Tips & Tutorial

Manfaat Vitamin D3 Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin D3 untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Vitamin D3, sama dengan vitamin D2 merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Apabila vitamin D2 dapat diperoleh dari mengkonsumsi makanan jenis tumbuhan tertentu, vitamin D3 biasanya dapat dibentuk secara alami oleh tubuh saat terkena sinar matahari.

Selain dari paparan sinar matahari, sama seperti vitamin D2, vitamin D3 juga dapat ditemui dari sejumlah makanan. Pada artikel ini akan membahas sejumlah manfaat dari vitamin D3 serta risiko bagi tubuh apabila kekurangan asupan vitamin D.

Risiko Kekurangan Vitamin D

Vitamin D termasuk dalam golongan vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karenanya cara untuk memenuhi asupan vitamin D adalah dengan sumber lain seperti sinar matahari ataupun makanan.

ciri kekurangan vitamin d

Dampak utama apabila seseorang kekurangan vitamin D antara lain terjadi gangguan pada kekuatan tulang hingga dapat mengganggu pertumbuhan pada anak – anak. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit lain, antara lain sebagai Osteoporosis, Demensia, Diabetes dan lainnya.

Manfaat Vitamin D3 Untuk Kesehatan

Vitamin D3 memiliki sejumlah peran dan manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin D3, dapat diperoleh dari paparan sinar matahari, sejumlah makanan maupun dari suplemen vitamin D3.

Adapun kegunaan utama vitamin D3 adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan menjaga agar tulang tetap kuat. Berikut ini adalah sejumlah manfaat vitamin D3 untuk kesehatan tubuh:

Kesehatan Tulang

Vitamin D penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan otot. Vitamin D3 berperan meningkatkan penyerapan kalsium. Apabila tubuh kekurangan vitamin D3, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan berakibat tulang kekurangan kalsium serta menjadi lemah dan rentan patah.

makanan vitamin d

Melawan Infeksi

Vitamin D3 berguna untuk melindungi dan mencegah tubuh dari sejumlah penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang dapat dicegah oleh vitamin D3 adalah flu, pneumonia, tuberkulosis.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu hasil penelitian menunjukkan vitamin D3 dapat membantu seseorang yang sedang berusaha untuk menurunkan  berat badan

Mencegah Perburukan Gangguan Ginjal

Pada penderita penyakit ginjal, umumnya mengalami gangguan dimana produksi vitamin D menjadi tidak optimal akibat fungsi ginjal terganggu. Akibatnya pada penderita ginjal umumnya mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D.

Rutin mengkonsumsi vitamin D3 pada penderita ginjal dapat membantu mencegah perburukan kondisi gagal ginjal dan memperbaiki kondisi penderita gagal ginjal.

Mencegah & Mengobati Rakitis dan Osteomalacia

Mengkonsumsi vitamin D3 dan mencukupi kebutuhan vitamin D3 dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit rakitis dan osteomalacia.

Rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak – anak, sedangkan oseomalacia adalah kelainan dimana tulang menjadi lunak dan mudah patah. Kedua penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfor. Oleh karenanya penting untuk memastikan kecukupan tubuh akan vitamin D3 terpenuhi.

Demikian sejumlah manfaat dari vitamin D3. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah Anda memerlukan tambahan suplemen vitamin D3 atau tidak. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D3 dengan cara alami yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari ataupun dari sejumlah makanan yang mengandung vitamin D3.

Leave a Reply