Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah delima untuk kesehatan masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal, buah berbentuk bulat dan berwarna merah ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, yang beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh buah lain.

Mungkin sebagian dari Anda menghindari buah delima dikarenakan cukup merepotkan untuk mengolahnya. Selain harganya yang cukup mahal, buah delima mengandung banyak biji di dalamnya. Hal ini membuat sebagian besar menghindari buah delima dan memilih buah lain.

Apa itu Buah Delima

Buah delima atau bernama latin Punica granatum atau dalam Bahasa Inggris adalah Pomegranate, merupakan buah – buahan yang termasuk dalam jenis berry. Buah Delima berbentuk bulat dan berwarna merah serta memiliki banyak biji di dalamnya.

manfaat buah delima untuk kesehatan

Bagian biji delima ini dapat dimakan secara mentah atau diolah menjadi jus delima. Seperti yang Anda ketahui, buah yang tergolong dalam jenis berry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Delima

Buah delima mengandung banyak mineral dan gizi di dalamnya. Selain protein, karbohidrat, serat, delima juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E dan vitamin K.

Buah delima juga sangat rendah kalori dan lemak sehingga cukup menyehatkan. Hal ini ditunjang dengan sejumlah kandungan mineral pada delima seperti kalium, magnesium, zinc dan berbagai antioksidan yang berguna untuk tubuh.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Ada sejumlah manfaat dari delima untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengkonsumsi buah delima setiap harinya. Anda dapat mengkonsumsi buah delima secara mentah atau mengolahnya menjadi jus delima.

Berikut ini merupakan manfaat buah delima untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Menurunkan Tekanan Darah

Apabila Anda memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka Anda dapat mencoba untuk rutin mengkonsumsi buah delima. Kandungan antioksidan dalam buah delima dapat membantu melawan peradangan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Membantu Mengatasi Radang Persendian

Buah delima memiliki banyak kandungan antioksidan dan anti peradangan. Bagi Anda yang memiliki keluhan nyeri sendi atau radang persendian dapat mencoba untuk rutin mengkonsumsi buah delima. antioksidan flavonoid yang terkandung dalam buah delima dapat membantu menghambat peradangan penyebab osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan.

Meningkatkan Imunitas

Buah delima memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Hal ini dapat membantu memastikan Anda mendapat cukup asupan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Dengan tercukupinya asupan mineral dan vitamin, daya tahan tubuh akan meningkat.

Mencegah Penyakit Jantung

Buah delima juga baik untuk kesehatan jantung karena buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah dari dan ke jantung, serta pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar.

Meningkatkan Kesuburan

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah delima dapat meredam stres oksidatif dalam tubuh serta mengoptimalkan kesuburuan. Rutin meminum jus delima dapat membantu meningkatkan kadar hormon yang berperan pada kesuburan pria maupun wanita.

Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Dari hasil penelitian, buah delima diketahui dapat membantu mencegah penyakit dan melawan infeksi. Hal ini dikarenakan kandungan dari sifat anti bakteri dan anti virus yang dimiliki buah delima.

Demikian sejumlah manfaat dari buah delima untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengkonsumsi buah delima setiap harinya. Namun tentunya Anda juga tetap perlu menyeimbangkan konsumsi buah ini dengan makanan sehat dan bergizi lainnya agar Anda mendapatkan asupan makanan yang seimbang.

Leave a Reply