5 manfaat menggunakan skincare
Tips & Tutorial

5 Manfaat Menggunakan Skincare, Berikut Penjelasannya

5 manfaat menggunakan skincare secara rutin sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.

Produk perawatan kulit yang baik dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit Anda setiap saat.

5 manfaat menggunakan skincare

5 manfaat menggunakan skincare

1. Rutinitas Perawatan Kulit Harian Memberikan Hasil yang Andal

5 manfaat menggunakan skincare yang pertama yaitu bisa memberikan hasil yang baik, seperti kebanyakan hal dalam hidup jika Anda melakukan sesuatu hanya sesekali dan secara acak,

kemungkinan itu tidak akan efektif. Kulit dan tubuh Anda membutuhkan konsistensi untuk melakukan perubahan secara bertahap.

Hal yang sama berlaku untuk menurunkan berat badan atau belajar berenang. Sudah jelas konsistensi adalah kuncinya, dan rutinitas perawatan kulit yang baik juga demikian.

Kulit kita mengalami siklus pembaruan alami yang disebut deskuamasi. Deskuamasi pada dasarnya menghilangkan semua sel kulit tua, rusak, dan mati dan menggantinya dengan yang baru dan segar. Kemudian setelah siklus sekitar satu bulan, sel-sel kulit yang baru dan segar itu menjadi rusak, menua, dan mati juga, digantikan dengan sel-sel kulit lainnya.

Anda harus lebih konsisten dan gigih daripada pergantian sel kulit alami kulit Anda. Kulit Anda membutuhkan semua bantuan yang bisa didapatkan. Siklus ini juga membuat sangat sulit untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, atau untuk selamanya.

Dengan mengadopsi rutinitas perawatan kulit yang konsisten, Anda mengisi bahan bakar kulit Anda setiap hari, meningkatkan sifat penyembuhan dirinya sendiri. Anda juga menghilangkan riasan dan bakteri di wajah Anda setiap hari. Jika Anda tidak konsisten dengannya, hal itu tidak akan berhasil dan Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya.

2. Menerapkan Rutin Perawatan Kulit Harian Dapat Memperlambat Penuaan

5 manfaat menggunakan skincare

Tahukah Anda bahwa kesehatan kulit kita mencapai puncaknya sekitar usia 18 tahun? Kelihatannya aneh, tapi sangat masuk akal.

Selama usia 20-an kesehatan kulit kita sangat baik tetapi begitu memasuki usia 30-an, penuaan meningkat. Begitu juga dengan kulit kita, dan kemampuannya untuk beregenerasi sendiri.

Hilangnya efisiensi ini memanifestasikan dirinya sebagai pengurangan elastisitas, kekuatan, dan kehalusan kulit kita. Perlahan tapi pasti, kulit kita memulai perjalanan panjangnya menuju kekeringan, tekstur, kerapuhan, dan kekasaran.

Jangan khawatir tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat kulit kita dan begitu kita mencapai usia 30-an, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai rutinitas perawatan kulit harian.

Jika Anda ingin mencegah tanda-tanda penuaan atau menundanya sebanyak mungkin, rutinitas perawatan kulit harian Anda harus mencakup pembersihan, pengelupasan kulit, dan pelembab.

Rutinitas perawatan kulit yang baik yang diarahkan untuk menjaga keremajaan kulit Anda dapat menghasilkan keajaiban. Tapi sekali lagi, konsistensi adalah kuncinya. Jadi teruskan, dan Anda akan segera menuai semua manfaat perawatan kulit tersebut.

3. Rutinitas Perawatan Kulit Harian Membuat Segalanya Lebih Mudah

Terlepas dari semua hal lainnya, rutinitas perawatan kulit harian menjaga kesehatan kulit Anda dan kulit yang sehat serta kenyal memiliki waktu yang jauh lebih baik dalam menghadapi jerawat, kerutan, atau bekas luka yang sesekali terjadi.

Mengikuti rutinitas perawatan kulit sehari-hari lengkap dengan pembersih, pelembap, dan exfoliant yang baik akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, segar, dan terpelihara, yang pada gilirannya membuatnya lebih tahan terhadap luka, perubahan, atau iritasi. Selain itu, ia akan dapat menyembuhkan dirinya sendiri lebih cepat.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Dari meningkatkan rasa percaya diri dan membuat Anda merasa nyaman, mengikuti rutinitas perawatan kulit setiap hari hampir merupakan keharusan. Perawatan diri bukanlah bahan tertawaan. Merawat diri sendiri dengan baik bisa sangat bermanfaat, terutama pada saat stres atau kemurungan.

Rutinitas perawatan kulit yang baik dapat meratakan warna kulit dan mengurangi munculnya pori-pori, kerutan, dan lainnya. Tidak hanya itu rutinitas kulit malam hari dapat membantu Anda tidur, meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan juga dan memberi Anda lebih banyak energi.

Penampilan Anda akan meningkat, dan Anda akan melihat diri Anda di cermin setiap pagi dengan senyuman. Mulai hari Anda dengan ritual mencintai diri sendiri yang menyenangkan seperti rutinitas perawatan kulit pagi hari.

Keyakinan bahwa merawat diri sendiri dengan baik juga akan menular ke aspek lain dalam hidup Anda. Orang yang meningkatkan rasa percaya diri dan belajar untuk mencintai diri sendiri sering melaporkan peningkatan dalam kehidupan sosial dan profesional mereka.

Ketika Anda merasa lebih mudah untuk menjadi diri sendiri, Anda akan mampu menghadapi segala macam orang dan tantangan dan menghadapi hidup dengan lebih banyak keberanian dan kebijaksanaan.

5. Beberapa Jenis Kulit Membutuhkan Rutin Perawatan Kulit Harian

Jenis kulit sangat penting, karena menentukan produk perawatan kulit apa yang bisa kita gunakan. Sebagian besar keputusan perawatan kulit yang Anda buat akan ditentukan oleh jenis kulit Anda. Dokter kulit telah menemukan cara mudah untuk mengkategorikan jenis kulit, dan ada lima jenis kulit: kulit normal, kulit sensitif, kulit kombinasi, kulit berminyak, dan kulit kering.

Tergantung pada jenis kulit Anda, rutinitas perawatan kulit harian Anda akan berubah. Produk perawatan kulit yang berbeda akan lebih cocok untuk jenis kulit yang berbeda.

Misalnya, orang dengan kulit kering akan mendapat manfaat dari banyak hidrasi. Itulah mengapa mereka akan menemukan bahwa memasukkan pelembab yang sering ke dalam rutinitas perawatan kulit harian mereka sangat bermanfaat untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Melembabkan wajah dengan lembut dua kali sehari akan memperbaiki tampilan pori-pori dan tekstur, memastikan kulit lebih halus.

Demikian artikel 5 manfaat menggunakan skincare, semoga Anda bisa termotivasi agar lebih rajin dan konsisten dalam menggunakan skincare sehari-hari untuk perawatan kulit Anda.

Baca juga: Urutan Pemakaian di Pagi dan Malam Hari

Leave a Reply