Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa Itu Marketing Mix? Definisi, Tujuan, dan Konsep

Istilah Marketing Mix memang sering muncul khususnya ketika membahas mengenai strategi pemasaran. Pada dasarnya istilah ini orang gunakan untuk memudahkan sebuah perusahaan mencapai target pemasaran dengan memperhatikan unsur unsur seperti price, product, place, sampai dengan promotion.

Mengembangkan konsep marketing ini sangat penting dalam menunjang strategi pemasaran. Dengan menerapakannya dan mengembangkanya baik konsep 4P ataupun 7P, strategi marketing perusahaan dan perencanaan pemasaran akan lebih terarah dalam mengelola usaha.

Marketing Mix

Mengenal Definisi Marketing Mix

Sebelum membahas konsep dan elemen yang ada dalam marketing mix, ada banyak memahami terlebih dahulu definisinya. Marketing Mix merupakan sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen menjadi satu. Melalui penggabungan ini penjualan produk maupun jasa akan menjadi lebih efektif.

Dalam bahasa Indonesia sendiri Marketing mix bisa Anda artikan sebagai bauran atau gabungan pemasaranan. Pemikiran mengenai konsep ini  sendiri pertama kali dicetuskan oleh E.Jerome McCarthy dalam bukunya Basic Marketing: A Managerial Approach.

Mungkin beberapa orang sudah mengenal konsep 4P, akan tetapi sekarang sudah berkembang menjadi 7P di mana proses atau pembuatan strategi pemasaran berdasarkan penggabungan ini menjadi lebih matang.

Tujuan dari Marketing Mix

Setiap konsep yang seseorang buat tentu punya tujuan dalam berbisnis, tujuan dari marketing mix sendiri adalah mengoptimalkan jumlah penjualan. Tidak hanya itu, harapan perusahaan dari konsep ini  adalah keuntungan yang optimal. Berikut adalah beberapa tujuan dari marketing mix.

1. Direct Marketing

Tujuan pertama dari direct marketing adalah membuat sistem pemasaran menjadi lebih interaktif. Aktivitas ini memang membutuhkan platform atau perangkat iklan agar bisa menghasilkan transaksi secara terukur. Layanan digital dan online juga biasanya dimanfaatkan dalam memproses kegiatan ini.

2. Advertising

Selanjutnya ada tujuan advertising. Dalam konsep ini, kegiatan promosi tentu menjadi salah satu kuncinya. Aktivitas ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk maupun atau jasa sehingga bisa mencapai semua target dan konsumen pasar baru.

3. Sales Promotion

Tujuan terakhir adalah sales promotion, sesuai dengan namanya strategi dalam mempromosikan barang akan berdampak pada penjualan produk. Tidak hanya itu angka penjualan akan meningkat secara drastis apabila telah menerapkan konsep sales promotion dengan baik.

Mengenal Konsep yang Ada di Marketing Mix

Konsep ini harus dipahami dengan baik agar bisa menerapkannya secara benar. Sementara konsep tersebut bisa mulai dari 4P sampai dengan 7P, untuk mengenalnya lebih baik berikut adalah konsep dalam marketing mix.

1. Product

Konsep pertama adalah produk yang berwujud fisik seperti buku, makanan, minuman, dan lain sebagainnya. Ada juga sebuah product yang tidak memiliki wujud fisik misalnya perusahaan dengan tawaran jasanya.

Pada umumnya produk merupakan jenis yang perusahaan tawarkan kepada konsumen. Konsep produk ini cenderung mengarah ke bagaimana produk tersebut bisa sampai kepada konsumen dengan media promosi. Media promosi ada ragamnnya, dalam profesi harus mengandung unsur kualitas, keunggulan, dan juga kualitas produk.

2. Price

Konsep berikutnya adalah price atau harga. Biaya yang konsumen harus keluarkan untuk memperoleh produk tersebut harus benar benar jelas. Pada segmen ini perhitungan dan pertimbangan menjadi kunci untuk bisa mendapatkan nilai terbaik dari sebuah produk ataupun jasa.

3. Place

Berikutnya ada konsep place dalam bauran pemasaran. Konsep satu ini akan mengacu pada kebutuhan bisnis dalam menentukan lokasi ideal sehingga bisa menarik banyak konsumen. Tingkat strategis lokasi dalam berbisnis memang memegang peran penting.

4. Promotion

Promosi dalam bauran pemasaran termasuk penerapan terakhir dari konsep 4P. Instrumen satu ini sangat berkaitan dengan tingkat awareness sehingga berdampak pada kepedulian konsumen menggunakan jasa maupun produk tersebut. Hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah public relation sales person, sampai dengan advertising.

5. People

People merupakan salah satu hal penting juga yang harus seseorang perhatikan ketika menyusun bauran pemasaran. Konsep people atau SDM dalam bisnis menjadi tolak ukur untuk mengamati kemajuan dari perusahaan. Ini juga yang jadi indikator penting dalam merekrut karyawan agar perusahaan dapat memproduksi barang atau jasa yang berkualitas.

6. Process

Konsep proses dalam bauran pemasaran berkaitan dengan rangkaian tahap demi tahap yang pelanggan akan lewati untuk menggunakan produk maupun jasa dari sebuah perusahaan. Tahapan inilah yang harus pelanggan lalui untuk menerima produk dan jasa tersebut.

7. Physical Evidence

Konsep bauran pemasaran yang ke 7 adalah physical evidence atau bentuk fisik. Elemen 7p yang terakhir ini biasanya berbentuk fisik dan menjadi pendukung jalannya perusahaan seperti logo perusahaan, event, produk, website, customer service, dan lain sebagainnya.

 

 

 

 

Leave a Reply