Info

Manfaat Vitamin C untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin C yang beragam untuk kesehatan tubuh tentu sudah banyak dikenal. Vitamin C seringkali diandalkan untuk mencegah penyakit dan menjaga sistem imun tubuh. Seringkali saat sakit atau flu, vitamin C juga menjadi pilihan populer untuk dikonsumsi.

Vitamin C atau disebut juga dengan asam askorbat / ascorbic acid merupakan salah satu vitamin esensial yang diperlukan untuk menunjang fungsi tubuh. Namun sayangnya, vitamin larut air ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Oleh karenanya kita perlu memperoleh asupan dan memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan sehari – hari.

manfaat vitamin c

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat utama dari vitamin C yang perlu Anda ketahui selain menjaga fungsi imun tubuh.

Manfaat Vitamin C

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih yang disebut dengan limfosit dan fagosit. Selain itu vitamin C juga bersifat antioksidan dan dapat melindungi sel – sel dalam tubuh, terutama sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dapat membantu memelihara dan merawat kulit agar tetap sehat. Vitamin C memiliki manfaat yang dapat mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Produksi kolagen dapat menurun diakibatkan radikal bebas maupun penuaan.

Dengan mengkonsumsi dan memenuhi asupan harian vitamin C, Anda dapat menjaga produksi kolagen agar tetap optimal sehingga kulit Anda tetap sehat, kencang dan tidak kusam serta terawat.

Mengatasi Kekurangan Zat Besi

Manfaat vitamin C juga berguna untuk Anda yang kekurangan zat besi. Dengan mengkonsumsi 100 mg vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Zat besi sangat esensial dalam tubuh karena juga berperan untuk membuat sel darah merah.

Meningkatkan konsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin C dapat dijadikan sebagai sumber zat besi untuk orang – orang yang vegetarian atau diet tanpa daging.

Menurunkan Tekanan Darah & Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat vitamin C salah satunya adalah membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga tekanan darah tetap normal. Selain itu vitamin C juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida atau lebih dikenal dengan kolesterol jahat.

Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyebab asam urat adalah dikarenakan tingginya kadar asam urat / uric acid dalam darah. Asam acorbic atau vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat darah secara drastis apabila dikonsumsi secara rutin.

Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Berdasar salah satu penelitian, vitamin C atau ascorbic acid berpotensi untuk memperlambat terjadinya katarak. Selain itu vitamin C juga dapat mencegah degenerasi makula, yaitu rusaknya bagian retina yang disebut makula.

Dengan berbagai manfaat di atas, tentunya memastikan kecukupan asupan vitamin C sangatlah penting. Vitamin C sendiri dapat dengan mudah diperoleh dari makanan berupa sayuran atau buah – buahan yang mudah ditemui sehari – hari.

Leave a Reply