business Plan umumnya dapat ditujukan untuk pihak eksternal seperti investor. Sedangkan Strategic Plan digunakan oleh pihak internal perusahaan seperti tim tertentu yang berkepentingan.

Demikian penjelasan apa itu Business Plan dan apa bedanya dengan perencanaan strategis atau strategic planning dalam memulai suatu usaha dan bisnis.

Leave a Reply