Tips & Tutorial

Skincare: Urutan Pemakaian di Pagi dan Malam Hari

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa manfaat skincare adalah menunda munculnya penuaan dini, membuat hasil make-up menjadi terlihat sempurna, menutrisi kulit  wajah, dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Nah, bagi anda yang sedang mencoba-coba untuk menggunakan skincare, maka anda dapatmencari produk yang anda inginkan melalui tautan berikut ini https://www.bhinneka.com/jual?cari=skincare.

Dalam menggunakan skincare juga ada urutan-urutan yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar skincare yang digunakan akan bekerja secara optimal. Sehingga kandungan yang terdapat dalam skincare juga dapat diserap dengan baik. Untuk penggunaan skincare di siang dan malam hari juga harus dibedakan. Karena mereka memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda.

Bagi anda yang menggunakan skincare setiap hari, pasti anda sudah memahami urutan pemakaian skincare dengan baik. Namun, bagi anda yang masih awam dan belum terlalu lama menggunakan skincare, biasanya masih bingung mengenai urutan penggunaannya.

Foto Wanita Menggunakan Skincare

Contoh kebingungan yang anda rasakan adalah ketika menentukan mana yang terlebih dahulu digunakan antara pelembab dan sunscreen, essence dan serum, toner dan serum, dan krim mata dan krim malam. Nah, jika anda mengalami hal tersebut, maka anda dapat membaca artikel berikut ini.

Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika menggunakan skincare, maka anda harus memahami dengan baik urutan pemakaiannya. Skincare yang digunakan ketika di pagi dan malam hari juga berbeda. Untuk skincare yang dipakai ketika di pagi hari bertujuan untuk melindungi kulit dari pancaran radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi udara. Nah, untuk mengatasi kesalahan urutan dalam pemakaian skincare, anda dapat membaca urutannya sebagai berikut.

Foto Wanita Menggunakan Skincare Di Pagi Hari

1. Sabun pembersih wajah

Urutan skincare yang digunakan pertama kali di pagi hari adalah sabun pembersih wajah. Ketika dimalam hari, wajah akan memproduksi minyak dan berinteraksi dengan bakteri yang berada di bantal atau sprei tempat tidur. Oleh karena itu, mencuci wajah di pagi hari bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran sehingga wajah menjadi bersih.

Jika wajah anda bersih, maka skincare yang akan anda gunakan selanjutnya akan lebih mudah menempel dan menyerap sehingga skincare yang anda gunakan dapat bekerja secara maksimal. Untuk mencuci muka, anda dapat menggunakan facial wash, facial foam atau sabun pencuci wajah berbasis minyak atau air. Anda dapat menyesuaikannya dengan tipe kulit wajah anda. Untuk anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, anda dapat membaca artikel ini untuk memahami cara memilih sabun muka yang baik kulit wajah anda https://www.bhinneka.com/blog/memilih-sabun-muka-untuk-kulit-berminyak/.

2. Skincare Toner

Urutan selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner memiliki banyak manfaat bagi wajah. Beberapa manfaat yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

  • Dapat menyeimbangkan pH. Ketika selesai mencuci wajah, maka pH di wajah menjadi tidak seimbang, sehingga untuk menyeimbangkannya kembali, maka anda dapat menggunakan toner
  • Mengangkat kulit mati. Kulit mati ini biasanya terjadi ketika di malam hari, sehingga untuk membantu untuk mengangkatnya, anda dapat menggunakan toner
  • Mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang kemungkinan saja masih tertinggal setelah anda mencuci wajah
  • Untuk membantu mempersiapkan kulit menjadi lebih baik lagi sebelum anda menggunakan produk skincare

Selain itu, untuk toner khusus kulit jerawat yang memiliki kandungan tertentu juga memiliki banyak manfaat bagi wajah anda, seperti dapat mengempiskan jerawat, meredakan peradangan, dan mencegah timbulnya jerawat baru di kemudian hari.

3. Urutan Skincare Essence

Bagi anda yang sering menggunakan skincare, tentu tidak akan asing lagi dengan essence ini. Essence adalah cairan yang berbahan dasar air yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Banyak manfaat yang akan anda peroleh jika rutin menggunakan essence, diantaranya adalah melembabkan kulit, membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik lagi, mencegah penuaan dini, dan menenangkan serta menutrisi kulit wajah anda.

Untuk urutan penggunaan essence, anda dapat menggunakannya setelah toner atau sebelum serum wajah. Untuk cara pemakaiannya adalah anda dapat menuangkan beberapa tetes Essence ke telapak tangan anda, lalu anda dapat mengusapkannya ke seluruh wajah anda dengan cara menepuk-nepukkannya ke wajah anda secara perlahan.

4. Urutan Skincare Serum

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan serum wajah. Nah, serum adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi. Serum juga lebih mudah menyerap ke kulit daripada krim atau pelembab. Untuk kandungannya sendiri, anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing kulit anda. Namun, untuk di pagi hari, anda dapat memilih serum yang memiliki kandungan kaya antioksidan, seperti vitamin C dan E.

Untuk cara pemakaiannya adalah anda dapat menuangkannya secukupnya atau seukuran kacang polong ke telapak tangan anda. Setelah itu, anda dapat mengusapkannya ke permukaan wajah dan leher anda. Anda dapat menepuk-nepuk wajah dan leher anda secara perlahan agar serum tersebut dapat menyerap dengan baik. Dr. Maryam M. Asgari, seorang profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School mengatakan bahwa jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda harus mengoleskannya di wajah yang bersih.

5. Skincare Pelembab

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Dalam menggunakan pelembab, anda harus menyesuaikannya dengan jenis tipe kulit anda. Jika kulit Anda kering, maka anda dapat memilih pelembab yang berbentuk krim. Untuk kulit bertipe normal atau kombinasi, anda dapat memilih pelembab dengan tekstur krim yang lebih tebal. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak, anda dapat memilih pelembab dengan tekstur gel atau cair. Namun, jika menurut anda, wajah anda sudah cukup lembab hanya menggunakan toner dan serum, maka anda tidak perlu lagi menggunakan pelembab, terutama bagi anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak.

Untuk cara pemakaian pelembab adalah ambil pelembab dengan sedikit ukuran lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan. Lalu, oleskan pelembab ke ke daerah pipi wajah, lalu oleskan pelembab ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

6. Skincare Sunscreen atau Tabir Surya

Ini merupakan tahapan yang paling penting ketika menggunakan skincare dan anda tidak boleh melewatkannya. Tabir surya atau sunscreen berfungsi untuk mencegah penuaan dini karena melindungi kulit dari paparan sinar UV. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan sunscreen adalah sebagai berikut:

  • Tetap menggunakan tabir surya walaupun sedang di dalam ruangan
  • Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30
  • Anda dapat mengapply sunsreen atau tabir Surya selama 15-20 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik
  • Kamu dapat mere-apply sunscreen setelah 8 jam pemakaian pertama.

Untuk cara pemakaian tabir surya adalah dengan cara mengoleskan tabir surya ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat-pijat secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Jika anda sudah selesai menggunakan skincare, maka anda dapat menggunakan produk make-up atau riasan wajah untuk mempercantik wajah anda.

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari

Setelah anda beraktifitas dari siang dan sore hari, maka anda dapat menenangkan wajah anda dengan menggunakan skincare yang tepat. Untuk urutan pemakaian skincare dan malam hari juga ada sedikit perbedaan. Beberapa produk skincare malam hari tidak digunakan di siang hari. Nah, berikut urutan skincare di malam hari yang dapat anda terapkan adalah sebagai berikut.

Foto Wanita Menggunakan Skincare Di Malam Hari

1. Makeup Remover

Setelah seharian menggunakan make-up, maka anda perlu membersihkannya dengan menggunakan make-up remover. Menggunakan make-up remover bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari adanya produk make-up yang tersisa di wajah yang dapat memberikan dampak negatif bagi wajah.

Nah, untuk menentukan jenis make-up remover yang akan anda gunakan, anda dapat memilih make-up remover berbahan minyak atau air. Untuk make-up remover yang mengandung minyak, maka dapat digunakan untuk menghapus makeup yang mengandung minyak. Untuk anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, maka anda dapat menggunakan make-up remover berbahan dasar air sehingga wajah anda tidak akan semakin berminyak.

2. Skincare Produk pembersih wajah

Menggunakan produk pembersih wajah bertujuan untuk mengangkat make-up, minyak, dan kotoran yang masih tertinggal diwajah. Untuk membersihkan wajah secara maksimal, anda dapat menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis tipe kulit kamu. Beberapa jenis produk pembersih wajah adalah micellar water, cleansing oil, atau cleansing milk. Nah, setelah itu anda dapat menggunakan sabun pencuci wajah sesuai dengan tipe kulit wajah anda. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Scrub wajah atau eksfoliasi

Untuk tahapan skincare selanjutnya, kamu dapat menggunakan scrub wajah atau eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, yang perlu diperhatikan adalah anda dapat mengeksfoliasi wajah hanya 1-2 kali dalam seminggu. Hindari menggunakan eksfoliasi setiap hari.

4. Urutan Skincare Toner

Untuk urutan selanjutnya adalah anda dapat menggunakan toner. Nah, sama seperti toner di pagi hari, toner memiliki fungsi untuk menyeimbangkan pH kulit wajah. Guna melempabkan kulit sepanjang malam, anda dapat menggunakan toner wajah yang mengandung gliserin, lacticacid, dan hyaluronicacid.

5. Essence dan Serum Wajah

Untuk tahapan selanjutnya anda adalah anda dapat menggunakan essence dan jika essence telah menyerap dengan baik, anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan serum wajah. Essence dan serum wajah memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melembabkan dan menghaluskan wajah.

6. Eyecream atau Krim Wajah

Salah satu urutan skincare yang membedakan antara di pagi hari dan mala hari adalah di eyecream atau krim mata. Eyecream biasanya hanya digunakan di malam hari. Eyecream sangat bermanfaat bagi ada yang memiliki masalah pada mata panda, kerutan di area mata, dan kantung mata.

Anda dapat memiliki eyecream atau krim mata yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Untuk cara pemakaiannya adalah anda dapat mengoleskannya ke arah bawah kulit secara perlahan-lahan.

7. Krim Malam dan Sleeping Mask

Tahapan selanjutnya adalah anda dapat menggunakan krim malam. Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi khusus bagi kulit wajah, diantaranya adalah menyamarkan kerutan, melembapkan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah. Nah, setelah krim malam telah meresap diwajah anda, anda dapat menggunakan sleeping mask.

Penggunaan sleeping mask di malam hari bersifat opsional. Anda dapat menggunakannya tetapi boleh pula untuk tidak menggunakannya. Biasanya sleeping mask berfungsi untuk melembapkan wajah. Berbeda dengan masker lainnya yang harus dicuci setelah menggunakannya, sleeping mask tidak perlu anda cuci setelah menggunakannya. Anda dapat membiarkan kandungan yang berada di sleeping mask agar terserap dengan baik semalaman di wajah anda.

8.  Faceoil

Nah, tahapan terakhir agar skincare anda semakin lengkap adalah menggunakan faceoil. Faceoil digunakan ketika di malam hari agar terhindar dari kulit yag tampak terlalu berminyak dan lengket. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindarilah untuk menggunakan skincare lain setelah menggunakan faceoil.

Untuk cara pemakaiannya adalah anda dapat menuangkan beberapa tetes faceoil ke telapak tangan anda. Lalu tepuk-tepuklah ke seluruh permukaan wajah anda secara perlahan-lahan. Yang perlu anda perhatikan adalah jika anda memiliki tipe wajah yang berminyak dan cenderung berjerawat. Sebaiknya anda menghindari untuk menggunakan produk ini untuk menghindari wajah anda semakin berminyak dan sangat rentan untuk menimbulkan jerawat baru lagi.

Itulah tadi urutan pemakaian skincare yang benar. Apakah anda selama ini sudah benar dalam menggunakan skincare? Yang perlu diperhatikan tentang urutan pemakaian skincare adalah anda dapat menggunakan skincare dari tekstur yang ringan ke tekstur yang berat.

Namun, yang perlu diperhatikan lagi adalah tidak semua orang cocok dengan urutan yang telah saya jelaskan diatas. Anda tetap harus memperhatikan kembali urutan skincare berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit wajah anda, sehingga manfaat dari setiap skincare yang anda gunakan dapat memberikan hasil yang maksimal. Nah, jika kamu masih bingung, kamu dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit sehingga mereka dapat merekomendasikan anda rangkaian skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda.

Leave a Reply